Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencintai Diri Sendiri, Cara Ampuh Menjadi Bahagia

Kompas.com - 08/11/2021, 18:00 WIB
Sumber foto: Freepik
Rujukan artikel ini:
Tak Apa-Apa Tak Sempurna
Pengarang: Brene Brown
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kita seringkali mengandalkan orang lain untuk menciptakan kebahagiaan bagi diri sendiri, tapi kenyataannya membuat diri sendiri bahagia adalah tanggung jawab diri kita sendiri, bukan orang lain.

Perasaan menuntut atau berharap terhadap orang lain untuk membuat kita senang adalah hal yang bisa memicu munculnya pikiran-pikiran negatif, saat ekspektasi kita tidak terpenuhi.

Pikiran-pikiran negatif tersebut pada akhirnya akan menimbulkan rasa benci terhadap keadaan diri sendiri, yang justru menimbulkan penderitaan.

Padahal cara paling mudah dan mendasar untuk merasa bahagia adalah dengan mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Kita tidak dapat mengendalikan perasaan dan tindakan orang lain, sehingga seringkali malah kekecewaan yang hadir saat berharap terlalu banyak pada orang lain.

Namun, sebaliknya kita dapat mengontrol serta memilih tindakan atau perasaan diri kita sendiri, mau seperti apa dan bagaimana.

Memilih menjadi bahagia atau menderita sebenarnya ada di tangan kita sendiri, tanpa harus bergantung pada orang lain.

Menghargai, mengapresiasi, dan mencintai diri sendiri merupakan sebuah cara yang ampuh untuk membangun emosi positif dalam menjalani kehidupan.

Penghargaan yang bisa kita berikan untuk diri sendiri dapat menumbuhkan optimisme dan rasa percaya diri yang tinggi untuk melihat segala sesuatunya dengan positif.

Mencintai diri sendiri bukan berarti egois atau tidak peduli terhadap sekitar, tapi justru dengan mencintai diri sendiri, kita dapat menghadirkan perasaan rendah hati dan berlapang dada untuk menerima segala kekurangan yang ada.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih mencintai dan menghargai diri sendiri agar dapat hidup lebih bahagia.

Cara Ampuh untuk Mencintai Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia

1. Hargai Bentuk Fisik dan Rawatlah dengan Sepenuh Hati

Terima dan cintailah bentuk fisikmu tanpa harus merasa minder hanya karena tuntutan dunia yang mengharuskan kamu untuk selalu tampil sempurna.

Merawat diri adalah salah satu bentuk self-love yang bisa kamu lakukan, contohnya seperti berolahraga, makan makanan yang sehat, hingga melakukan perawatan wajah.

Menjaga tubuh atau bentuk fisik agar tetap sehat dan terawat menunjukkan bahwa kita menghargai diri sendiri dengan sepenuh hati.

2. Lepaskan Beban dan Terima Segala Kekurangan

Buat diri kita nyaman dan lepas tanpa harus terbebani dengan ekspektasi orang-orang tentang diri kita, asalkan tidak merugikan orang lain.

Seringkali tuntutan untuk tampil sempurna atau diharapkan untuk menunjukkan sikap tertentu, malah membuat diri kita insecure dan stres, sehingga memicu perasaan kurang menghargai diri sendiri.

Lepaskan beban tersebut, buat diri kita bebas dan lepas dengan memilih apa yang kita mau dan sukai, bukan apa yang orang lain inginkan dari diri kita.

Gali dan cari tahu apa potensi dan kekurangan yang kita miliki, lalu optimalkan hal-hal tersebut ke dalam sesuatu yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.


Baca juga: Cara Menjadi Diri Sendiri dan Percaya Diri

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium


3. Sisihkan Waktu untuk Me Time

Luangkan waktu di kegiatan sehari-hari kita untuk diri sendiri dengan memilih kegiatan yang membuat kita relaks dan nyaman.

Hal ini sungguh penting dan amat berpengaruh terhadap kesehatan, baik secara mental ataupun fisik, sehingga mampu membuat kita lebih menghargai dan menyayangi diri sendiri.

Banyak kegiatan yang bisa kita pilih selama me time, contohnya seperti menonton film di bioskop, membaca buku, melukis, memasak, hingga membersihkan rumah.

Pilih kegiatan yang dapat membuat kita nyaman dan damai saat melakukannya, agar hati dan tubuh bisa kembali segar dan bahagia.

4. Terima dan Sadari Jika Beberapa Orang Tidak Menyukai Kita

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kita tidak dapat mengatur perasaan dan tindakan orang lain, sehingga jangan kaget saat tahu ada beberapa orang yang membenci kita.

Tidak perlu memusingkan atau membuang-buang waktu untuk memedulikan orang-orang tersebut, karena hanya akan menguras tenaga dan emosi yang sia-sia.

Terima dan akui kehadiran mereka, tanpa perlu diambil pusing, atau bahkan hidari dan jauhi sebisa mungkin orang-orang seperti itu.

Tak mengapa jika ada segelintir orang yang tidak menyukai kita, karena memang tidak ada manusia yang sempurna.

5. Cari Lingkungan Serta Orang-orang yang Positif dan Mendukung

Lingkungan dan orang-orang yang hadir di sekeliling kita menentukan bagaimana kita memperlakukan diri kita sendiri.

Hindari bahkan jauhi lingkungan dan orang-orang negatif yang hanya akan menjatuhkan serta membuat kita merasa buruk.

Lingkungan beracun seperti itu tidak akan pernah membuat kita merasa bahagia, apalagi mencintai diri sendiri.

Cari orang-orang yang tulus dan mendukung, agar kita bisa mengeluarkan potensi diri kita secara penuh dan utuh, sehingga untuk mencintai diri sendiri akan menjadi jauh lebih mudah.

Kelima hal tersebut selain dapat membuat kita menjadi jauh lebih positif, mencintai diri sendiri pun akan mudah untuk dilakukan.

Kini, semua keputusan ada di tangan kamu sendiri untuk memilih bahagia atau menderita dalam memandang hidup.

Jika kamu masih merasa perlu asupan motivasi untuk mencintai dan menghargai diri sendiri, buku berjudul Tak Apa-Apa Tak Sempurna karya Brene Brown bisa menjadi bahan bacaan yang tepat.

Buku ini membahas tentang cara belajar untuk menerima diri sendiri, tanpa perlu khawatir akan pendapat orang lain tentang diri kita, serta bagaimana cara mencintai diri sendiri.

Buku ini terbagi ke dalam 10 bab, di mana setiap babnya dibahas dengan ringkas dan lugas, sehingga tidak akan membuat pembaca lelah atau bosan saat membacanya.

Buku ini cocok untuk kamu yang masih mempertanyakan apakah kamu layak untuk dilihat, serta bagaimana cara untuk menghargai diri sendiri.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com