Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Praktis Mengurangi Stres, Ini 5 Cara Efektif untuk Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

Kompas.com - 07/12/2021, 18:11 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Chimp Paradox: Mengelola Pikiran…
Pengarang: Steve Peters
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Setiap manusia pasti punya keinginan untuk selalu merasa tenang dan bahagia dalam menjalani kehidupan.

Tapi sayangnya, keinginan itu sepertinya nihil karena manusia pasti akan selalu menemukan banyak kerikil-kerikil masalah dalam setiap fase kehidupannya.

Tapi dalam menghadapinya, manusia selalu punya dua pilihan, mereka bisa menjadikan permasalahan in sebagai sebuah pengalaman dan pelajaran berharga untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya, atau memilih untuk berdiam diri dan tidak melakukan tindakan apapun.

Pilihan untuk berdiam diri sebenarnya adalah pilihan yang tidak tepat, karena hal itu bisa menjadi salah satu bibit yang akan membuat hidup kita menjadi tidak tenang karena kita terus saja terpaku dengan berbagai permasalahan tersebut.

Untuk bisa memiliki kehidupan yang tenang dan bahagia, kamu bisa menerapkan 5 cara mengatasi stres ini dalam keseharianmu.

5 Cara Efektif untuk Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

1. Memperbanyak Rasa Syukur

Pada dasarnya manusia diciptakan dengan berbagai macam rezeki, kebahagiaan, dan masalahnya masing-masing, tinggal bagaimana kita bisa belajar untuk menyikapi adanya perbedaan tersebut.

Bersyukur adalah salah satu kunci untuk bisa hidup lebih tenang dan bahagia, karena dengan bersyukur kita tidak akan pernah lagi merasa kekurangan karena kita sudah bisa menghargai apa yang kita miliki saat ini.

2. Menghibur Diri dengan Liburan

Setelah menjalankan berbagai aktivitas yang padat, liburan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengisi kembali energi yang sudah terkuras.

Dalam memilih tempat liburan, cobalah untuk mencari tempat yang bisa memberikan ketenangan seperti misalnya ke pegunungan, pantai, pedesaan, atau ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian. Temukan Manfaat Berlibur Ke Pantai lainnya dibawah ini!

Tempat liburan yang tenang bisa membantu kita menenangkan pikiran dari hiruk pikuk kehidupan, dan sekaligus bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menghadapi berbagai aktivitas baru kedepannya.

3. Olahraga Secara Rutin

Berolahraga adalah salah satu aktivitas yang bisa memberikan kita energi tambahan dan membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, berolahraga secara rutin setidaknya seminggu sekali bisa menjadi cara yang efektif untuk membantu mengurangi stres dan membuat tubuh serta pikiran kita menjadi lebih rileks.

Hal itu terjadi karena saat berolahraga, hormon-hormon yang ada dalam tubuh seperti hormon serotonin akan meningkat, yang akhirnya menimbulkan rasa tenang dan damai dalam pikiran kita.

4. Tidak Membandingkan Hidup Kita dengan Orang Lain

Salah satu alasan yang membuat kita mudah gelisah adalah karena kita selalu membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain, padahal kebiasaan itu adalah kebiasaan buruk yang tidak seharusnya kita pelihara.

Ditambah lagi, kita harus selalu menyadari bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan kita tidak akan bisa hidup dengan tenang dan bahagia jika terus saja membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain.

Belajar untuk mensyukuri hidup adalah salah satu cara yang bisa dilakukan supaya kita tidak lagi membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain.

5. Selalu Berpikiran Positif

Apa yang disimpan dalam pikiran kita biasanya akan berdampak pada tubuh dan bahkan pada aktivitas keseharian kita, oleh karena itu memiliki pemikiran yang positif menjadi sangat penting bagi ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup kita.

Orang-orang yang sudah bisa berpikir secara positif biasanya juga bisa mengatasi setiap situasi sulit yang datang dalam hidupnya, mereka selalu bisa bersikap optimis dalam berjuang dan dalam menghadapi kegagalan atau kekecewaan.

Untuk mengetahui seberapa besar pentingnya pemikiran dalam hidup, kamu bisa membaca buku The Chimp Paradox: Mengelola Pikiran untuk Mencapai Kesuksesan dan Kebahagiaan karya Steve Peters.

Buku ini akan memberikan kamu banyak pemahaman tentang cara mengatur dan membentuk pikiran yang positif.

Selain itu kamu juga akan dibantu untuk bisa mengidentifikasi hal-hal yang menghambat kamu untuk bisa berpikir positif.

Melalui buku ini kamu juga akan belajar bagaimana caranya mengembangkan keterampilan emosi dan kebiasaan-kebiasaan baik apa saja yang harus kamu terapkan untuk bisa menjalani kehidupan yang lebih tenang dan bahagia.

Jika kamu tertarik untuk membaca buku ini, kamu bisa membelinya dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com