Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Investasi yang Menjanjikan dan Cocok untuk Investor Pemula

Kompas.com - 30/01/2022, 11:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Yuk, Nabung Seluruh Saham
Pengarang: RYAN FILBERT & ADI…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Kata investasi selalu terdengar menarik dan sering menjadi perbincangan di tengah masyarakat dari berbagai kalangan.

Hanya saja, investasi bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, terutama bagi para investor pemula yang masih sering kebingungan memilih investasi apa yang cocok untuk mereka, mengingat banyaknya jenis investasi yang tersedia.

Tapi yang perlu diingat bahwa investasi adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan, terutama bagi kamu yang sudah memiliki penghasilan sendiri.

Investasi ini bisa membantu memperbaiki keuangan jangka panjang dan dampaknya bisa sangat menguntungkan di masa depan.

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai sebuah investasi, saat ini juga sudah banyak jenis investasi yang tidak membutuhkan modal besar tapi tetap bisa memberikan hasil yang menjanjikan.

Berikut ini merupakan jenis-jenis investasi yang terbukti menjanjikan dan cocok untuk para investor pemula.

4 Jenis Investasi yang Menjanjikan dan Cocok untuk Investor Pemula

1. Investasi Emas

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang terbukti menguntungkan dan mudah untuk dilakukan, terutama bagi para investor pemula.

Investasi emas ini bisa berupa emas perhiasan atau logam mulia.

Keduanya memiliki nilai jual yang diklaim bisa lebih stabil dibandingkan nilai mata uang.

Selain itu, keberadaan emas juga bisa diterima oleh seluruh kalangan masyarakat sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya, dengan resiko kerugian yang sangat kecil.

Saat ini, investasi emas juga sudah mulai bertransformasi dan bisa kamu beli dengan mudah melalui berbagai aplikasi di smartphone yang sudah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tapi, jangan lupa untuk memperhatikan keaslian dan kemurnian emas yang kamu beli, karena saat ini juga sudah banyak sekali oknum yang sengaja menawarkan dan menjual emas palsu.

2. Investasi Deposito

Jenis investasi yang satu ini sebenarnya sudah populer di kalangan masyarakat karena tidak perlu memiliki skill khusus, jadi tetap bisa dilakukan oleh para pemula.

Untuk memulainya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyediakan modal dan menyimpan modal tersebut ke bank yang sudah terpercaya.

Pada dasarnya, prinsip deposito ini sama seperti tabungan biasa, kamu bebas menyimpan sejumlah uang dalam bank, tapi kamu hanya bisa mengambil uang tersebut sesuai dengan rentang waktu yang sudah disepakati sebelumnya.

Kalau kamu mengambilnya lebih awal, maka kamu akan mendapatkan denda.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana juga saat ini diklaim sebagai salah satu jenis investasi jangka panjang yang menjanjikan dan bisa dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan.

Cara investasi dengan reksa dana juga sangat mudah.

Kamu tinggal menyerahkan dana kepada manager investasi dan mereka yang akan membantu menginvestasikan uang tersebut ke beberapa jenis instrumen investasi, seperti pasar uang, obligasi, dan masih banyak lagi.

Keuntungan dari investasi reksa dana ini dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan deposito karena reksa dana menawarkan bunga yang relatif lebih besar dari investasi deposito.

Jadi, bagi kamu para investor pemula yang masih minim pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola investasi, maka reksa dana ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk dilakukan.

4. Investasi Saham

Di antara banyaknya jenis investasi, saham ini menjadi salah satu jenis investasi yang paling cocok dan sudah sering dilakukan oleh para pemula terutama anak-anak muda.

Saham merupakan jenis investasi yang beresiko dan mampu mendatangkan imbalan atau hasil yang besar dibandingkan jenis investasi lainnya, tapi juga memiliki tingkat resiko yang sebanding dengan jumlah keuntungan yang kamu dapatkan.

Saat ini, investasi saham memang bukan jenis investasi yang sulit dilakukan, bahkan akses untuk melihat pasar saham juga semakin mudah dengan banyaknya aplikasi yang sudah bisa kamu akses melalui smartphone.

Nah, kalau kamu tertarik untuk memulai investasi dan ingin belajar lebih banyak lagi mengenai investasi saham, kamu bisa membaca buku Yuk, Nabung Seluruh Saham yang ditulis oleh Ryan Filbert dan Adi Prasetya Teguh.

Dengan ramainya investasi saham di kalangan masyarakat, banyak orang yang akhirnya memanfaatkan ini untuk menawarkan berbagai jenis investasi palsu untuk menipu banyak orang.

Oleh karena itu, buku ini akan memberikan kamu gambaran mengenai investasi saham secara umum, seperti bagaimana cara memilih investasi saham yang tepat lengkap dengan data historis yang bisa kamu cek keasliannya.

Dengan ini, kamu tidak akan mudah tertipu investasi palsu dan kamu juga akan memiliki pengetahuan lebih banyak mengenai cara memulai investasi saham yang tepat.

Sebenarnya masih banyak sekali buku investasi saham yang bisa kamu jadikan sebagai bahan belajar tambahan.

Kamu bisa menemukan dan membeli berbagai macam buku tersebut di toko buku online melalui website Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa ada minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Yuk, borong banyak buku dengan lebih hemat!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com