Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Kompas.com - 03/01/2022, 13:52 WIB
Sumber foto: Freepik - tirachardz
Rujukan artikel ini:
10 Juta Pertama Dari Youtube
Pengarang: Jefferly Helianthusonfri
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Menjadi seorang pengusaha sukses adalah salah satu pekerjaan dambaan banyak orang. Hal ini karena kerjanya yang fleksibel dan bisa menentukan sendiri jalannya usaha sesuai dengan keinginan kita.

Namun, banyak juga orang-orang yang masih merasa kesulitan karena terkendala dengan modal.

Padahal, ada banyak sekali usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil, tapi tetap bisa menghasilkan keuntungan yang besar jika kita mau menekuni usahanya dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah lima usaha dengan modal kecil yang menjanjikan dan bisa langsung kamu praktekkan untuk menambah penghasilan.

Inspirasi Usaha Menjanjikan dengan Modal Kecil

1. Usaha Laundry Pakaian

Zaman sekarang orang-orang lebih menyukai hal yang praktis, bagi mereka yang sibuk bekerja sehingga tidak sempat mengurus kebutuhan rumah, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuka jasa laundry kiloan.

Ide usaha yang satu ini bisa dilakoni dengan mudah, karena kamu bisa membuat pengelolaan keuangannya secara mandiri tanpa harus melibatkan banyak pekerja, sehingga kamu bisa menghasilkan keuntungan tanpa memangkas pengeluaran untuk membayar pekerja.

Apalagi jika rumahmu berada di daerah komplek yang kebanyakan ditinggali oleh karyawan kantoran dan mahasiswa, maka peluang usaha ini bisa berkembang pesat dan memiliki banyak pelanggan.

Dalam usaha ini, kamu membutuhkan modal awal sekitar kurang dari empat juta untuk membeli mesin cuci, setrika pakaian, timbangan baju, pengering pakaian, dan bahan-bahan untuk mencuci seperti sabun cuci dan pewangi pakaian.

Tapi kalau kamu sudah punya peralatan yang dibutuhkan, berarti kamu hanya tinggal membeli sabun dan pewanginya saja sebagai usaha untuk menekan modal awal, jika kamu mampu memberikan pelayanan yang ramah dan tepat waktu serta hasil laundry yang rapi maka usaha laundry kamu bisa laku di pasaran.

2. Usaha Desain Grafis Rumahan

Jenis usaha yang satu ini sebenarnya tidak membutuhkan banyak barang atau peralatan dalam pekerjaannya, kamu hanya tinggal memanfaatkan kemampuan kamu dalam hal desain dan kemampuan promosi.

Di zaman yang modern dan serba praktis seperti sekarang, usaha desain grafis bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Ada banyak sekali jenis desain grafis yang bisa kamu garap, seperti misalnya desain untuk gambar kaos, desain untuk blog dan website, desain animasi 3D, desain logo, kartu nama, dan desain banner untuk iklan suatu produk.

3. Usaha Jasa Isi Pulsa dan Paket Internet

Saat ini penggunaan smartphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, hampir semua lapisan masyarakat sudah bergantung pada internet dan ponsel pintar untuk kegiatannya sehari-hari.

Jadi, menjual pulsa dan paket internet ini bisa menjadi ladang usaha yang menjanjikan, karena kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Saat usaha kamu sudah laku di pasaran, kamu mungkin bisa mulai untuk membuka konter kecil-kecilan yang tidak hanya menjual pulsa dan paket internet saja, tapi juga menjual berbagai aksesoris handphone yang semakin menarik minat pembeli.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jenis usaha yang satu ini dijamin tidak ada matinya karena setiap orang pasti menggunakan smartphone dan membutuhkan pulsa atau paket internet untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

4. Usaha Membuat Konten Lewat Youtube

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, membuat konten di media sosial Youtube kini bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Untuk menjadi seorang Youtuber atau Influencer kamu tidak membutuhkan modal yang besar, asalkan kamu bisa konsisten dalam membuat konten yang kreatif dan edukatif maka akan ada banyak orang yang tertarik untuk menonton video yang kamu sajikan.

Yang perlu kamu ingat, usahakan untuk membuat konten yang tidak mengandung drama negatif supaya nama baik kamu tetap terjaga dan kamu bisa menjadi seorang Youtuber yang sukses.

5. Usaha Makanan Rumahan

Bagi kamu para pemula yang ingin merintis usaha makanan, kamu tidak perlu pesimis jika modal yang kamu punya masih terbatas, karena ada banyak strategi lain yang bisa kamu lakukan supaya usaha kamu bisa semakin berkembang.

Kamu bisa memulainya dengan menu makanan yang sederhana dulu seperti misalnya camilan dalam kemasan, rice bowl, sambal kemasan, dessert box, dan masih banyak lagi disesuaikan dengan kemampuan memasak yang kamu punya.

Kalau nanti usaha makanan kamu sudah punya banyak pelanggan, kamu bisa nih untuk membuka usaha katering dan menerima pesanan makanan dalam jumlah besar, yang paling penting kamu harus tetap menjaga cita rasa masakanmu supaya tetap enak.

Dengan rasa masakan yang enak dan bentuk promosi yang menarik, bukan tidak mungkin usaha yang kamu jalani ini bisa mendatangkan banyak keuntungan yang bisa kamu jadikan modal untuk usaha dengan skala yang lebih besar lagi.

Untuk kamu yang tertarik menjadi Youtuber, kamu bisa membaca panduannya dari buku 10 Juta Pertama dari Youtube karya Jefferly Helianthusonfri.

Ada banyak hal menarik yang akan dibahas dalam buku ini, misalnya seperti panduan memulai jadi Youtuber, strategi dan trik jitu mendapatkan ide konten video, cara mengembangkan channel Youtube, cara editing video yang menarik, cara untuk mendapatkan ratusan ribu bahkan jutaan views, dan yang paling penting adalah cara untuk monetisasi channel Youtube supaya kamu bisa segera mendapat keuntungan.

Berbagai strategi yang ampuh bisa kamu temukan dengan lengkap dalam buku ini. Cobalah untuk mengikuti tutorialnya untuk bisa menjadi seorang Youtuber yang berhasil.

Nah, selain kelima inspirasi usaha diatas, kamu juga masih punya pilihan usaha lain yang bisa kamu baca dalam buku Bisnis Modal 10 Jutaan: Inspirasi Bisnis dengan Modal Minim karya Oppi Andini.

Buku ini akan memberikan kamu banyak sekali ide usaha yang bisa kamu kembangkan, dengan modal awal yang minim, tapi tetap bisa memberikan kamu keuntungan yang maksimal.

Buku ini juga akan memberikan kamu tips dan trik supaya usaha yang kamu jalani bisa berkembang mengikuti arus perkembangan teknologi dan informasi saat ini, sehingga mimpi kamu untuk menjadi pengusaha sukses bisa tercapai dengan baik.

Kalau kamu tertarik mempelajari jenis-jenis usaha dengan modal kecil, kamu bisa membeli kedua buku ini di Gramedia.com atau bisa juga membaca versi digitalnya di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com