Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Reksa Dana Beserta Jenis-Jenisnya yang Harus Kamu Tahu

Kompas.com - 27/12/2021, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Reksa Dana
Pengarang: AQIDA SHOHIHA, S.E.I, M.E.
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kebutuhan untuk melakukan investasi sepertinya sudah menjadi hal yang wajib bagi semua orang, mengingat masa depan yang serba tidak pasti dan perubahan dunia yang semakin menjadi-jadi menyebabkan kita harus cerdas serta cermat dalam mengelola finansial.

Harga-harga kebutuhan seperti sandang, pangan, papan, hingga pendidikan bisa dibilang terus melambung naik setiap tahunnya, sehingga siapa pun itu harus bisa mengatur finansial agar tidak terjerat utang piutang di kemudian hari.

Melek finansial mutlak dibutuhkan di saat kehidupan semakin mengancam dan serba tidak pasti. Hal ini akan membantu kamu dalam merencanakan masa depan yang jauh lebih aman dan sejahtera.

Tapi, bagaimana cara mengelola finansial yang baik dan benar? Salah satu jawabannya adalah dengan melakukan investasi yang bisa mendapatkan keuntungan finansial di masa depan.

Bagi kamu yang masih baru dan pemula di dunia investasi, pilihan yang tepat adalah dengan melakukan investasi reksa dana yang dijamin mudah dan sangat cocok bagi pemula.

Namun, apa pengertian dari reksa dana itu sendiri? Berikut penjelasan tentang seluk beluk reksa dana yang bisa membantu kamu untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi.

Pengertian Reksa Dana

Menurut Wikipedia, reksa dana adalah wadah dan pola pengelolaan dana untuk sekelompok investor yang berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang ditawarkan pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana.

Modal ini akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke dalam beberapa pilihan portofolio investasi, seperti obligasi, pasar uang, saham dan lain sebagainya.

Secara sederhana, reksa dana adalah cara investasi yang tepat bagi pemula di mana kamu hanya perlu menyetorkan uang kepada manajer investasi yang terdapat di bank atau penyedia asuransi untuk mengelolanya dengan memilih serta membeli jenis reksa dana yang tepat.

Jenis-Jenis Reksa Dana

1. Reksa Dana Saham

Reksa dana saham merupakan jenis reksa dana yang berinvestasi minimal sebanyak 80% dengan efek yang bersifat ekuitas.

Reksa dana saham memiliki risiko investasi yang cukup tinggi karena karakter saham yang berfluktuasi, tapi juga mampu memberikan keuntungan yang tinggi melalui pertumbuhan harga-harga saham dan dividen.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang merupakan reksa dana yang berinvestasi sebesar 80% hingga 100% pada efek pasar uang dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, contohnya seperti Surat Berharga Pasar Uang (SPBU), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan lain sebagainya.

Reksa dana pasar uang memiliki risiko yang bisa dibilang hampir tidak ada sehingga mampu memberikan keuntungan, tapi reksa dana jenis ini cenderung menghasilkan keuntungan yang sedikit.

3. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap merupakan reksa dana yang berinvestasi minimal sebesar 80% pada efek surat utang, contohnya seperti Surat Utang Negara (SUN), obligasi, dan sukuk.

Sayangnya, keuntungan yang dihasilkan dari jenis reksa dana ini tergolong sedikit jika dibandingkan dengan reksa dana saham, tapi memiliki risiko yang hampir tidak ada sama sekali.

4. Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran merupakan reksa dana yang berinvestasi pada gabungan antara saham dan obligasi yang komposisi asetnya dapat diatur.

Risiko dari reksa dana campuran sendiri bisa lebih tinggi dari reksa dana pendapatan tetap, tapi lebih rendah dari reksa dana saham.

Setelah menyimak penjelasan dan jenis-jenis dari reksa dana, apakah kini kamu mulai tertarik untuk investasi reksa dana? Jika iya, buku yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu baca dan pelajari sebelum memutuskan untuk berinvestasi reksa dana.

Sesuai dengan judulnya, Buku Pintar Reksa Dana adalah paket lengkap yang dapat kamu baca untuk lebih mengenal dan memahami instrumen investasi yang satu ini agar tidak salah langkah saat akan melakukannya.

Buku ini bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk kamu sebelum memutuskan untuk berinvestasi reksa dana karena memiliki materi, seperti mempertimbangkan risk dan return, mengenal karakter berbagai jenis reksa dana, hingga mempelajari profil risiko.

Setelah membacanya, kamu mampu merumuskan strategi investasi reksa dana yang cocok dengan kebutuhan dan tujuan finansial, sehingga bisa memberikan awal yang baik saat memulai investasi ini.

Kamu dapat membeli buku ini di Gramedia.com dan selamat belajar berinvestasi reksa dana!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com