Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Portofolio adalah Cara Mudah untuk Menulis Pengalaman sebelum Melamar Pekerjaan, Ini Manfaatnya

Kompas.com - 21/01/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Lagi Probation : Menikmati Perjalanan…
Pengarang: Samuel Ray
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sebelum melamar sebuah pekerjaan, biasanya kita kerap dimintai beberapa dokumen dan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan wawancara agar bisa mengevaluasi kredibilitas dan kemampuan kita sebelum diterima bekerja.

Beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, CV, hingga portofolio mutlak dibutuhkan sebagai syarat untuk melamar sebuah pekerjaan agar pihak perusahaan yang akan menerima kita bekerja bisa melihat informasi dan pengalaman kerja kita.

Maka dari itu, diperlukan cara yang tepat dan terstruktur untuk menulis atau menyusun dokumen, seperti CV dan portofolio, agar peluang kita untuk diterima bekerja semakin terbuka lebar.

Apalagi jika kamu merasa merupakan seorang profesional di bidang pekerjaan yang kamu kerjakan, portofolio teramat sangat diperlukan untuk memperlihatkan bakat dan kredibilitas kamu dalam bekerja.

Portofolio akan semakin membantu kamu dalam mencari pekerjaan yang kamu inginkan, karena di dalam sebuah portofolio akan menunjukkan kualitas dari diri kamu selama ini dalam berkarya dan berprestasi melalui berbagai pengalaman yang sudah dilalui.

Namun, sebenarnya apa portofolio itu sendiri dan apa manfaat yang bisa didapatkan dari membuat sebuah portofolio? Berikut deskripsi dan manfaat dari portofolio yang bisa kamu baca.

Apa Itu Portofolio?

Secara garis besar, portofolio adalah kumpulan informasi yang memperlihatkan pendidikan, hasil karya, prestasi, skill, pengalaman dalam organisasi, pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti, hingga pengalaman kerja yang sudah dilakukan.

Portofolio sesungguhnya bisa diartikan dari berbagai sudut pandang, tapi jika dilihat dari perspektif untuk melamar pekerjaan, portofolio merupakan kumpulan data dan informasi mengenai kemampuan dan hasil karya yang disusun dengan terstruktur agar mampu menunjukkan kapasitas dan keahlian yang dimiliki.

Melalui portofolio, orang lain dapat melihat kemampuan dan kredibilitas kamu sebagai seorang profesional dengan berbagai pencapaian dan skill yang dimiliki sehingga saat melamar pekerjaan bisa menjadi bahan pertimbangan yang menguatkan.

Tanpa kehadiran portofolio saat akan melamar pekerjaan, para rekrutmen tidak akan tertarik dengan kamu sebab mereka tidak bisa melihat kapasitas dan kredibilitas yang kamu miliki, sehingga peran portofolio dalam melamar pekerjaan tidak dapat dipandang sebelah mata.

Di era digital seperti saat ini, portofolio kini sudah bisa dibuat secara virtual berupa koleksi karya dalam bentuk digital yang dapat diakses lewat media sosial ataupun website, tapi portofolio dalam bentuk offline pun masih bisa kamu buat sebagai opsi lain saat akan melamar pekerjaan.

Manfaat Portofolio

1. Membentuk Personal Branding

Saat kamu membuat portofolio secara daring melalui media sosial ataupun website, secara tidak langsung kamu juga sedang membangun sebuah personal branding yang ingin ditampilkan di depan orang lain.

Maka dari itu, usahakan untuk membuat portofolio semenarik mungkin agar hasil karya, kemampuan, hingga prestasi yang kamu punya bisa terpampang dengan jelas dalam portofolio daring yang kamu buat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Memperlihatkan Profesionalitas

Kehadiran portofolio juga mampu menunjukkan sikap profesional saat kamu akan mencari pekerjaan, sebab klien akan dapat melihat pencapaian apa saja yang sudah berhasil kamu raih.

Portofolio dapat menunjang profil kamu dalam dunia kerja yang bisa membuat peluang untuk mendapatkan pekerjaan jauh lebih besar.

3. Memperbesar Potensi untuk Mendapatkan Klien

Klien atau orang yang akan memberikan kamu pekerjaan akan jauh lebih percaya dan menerima kamu untuk bekerja jika terdapat kehadiran portofolio yang menarik di dalamnya.

Daftar karya, skill, dan pengalaman kerja yang kamu lampirkan dalam portofolio akan menjadi bahan pertimbangan yang kuat saat klien akan memutuskan untuk menerima kamu untuk bekerja.

4. Sebagai Media untuk Refleksi Diri Sendiri

Selain bermanfaat untuk memperbesar mendapatkan pekerjaan, portofolio sendiri ternyata bisa kamu pergunakan sebagai bahan untuk mengevaluasi diri sendiri.

Kemampuan, prestasi, dan pengalaman kerja yang terpampang dalam portofolio bisa menjadi acuan untuk melihat kelebihan apa yang bisa kamu tingkatkan dan kekurangan apa yang bisa kamu tekan agar mampu menjadi diri yang lebih baik lagi.

Pembahasan mengenai portofolio tadi semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, tapi jika kamu perlu bahan yang bisa relate dengan keadaan kamu saat ini, buku yang satu ini akan terasa pas untuk dibaca.

Buku Lagi Probation: Menikmati Perjalanan Mencari Kerja akan menjadi buku panduan yang tepat untuk membimbing kamu saat akan melamar pekerjaan.

Buku ini akan memberikan tips dan trik yang bisa dipergunakan saat akan mencari pekerjaan, seperti menulis CV hingga masalah negosiasi gaji yang disampaikan dengan ringan serta sederhana.

Siapa pun kamu yang baru pertama kali mencari pekerjaan, sedang mencari pekerjaan baru atau yang sudah memiliki pekerjaan, boleh membaca buku ini sebagai acuan untuk menjadi pribadi yang lebih baik selama bekerja.

Buku ini sudah bisa kamu beli dan pesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian untuk belanja di Gramedia.com. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com