Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atomic Habits, Membangun Kebiasaan Baik dari Hal-Hal Kecil yang Membawa Perubahan Besar

Kompas.com - 24/02/2022, 17:00 WIB
Sumber Gambar: instagram.com/fahrirasihan
Rujukan artikel ini:
Atomic Habits: Perubahan Kecil yang…
Pengarang: James Clear
|
Editor Novia Putri Anindhita

Pada praktiknya, membangun sebuah kebiasaan baik memang terbilang sulit sebab ada proses panjang yang harus dilakukan sebelum dapat menjadi sebuah kegiatan organik yang dilakukan sehari-hari.

Berbagai godaan dan rintangan kerap muncul untuk mencegah kita membiasakan diri melakukan kebiasaan baik, karena pada dasarnya kenikmatan dari kebiasaan baik baru dapat terasa setelah dilakukan dalam jangka waktu yang lama dan konsisten.

Contohnya seperti tubuh yang sehat dan bugar tidak akan kamu dapatkan jika hanya berolahraga dan mengatur pola makanan sehat dalam waktu seminggu, tapi hasilnya akan kamu peroleh jika dilakukan selama berpuluh-puluh tahun lamanya, meskipun prosesnya berat dan menyiksa.

Sebaliknya, kebiasaan buruk justru dapat memberikan kenikmatan di saat itu juga ketika dilakukan dan memunculkan efek ketagihan yang terus dilakukan secara berulang-ulang, tapi pada akhirnya menghasilkan sesuatu yang buruk.

Ambil contoh seperti minum minuman manis yang mengandung banyak gula, mungkin akan terasa nikmat dan menyegarkan saat itu juga ketika menyentuh lidah dan melewati tenggorokan, tapi jika dikonsumsi secara terus-menerus, minuman manis bisa memunculkan berbagai macam penyakit berbahaya.

James Clear akan membantu kamu untuk membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk melalui hal-hal kecil yang mungkin akan tampak sepele, tapi mempunyai dampak yang luar biasa.

Memulai dan Mempertahankan Kebiasaan-Kebiasaan Positif

Sulit sekali rasanya membuat perubahan dalam hidup, sebab biasanya benak kita telah dipenuhi dengan pemikiran jika ingin membangun sebuah perubahan besar diperlukan kebiasaan hingga usaha yang luar biasa besar juga.

Nyatanya, untuk membangun sebuah perubahan besar dalam hidup hanya memerlukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan secara konsisten dan berkala, sehingga menciptakan hasil yang luar biasa bermanfaat bagi kehidupan kita.

Namun sayangnya, otak manusia sepertinya sudah diprogram untuk lebih menyukai mendapatkan “ganjaran” yang instan alih-alih “ganjaran” yang tertunda dari kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan.

Di mana biasanya kebiasaan-kebiasaan yang menghasilkan dampak yang instan merupakan kebiasaan yang buruk atau negatif, seperti merokok yang akan langsung memberikan efek menenangkan saat itu juga, tapi jika dilakukan secara berkala dan terus menerus akan menghasilkan berbagai macam penyakit.

Sementara kebiasaan-kebiasaan yang menghasilkan dampak yang tertunda biasanya adalah kebiasaan positif, seperti menabung yang mungkin pada awalnya akan terasa sulit untuk dilakukan karena harus memotong pemasukan, tapi jika sudah dijalankan secara konsisten, hasil yang didapatkan akan terasa luar biasa membantu kehidupan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk membantu kamu dalam membangun kebiasaan-kebiasaan positif, buku Atomic Habits akan menolong kamu untuk mengarahkan bagaimana cara memulai dan mempertahankan kebiasaan baik, hingga menghentikan kebiasaan buruk.

Ulasan Atomic Habits

Atomic Habits adalah teori yang akan menolong kamu untuk menjalankan kebiasaan kecil secara rutin dan konsisten yang dapat meningkatkan kualitas hidup di masa mendatang.

Buang jauh-jauh pikiran tentang kebiasaan-kebiasaan kecil tidak akan mampu memberikan dampak apa pun terhadap kehidupan, sebab setelah membaca buku ini kamu akan melihat jika kebiasaan kecil nyatanya adalah bahan baku yang mendorong perubahan besar dalam kehidupan.

Akumulasi dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kamu lakukan dan jalani setiap harinya hingga bertahun-tahun lamanya, akan memberikan dampak positif bagi kualitas kehidupan yang jauh lebih baik di masa depan.

Walaupun pada awalnya akan terasa sangat sulit untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut, tapi James Clear mampu memotivasi pembaca dengan memberikan cara mudah untuk melakukannya di dalam buku ini.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, penelitian, dan pembelajaran yang dilakukan oleh James Clear yang diolah menjadi sebuah teori yang membantu mempermudah kehidupan.

Di sini, kamu tidak hanya akan menemukan teori belaka, tapi James Clear pun turut menyertakan grafik dan tabel untuk memperkuat materi yang ada serta membantu pembaca untuk mempermudah menyerap isi bukunya.

Kabar baiknya buku ini juga sudah terjual sebanyak 100 ribu eksemplar di Indonesia sehingga isi dan kualitas bukunya tidak perlu diragukan lagi akan sangat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan perubahan dalam menjalankan kehidupan.

Buku mega best seller Atomic Habits, bisa kamu beli dan pesan di Gramedia.com dan selamat memulai membentuk kebiasaan positif.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com