Ingin Jago Menulis? Ini 6 Rekomendasi Buku yang Wajib Dibaca

Kompas.com - 13/01/2022, 13:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Writing : Skills And Strategies…
Pengarang: Otong Setiawan Djuharie
Penulis Lika Purnama
|
Editor Almira Rahma Natasya

Menulis adalah kegiatan penting yang tidak bisa dihindari.

Dari duduk di bangku taman kanak-kanak, selain membaca, kita juga diajarkan untuk menulis satu demi satu kata hingga terangkai kalimat.

Semakin beranjak usia, memasuki jenjang pendidikan yang semakin tinggi membuat tuntutan menulis juga semakin berat.

Terdapat tugas-tugas berbentuk esai, makalah, jurnal, tugas akhir berupa skripsi, hingga tesis dan itu dianggap sangat sulit dilakukan.

Ada pula beberapa orang yang benar-benar memiliki passion di bidang menulis, entah itu menulis akademik maupun kreatif namun masih memiliki beberapa kendala.

Hal ini dikarenakan menulis akademik dan menulis kreatif, keduanya sama-sama memiliki tantangan tersendiri dan perlu banyak latihan dan membaca banyak referensi.

Nah, sebagai rekomendasi agar kamu semakin jago menulis, berikut ini telah dirangkum enam rekomendasi buku yang dapat kamu baca. Yuk simak!

6 Rekomendasi Buku agar Jago Menulis

1. Writing: Skills And Strategies for Academic - Otong Setiawan Djuharie

Bagi pelajar apalagi mahasiswa, kemampuan menulis adalah salah satu dasar yang diperlukan dalam menempuh pendidikan.

Namun, tak jarang banyak yang mengeluh kalau menulis terutama dalam ranah akademik seperti esai, jurnal, dan skripsi itu sangat sulit, apalagi jika dalam bahasa inggris.

Nah, jika kamu termasuk salah satu yang memiliki masalah demikian, maka buku ini sangat tepat untuk kamu baca.

Buku ini berisi strategi dan latihan untuk memiliki keterampilan menulis yang mumpuni khususnya dalam ranah bahasa Inggris.

Jangan khawatir akan kebingungan, sebab buku ini sangat runtut, disusun dari dasar seperti menulis kalimat, paragraf, hingga esai.

2. Mastering Academic Writing - Susari Nugraheni

Masih dalam ranah akademik, buku ini juga salah satu jawaban dari kebimbangan-kebimbangan yang mungkin kamu rasakan ketika akan menulis sebuah esai akademik.

Dalam buku berjumlah 196 halaman ini dijelaskan secara rinci mengenai seluk beluk tentang esai khususnya dalam bahasa Inggris.

Mulai dari pembahasan mengenai jenis-jenis esai, teknik mengutip referensi dan menulis daftar pustaka, serta ragam kosakata yang lazim digunakan dalam teks akademik.

Buku ini juga sangat detail, hingga kamu akan diingatkan tentang hal-hal kecil yang mungkin selama ini terlupakan seperti cara menyusun kalimat, membuat kerangka karangan, dan menulis rangkuman/ringkasan.

Lebih kerennya, tak hanya sebagai buku bacaan, buku ini juga menyediakan latihan soal dan writing checklist supaya kamu dapat berlatih secara maksimal.

3. Creative Writing #2 - A.s. Laksana

Jika menulis akademik memiliki kesan yang serius dan membosankan, maka sebaliknya, menulis kreatif memiliki kesan menyenangkan untuk dilakukan.

Namun, meski menyenangkan proses menulis juga tidak selalu berjalan lancar.

Ada kalanya penulis menemui titik jenuh dan kesulitan untuk melanjutkan cerita.

A.S Laksana adalah seorang sastrawan, penulis novel, cerpen, dan banyak buku lainnya.

Dalam buku kedua tentang creative writing ini, A.S Laksana mencoba untuk menjabarkan mengenai tips dan trik bagaimana menulis cerpen hingga novel sampai tuntas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tak hanya itu, dengan membaca buku ini, kamu akan diajak untuk membahas mengenai hal-hal mendasar dalam menulis kreatif.

Seperti cara membuat adegan dan plot yang menarik, sudut pandang beragam namun dengan cerita yang tidak bertele-tele.

4. Buku Sakti Menulis Cerpen – Ainun Mas

Untuk kamu yang ingin menjadi penulis namun bingung hendak memulai darimana, maka buku ini adalah pilihan terbaik untuk dibaca.

Buku ini akan mengajarkan kamu banyak hal tentang dunia kepenulisan terutama tentang cerpen dari yang sangat dasar.

Di dalam buku ini berisi petunjuk-petunjuk yang harus diperhatikan agar cerita pendek yang kamu buat menjadi menarik dan disukai banyak orang.

Selain itu, terdapat pula rumus-rumus untuk menumpas kegalauan dalam menulis, hingga tips-tips dari penulis terkenal yang dapat kamu ikuti.

5. Menulis Novel dengan Bahagia – Eriyandi Budiman

Kegiatan menulis memang menyenangkan, apalagi jika kamu termasuk orang yang suka membaca dan tahan untuk berhadapan dengan buku berlama-lama.

Namun, terkadang menulis juga dapat membawa kejenuhan yang menjemukan.

Menyebabkan stres dan memicu ketidakbahagiaan.

Karena itu, jika kamu benar-benar ingin serius menjadi penulis, proses kreatif dalam menulis perlu benar-benar kamu perhatikan.

Buku ini adalah salah satu yang bisa kamu gunakan sebagai panduan agar ketika menulis sebuah novel, kamu tetap dapat enjoy dan merasa bahagia!

6. Jurnal Menulis - Gita Romadhona

Selain untuk hobi, menulis juga memiliki banyak manfaat.

Salah satunya yang penting adalah menulis dapat menjadi media terapi yang efektif untuk diri sendiri.

Dengan menulis, secara tidak langsung kita berlatih mengekspresikan ide dan pikiran serta latihan melepas emosi yang tertahan.

Selain itu, jika kamu yang memiliki keinginan menjadi penulis profesional, berlatih menulis terus menerus pasti akan meningkatkan kemampuan.

Buku setebal 125 halaman ini berisi 100 ide latihan menulis di rumah yang akan sangat berguna untukmu membangun keterampilan menulis.

Terdapat pula materi menulis dasar, kebahasaan, serta tips dan trik agar ide lancar serta buku ini membantu menciptakan konsistensi untuk semangat berlatih menulis.

Itulah enam rekomendasi buku supaya lebih jago menulis.

Jika kamu tertarik membacanya, seluruh buku dapat kamu beli di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian.

Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Selamat membaca!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.