Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Mengenai Mood-moodan atau Moodyan dan Cara Mengatasinya Berikut Ini

Kompas.com - 25/02/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Three Minute Meditator
Pengarang: David Harp
|
Editor Almira Rahma Natasya

Mood-moodan atau moodyan mungkin sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi kamu dengar karena cukup sering digunakan oleh banyak orang dalam keseharian.

Kata mood yang berasal dari bahasa Inggris memiliki pengertian sebagai suasana hati atau keadaan emosional.

Sedangkan istilah mood-moodan atau moodyan sering kali kita digunakan untuk menggambarkan suasana hati yang mudah berubah-ubah dalam kurun waktu yang cenderung pendek atau singkat.

Kondisi ini merupakan hal yang wajar untuk dialami oleh semua orang, khususnya bagi perempuan yang sering mengalami perubahan hormon tiap bulannya.

Namun, pada taraf tertentu jika mood-moodan ini dirasakan terlalu sering sampai mengganggu aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan, maka kamu perlu untuk mewaspadainya dan berkonsultasi pada profesional.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa itu mood-moodan atau moodyan dan bagaimana cara mengatasinya, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Mood-moodan atau Moodyan

Menurut Cambridge English Dictionary, moodiness atau moodyan memiliki pengertian sebagai kualitas berubahnya suasana hati atau keadaan emosional secara tiba-tiba menjadi marah atau bahagia dengan mudah.

Sementara dalam psikologi, istilah mood-moodan atau moodyan ini lebih dikenal dengan mood disorder, yaitu gejala yang menunjukkan kacaunya suasana hati seseorang yang bisa berujung pada depresi.

Namun kamu tidak perlu khawatir dan terburu-buru mendiagnosa diri kamu memiliki gangguan mental hanya karena kamu pernah mengalami mood-moodan ini.

Selama masih dalam batas yang wajar dan tidak mengganggu aktivitas serta keseharian kamu, maka ketidakstabilan emosi atau suasana hati ini normal untuk dialami oleh setiap orang.

Faktor yang Menyebabkan Mood-moodan atau Moodyan

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan kamu merasa moodyan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Ketidakseimbangan Hormon

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa perempuan cenderung lebih sering mengalami mood-moodan dikarenakan perubahan hormon yang terjadi ketika masa PMS.

Selain periode PMS (premenstrual syndrome) yang dialami setiap bulan, perempuan juga banyak mengalami fase perubahan hormon di dalam hidupnya, seperti masa puber, kehamilan, periode setelah melahirkan, dan saat menopause.

Ketika perempuan berada di fase PMS, kadar hormon estrogen di dalam tubuh akan menurun, dan sebaliknya, hormon progesteron akan mengalami ketidakstabilan.

Perubahan kedua kadar hormon inilah yang kemudian memicu terjadinya lonjakan perubahan suasana hati atau emosi pada perempuan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Stres dan Kelelahan

Pikiran yang stres dan kelelahan akibat kurangnya waktu beristirahat juga bisa menjadi penyebab mengapa kamu merasa mood-moodan.

Selain itu, tekanan yang kamu terima dari banyaknya beban pekerjaan yang harus diselesaikan juga membuat kamu jadi lebih sensitif serta emosional, sehingga cenderung mudah untuk mengalami mood swing atau moodyan.

Cara Mengatasi Mood-moodan atau Moodyan

Hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari perasaan mood-moodan ini adalah sebagai berikut.

1. Berlatih Mengelola Stres

Seperti yang telah disebutkan di atas, stres merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan kamu mengalami mood-moodan, maka dari itu cara untuk mengatasinya adalah dengan memiliki stress management yang baik.

Kamu bisa mengelola stres dengan melakukan meditasi, deep breathing, yoga, dan lain-lain.

2. Olahraga Secara Rutin

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga terbukti memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan mental dan bisa mengurangi stres.

Saat berolahraga, tubuh kamu akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati sehingga kamu akan memiliki mood yang baik dan tidak mudah merasa moodyan.

Nah, itulah penjelasan lengkap terkait mood-moodan atau moodyan dan tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meditasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk bisa menenangkan pikiran dan juga mengelola stres.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai meditasi supaya bisa menghindari perasaan mood-moodan atau moodyan ini, kamu bisa membaca buku Three Minute Meditator yang ditulis oleh David Harp.

Melalui uraian-uraian dan latihan terkait meditasi yang dipaparkan di dalam buku ini dengan penjelasan yang ringan serta mudah dimengerti, kamu akan menguasai metode meditasi tiga menit yang diciptakan oleh penulis sebagai seorang ilmuwan kognitif dan juga guru spiritual.

Buku ini terdiri dari empat bab yang meliputi pembahasan mengenai langkah-langkah untuk bisa menjernihkan dan menjinakkan pikiran, penjabaran mengenai metode meditasi tiga menit, cara menggunakan meditasi dalam aktivitas sehari-hari, dan motivasi bagi pembaca untuk mengeksplorasi lebih dalam terkait meditasi serta pemahaman akan diri sendiri.

Metode meditasi yang dibagikan di dalam buku ini akan cocok bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang, namun tetap ingin melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran dan bisa menjalani kehidupan dengan lebih rileks.

Kamu bisa mendapatkan buku Three Minute Meditator ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com