Ingin Jago Investasi Saham? Baca Buku Berikut Ini

Kompas.com - 02/12/2021, 09:59 WIB
Sumber Gambar : Freepik
Rujukan artikel ini:
Strategi Manajemen Portofolio Investasi Saham
Pengarang: Raymond Budiman
|
Editor Novia Putri Anindhita

Kondisi saat ini yang serba tidak pasti menuntut kita untuk lebih peka menangani urusan finansial agar memudahkan kehidupan di masa depan.

Cermat dan selektif mutlak dibutuhkan untuk mencari peluang dan kesempatan dalam menghasilkan pundi-pundi uang yang mampu menjamin keamanan hidup.

Bekerja mungkin jadi satu cara yang pasti dalam menghasilkan uang, tapi rasanya di zaman sekarang, di mana segala sesuatunya melambung tinggi, diperlukan penghasilan lain yang mampu memenuhi kebutuhan hidup.

Salah satu cara yang pasti dan mudah bila dipelajari dan ditekuni adalah dengan berinvestasi saham, karena jika kita bisa melihat dan memprediksi harga saham mana yang akan naik, keuntungan sudah pasti ada di depan mata.

Untuk belajar agar mampu menjadi jago dalam berinvestasi, membaca buku bisa menjadi media yang tepat untuk mengetahui seluk beluk dunia investasi saham yang akan memudahkan kita untuk memahaminya.

Namun, sebelum melihat rekomendasi buku apa saja yang pas untuk dibaca agar bisa jago dalam berinvestasi, mari kita simak dulu sedikit tentang dunia saham.

Pengertian Investasi

Investasi adalah aktivitas dalam mengusahakan penanaman modal yang bisa menghasilkan keuntungan di masa depan sesuai dengan kondisi keuangan yang berkembang dalam jangka waktu yang telah ditentukan berdasarkan jenis investasi yang dipilih.

Uang yang ditanam sebagai modal investasi akan dikonversikan ke dalam aset keuangan, salah satunya berbentuk saham yang memungkinkan memberi keuntungan jika dapat memprediksi harga saham tersebut akan naik di masa mendatang.

Sebagai investor, kita bisa dikategorikan sedang menabung dengan mengalokasikan dana yang disimpan untuk dipergunakan di masa depan, namun investasi lebih menjanjikan keuntungan yang lebih baik.

Investasi Saham

Saham sendiri adalah bukti tanda serta modal dari individu atau pihak, seperti badan usaha dalam sebuah perusahaan atau perseroan terbatas.

Modal yang ditanamkan berupa saham adalah tanda bukti bagi investor untuk berhak mengklaim penghasilan perusahaan, aset perusahaan, dan ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Secara garis besar, jika kita sudah melakukan investasi saham, secara tidak langsung kita dapat memperoleh laba dari modal awal yang dipergunakan untuk membeli saham dari sebuah perusahaan.

Mungkin penjelasan di atas masih terasa kurang lengkap, sehingga rekomendasi ketiga buku berikut ini bisa melengkapi penjelasan tentang investasi saham untuk kamu yang masih pemula.

Rekomendasi Buku Investasi

1. Strategi Manajemen Portofolio Investasi Saham

Sebagai seorang investor, kita memerlukan manajemen portofolio investasi saham untuk mengelola aset-aset investasi, karena akan sangat berpengaruh pada hasil investasi secara keseluruhan, selain proses memilih aset saham yang tepat.

Buku ini akan membantu kamu untuk mempelajari dan memahami secara mendalam step by step tentang manajemen portofolio dalam investasi saham.

Strategi yang dihadirkan di sini adalah pendekatan yang sering dipraktikkan oleh perusahaan-perusahaan manajemen investasi, seperti Asuransi, Dana Pensiun, dan lain sebagainya.

Sebagai pemula dalam hal investasi saham, kamu bisa mendapatkan ilmu yang mudah dan ringan untuk diserap, sehingga secara perlahan kamu bisa menjadi investor hebat hanya lewat membaca buku.

2. Yuk, Nabung Seluruh Saham

Hype atau tren untuk membeli saham di Indonesia sedang naik dan populer, khususnya di kalangan anak muda.

Buku ini hadir untuk memberikan strategi lain yang lebih praktis dan sangat membantu investor pemula untuk memilih langkah yang tepat saat akan menginvestasikan uangnya pada saham.

Ditulis dengan gaya yang ringan membuat setiap penjelasan mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mau berinvestasi saham setelah membaca buku ini.

3. Yuk Belajar Nabung Saham

Buku ini dapat menjadi angin segar untuk kamu yang masih merasa awam atau ingin menjadi investor pemula, tapi masih bingung harus memulai dari mana.

Pembahasan dalam buku ini akan menjawab berbagai pertanyaan seputar dunia investasi saham, seperti bagaimana cara menabung saham, mengapa harus menabung saham, bagaimana memilih saham yang menguntungkan, hingga hal teknis seputar investasi saham.

Tunggu apa lagi, langsung beli dan baca ketiga buku di atas yang bisa kalian dapatkan di Gramedia.com.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.