Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Bahagia, Yuk Cari Tahu Emosi Positif Lainnya yang Mampu Meningkatkan Kualitas Hidup

Kompas.com - 05/01/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Joyful: Hal-Hal Biasa Yang Mendatangkan…
Pengarang: INGGRID FETELL LEE
|
Editor Ratih Widiastuty

Gejolak kehidupan yang kerap naik dan turun menyebabkan emosi yang ada dalam diri kita ikut terpengaruh, baik menjadi emosi positif maupun negatif.

Namun, emosi positif lebih mampu membuat kualitas hidup menjadi jauh lebih bermakna ketimbang emosi negatif yang hanya bisa menghancurkan diri kita dari dalam.

Emosi positif pun tidak bisa hadir secara begitu saja di dalam diri kita, tapi dibutuhkan alasan atau pemicu yang mengundang emosi tersebut untuk hadir mencerahkan perasaan dan pikiran kita.

Pengertian emosi positif sendiri adalah perasaan di saat kita mengalami atau mendapatkan sesuatu hal yang bisa menyenangkan hati, sehingga membawa dampak positif dalam diri kita.

Selain dapat menyenangkan hati, emosi positif juga memiliki manfaat lainnya, seperti meningkatkan fungsi imun tubuh, meningkatkan kesehatan, membuat semuanya tampak jauh lebih baik, hingga membuat panjang umur.

Akan tetapi, ternyata, emosi positif bukan hanya digambarkan lewat perasaan gembira saja, namun ada bentuk-bentuk lainnya dari emosi positif yang mampu hadir dalam diri kita.

Jenis-Jenis Emosi Positif

1. Syukur

Perasaan syukur dapat menimbulkan suasana hati dan pikiran yang positif, karena kita tidak merasa perlu memikirkan hal-hal yang tidak kita miliki yang biasanya menimbulkan kecemasan dan perasaan resah.

Rasa syukur yang timbul di dalam hati akan menambah optimistis dalam diri saat harus menghadapi masalah yang sering hadir dalam kehidupan kita sebagai seorang manusia.

Mensyukuri setiap hal yang ada dalam kehidupan bisa mengubah cara pandang kita terhadap dunia menjadi sesuatu yang lebih indah dan menyenangkan untuk dijalani.

2. Tenang

Ketenangan selalu membawa perasaan yang membuai emosi untuk tidak terlalu menggebu-gebu dalam memikirkan segala sesuatunya, sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat untuk setiap langkah dalam kehidupan.

Perasaan tenang juga memberikan hati dan pikiran untuk beristirahat dari segala macam tuntutan kehidupan yang sering membawa emosi negatif dalam diri kita.

Maka wajib hukumnya bagi kita untuk selalu merasa tenang agar dapat memandang dan menikmati hidup dengan kualitas yang lebih maksimal dari emosi positif yang satu ini.

3. Humor

Saat melihat atau mendengar sesuatu yang lucu ataupun kocak, reaksi pertama yang akan kita tampilkan adalah tersenyum atau tertawa karena ada rasa humor yang mampu mengundang emosi positif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tertawa memang selalu dikaitkan dengan suka cita dan hal-hal positif, dan salah satu cara agar tawa dapat muncul di wajah kita adalah dengan rasa humor yang daya pikatnya tidak pernah gagal memunculkan aura positif.

Oleh karena itu, perbanyak selera humor akan berbagai hal di kondisi yang tepat dan sesuai agar perasaan suka cita dan emosi positif selalu bisa hadir di dalam diri kita.

4. Bangga

Perasaan bangga yang muncul di dalam diri biasanya hadir saat kita mampu melakukan sesuatu yang berarti ataupun saat melihat pencapaian orang yang kita sayangi.

Kebanggaan yang kita rasakan terhadap diri sendiri juga bisa meningkatkan rasa percaya diri akan usaha dan kerja keras kita, sehingga kita mampu menghargai diri sendiri dan tidak meragukan kemampuan diri sendiri lagi.

Namun, patut diingat, perasaan bangga juga harus diatur porsinya agar tidak melenceng menjadi kesombongan yang malah menjadikannya emosi negatif.

5. Cinta

Siapa yang tidak dibuat mabuk kepayang saat rasa cinta muncul di dalam diri ketika perasaan ini menghadirkan emosi positif yang akan menciptakan suka cita.

Biasanya, pemicu dari rasa cinta bisa hadir dari perasaan terhadap seseorang, hewan peliharaan, hingga hobi yang ditekuni, sehingga menumbuhkan bibit kegembiraan di dalam diri kita.

Tidak bisa dipungkiri, rasa cinta memang menjadi emosi positif yang patut dihadirkan di dalam hati agar kehidupan terasa lebih indah dan berarti lagi.

Kelima emosi positif tadi bisa kamu hadirkan dengan berbagai hal yang ada di sekitarmu, buku yang satu ini bisa menjadi sumber inspirasi yang akan menghadirkan rasa suka cita di dalam kehidupan kamu.

Buku Joyful: Hal-Hal Biasa yang Mendatangkan Kebahagiaan Luar Biasa yang ditulis oleh Ingrid Fetell Lee adalah buku yang akan menyadarkan kita akan hal-hal di sekitar yang ternyata bisa menjadi sumber kebahagiaan.

Deskripsi yang disajikan Ingrid di sini sangat lengkap dan berisi karena memang berdasarkan perjalanan, penelitian dan wawancara yang dia lakukan untuk riset buku ini.

Buku ini bukan berisi opini penulis belaka tentang hal-hal yang menciptakan suka cita, tapi juga ada bukti ilmiah yang menyertainya, sehingga tidak terkesan omong kosong belaka.

Jika kamu ingin segera membacanya, buku ini dapat kamu beli di Gramedia.com dan selamat menemukan hal-hal sederhana yang bisa membuat bahagia.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com