Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Deretan Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Berani Coba?

Kompas.com - 31/12/2021, 18:00 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Bisnis Rumahan Omzet Menggiurkan; Analisis…
Pengarang: Aulia Fadhli
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Di kondisi ekonomi Indonesia yang sempat melemah dengan adanya pandemi Covid-19, membuat kebanyakan orang beralih untuk membuka usaha untuk tetap bisa bertahan hidup.

Usaha rumahan menjadi salah satu usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat, selain karena modal awal yang tidak terlalu besar, usaha rumahan ini juga tidak membutuhkan tempat khusus karena bisa dilakukan dari rumah.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam, ada beberapa jenis usaha rumahan yang rasanya tidak pernah ada matinya dan dijamin selalu laris manis.

Berikut adalah usaha rumahan yang bisa kamu coba.

Jenis Usaha Rumahan yang Bisa Kamu Coba

1. Usaha Sembako

Usaha ini menjadi salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya, karena sembako adalah produk bahan pokok yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui usaha sembako ini kamu bisa menjual berbagai produk misalnya beras, minyak goreng, telur, bumbu dapur, dan masih banyak lagi.

Sebelum memulai usaha ini yang paling penting dan harus kamu perhatikan adalah membandingkan jumlah harga yang ada di pasaran dengan harga jual yang akan kamu gunakan.

Selain itu kamu juga harus mengetahui berapa lama masa kedaluwarsanya supaya kamu tetap menjual bahan-bahan yang segar.

Dalam usaha ini kamu tidak perlu khawatir dengan risiko kegagalan, karena usaha sembako punya potensi gagal yang lebih kecil dibandingkan usaha rumahan lainnya.

Selain itu kamu juga tetap bisa menggunakan sendiri produk sembakonya untuk kebutuhan rumahmu.

2. Usaha Katering

Untuk kamu yang hobi memasak, kamu bisa coba gunakan kesempatan ini untuk membuka usaha katering rumahan, karena usaha ini dijamin menguntungkan.

Usaha ini menjadi salah satu usaha yang tidak akan ada matinya karena semua orang pasti membutuhkan asupan makanan demi kelangsungan hidupnya.

Ditambah lagi, saat ini banyak orang yang sibuk sehingga tidak bisa memasak sendiri di rumah, yang akhirnya membuat mereka mencari alternatif lain dengan memesan katering.

Dikutip dari luvne.com, ternyata usaha katering saat ini juga sangat dibutuhkan pada acara-acara tertentu, misalnya seperti acara meeting di kantor, acara syukuran di rumah, acara ulang tahun, kebutuhan makan siang karyawan, dan masih banyak lagi, yang akhirnya membuat usaha katering ini menjadi usaha yang tidak boleh dilewatkan.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam usaha katering adalah pemilihan bahan makanan.

Usahakan untuk memilih bahan makanan yang bersih, higienis, dan segar sehingga menu makanan yang kamu masak bisa lebih enak dan sehat, serta membuat pembeli menyukainya.

Untuk promosinya, kamu bisa melakukannya dari mulut ke mulut, atau bahkan bisa melalui media sosial yang saat ini sudah banyak digunakan.

3. Usaha Kos-Kosan

Jenis usaha yang satu ini memang membutuhkan modal awal yang tidak sedikit, tapi bisa menjadi investasi jangka panjang yang hasilnya menggiurkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Apalagi jika lingkungan kamu berada di lingkungan yang strategis, dekat dengan sekolah, universitas, atau kantor, maka usaha yang satu ini akan sangat tepat untuk dijalani.

Hal ini karena akan ada banyak orang yang membutuhkan kos-kosan sebagai tempat tinggal untuk mereka yang rumahnya berada jauh dari bangunan-bangunan strategis tersebut.

Jika kamu ingin membuka kos-kosan, kamu harus memperhatikan dan menyediakan fasilitas yang lengkap supaya para penyewa nanti bisa merasa aman dan nyaman.

Kamu juga harus cepat tanggap jika ada keluhan yang datang sehingga kos-kosanmu menjadi lebih terpercaya.

4. Usaha Cuci Motor

Bagi pemula yang ingin belajar berbisnis dari rumah, kamu bisa mencoba untuk membuka usaha cuci motor yang memang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang.

Saat musim hujan datang, para pelanggan akan lebih sering lagi untuk datang mencuci motornya yang kotor karena mereka terlalu malas untuk membersihkan motornya sendiri.

Dengan modal yang tidak begitu besar, kamu sudah bisa membangun usaha yang satu ini.

Ditambah lagi dengan jumlah kendaraan yang semakin mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini pun membuat usaha rumahan yang satu ini bisa memberikan kamu penghasilan yang menjanjikan.

Jika kamu sudah memiliki penghasilan tetap, kamu juga bisa mulai mencoba untuk membuka jasa cuci mobil untuk menambah penghasilan.

5. Jualan Pulsa dan Paket Internet

Kecanggihan teknologi semakin membuat masyarakat membutuhkan informasi setiap saat, sekaligus juga untuk bisa berkomunikasi lewat internet.

Oleh karena itu, pulsa dan paket internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat, ditambah lagi dengan adanya pandemi yang semakin mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih bergantung pada gadget dan internet untuk bisa berkomunikasi jarak jauh.

Nah, membuka usaha berjualan pulsa dan paket internet bisa menjadi pilihan usaha kamu yang mau berjualan dari rumah, karena lebih menghemat tempat dan kamu juga tidak memerlukan modal awal yang terlalu besar.

Ditambah lagi kamu bisa dengan mudah mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet dengan smartphone yang kamu punya.

Dengan promosi yang menarik dan kebutuhan masyarakat akan kuota internet yang semakin lama semakin bertambah, hal tersebut menjadikan usaha ini laris manis dan bertahan lama.

Kamu bisa membaca buku Bisnis Rumahan Omzet Menggiurkan: Analisis Peluang Memulai Usaha karya Aulia Fadhli untuk menambah referensi usaha rumahan lainnya yang bisa kamu coba.

Buku ini menjelaskan bahwa usaha rumahan yang kamu lakukan akan membuat kamu bisa lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan usaha yang kamu inginkan sendiri.

Buku ini akan memberikan banyak sekali ide-ide usaha rumahan yang populer dan bisa menjadi daya tarik masyarakat.

Selain itu kamu juga akan diberikan tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat usaha rumahan yang kamu jalani ini laris manis dan tetap memberikan omzet yang menggiurkan.

Jika tertarik kamu bisa membeli buku ini melalui online di Gramedia.com atau kamu juga bisa membaca versi buku digitalnya di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com