Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bisnis Makanan Online Rumahan yang Laku Diserbu Banyak Orang

Kompas.com - 24/12/2021, 19:02 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
100 Resep Makanan Laris Dijual…
Pengarang: EVI NOVRIYANTI
|
Editor Novia Putri Anindhita

Di era digital seperti sekarang, untuk melakukan hal apa pun semakin terasa mudah karena semuanya bisa dilakukan secara daring yang dapat menghemat waktu dan tenaga.

Salah satunya adalah berbisnis makanan online yang selain menghasilkan pendapatan yang menjanjikan, bisnis makanan online pun dapat dilakukan secara rumahan.

Hanya dengan melakukan riset bentuk bisnis, kemampuan menggunakan media sosial, dan mencari ide resep makanan yang akan dijual, sudah dapat menjadi modal utama dalam menjalankan bisnis makanan online rumahan.

Bisnis makanan online rumahan juga dapat kamu jadikan alternatif penghasilan tambahan karena kebutuhan akan makanan selalu dicari oleh semua orang.

Maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis makanan online rumahan sebagai ide usaha yang mudah, murah, dan praktis untuk dilakukan.

Berikut enam bisnis makanan online rumahan yang dapat kamu coba dan pasti laku diserbu oleh banyak orang sebagai solusi pasti untuk mencari pendapatan di tengah pandemi.

6 Bisnis Makanan Online Rumahan

1. Jajanan Pasar

Beragam jenis makanan yang ada dalam jajanan pasar bisa kamu coba jual dan buat di rumah sebagai produk dari bisnis makanan online rumahan yang popularitasnya kini tengah naik daun.

Jajanan pasar sendiri memiliki rupa dan rasa yang beraneka ragam, seperti onde-onde, getuk, putu, pastel, dadar gulung, lumpia, bandros, pukis, risoles, pisang goreng, serabi, wajik, nagasari, dan masih banyak lagi.

Banyaknya jenis dari jajanan pasar ini bisa dijadikan keuntungan karena dalam satu kali produksi, pelanggan kamu tidak akan pernah merasa bosan karena bisa membeli dan mencicipi berbagai macam jenis makanan jajanan pasar.

2. Sambal Stoples

Orang Indonesia kalau sedang makan kurang lengkap rasanya jika tidak didampingi dengan sambal, sehingga banyak sekali kini produk sambal rumahan yang dikemas ke dalam stoples agar bisa tahan lama.

Buat racikan atau resep sambal ciri khas kamu sendiri yang bisa membedakannya dengan sambal buatan orang lain agar sambal kemasan stoples yang kamu jual bisa menjaring pelanggan setia.

Dibutuhkan kesabaran dan uji coba sebelum kamu dapat menemukan racikan sambal yang pedas, gurih, dan lezat, tapi sebagai opsi, kamu juga dapat menambahkan suwiran ikan tongkol, cumi asin, atau petai ke dalam sambal stoples yang kamu jual.

3. Rice Bowl dengan Cita Rasa Nusantara

Konsep rice bowl yang hadir akibat pengaruh dari negara Jepang, kini tengah banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Selain bercita rasa lezat, kemasan rice bowl yang praktis pun dapat memudahkan kita untuk menyantapnya kapan pun dan di mana pun.

Mungkin menu-menu seperti donburi dengan pilihan lauk khas Jepang bisa kita modifikasi dengan lauk pauk dari Nusantara yang kaya akan rempah dan cita rasa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa menghadirkan ikan tongkol bumbu merah, rendang, ayam suwir sambal hijau, sampai lotek ke dalam menu rice bowl yang kamu jual, sehingga bisa memberikan sensasi yang berbeda untuk konsumen saat menikmatinya.

4. Dessert Box

Dessert atau hidangan yang manis tidak akan pernah sepi pelanggan, karena hampir semua orang menyukai dan menikmati dessert sebagai pencuci mulut setelah makan.

Salah satu makanan manis yang sedang viral dan digemari oleh banyak orang adalah dessert box yang bisa kamu sesuaikan berdasarkan selera konsumen, seperti tiramisu, black forest, atau cheesecake.

Ukuran dan wadah dessert box yang compact memudahkan pembeli untuk memakannya, apalagi kamu hanya tinggal menyuapnya menggunakan sendok dalam sekali lahap.

5. Frozen Food

Kehadiran frozen food sangat memudahkan kebutuhan banyak orang akan makanan yang enak dan mudah disajikan dengan hanya menggorengnya kembali sebelum dinikmati.

Frozen food memiliki beberapa ragam pilihan, seperti sosis, chicken nugget, bakso, hingga kentang goreng yang akan cocok sebagai lauk yang mengenyangkan.

Harga frozen food yang tergolong bersahabat di kantong juga menjadi alasan yang kuat mengapa makanan yang satu jni akan cocok menjadi produk bisnis makanan online rumahan.

6. Kue Kering

Bisnis makanan online rumahan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjual kue kering yang memang sudah sangat populer banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Kue-kue kering seperti nastar, putri salju, hingga kastengel bisa menjadi produk yang menjanjikan untuk dibuat bisnis online.

Apalagi saat perayaan Idul Fitri atau Natal, kehadiran kue kering kerap diburu oleh konsumen sebagai hantaran parsel untuk dikirim ke orang-orang terkasih.

Jika keenam ide bisnis makanan online rumahan yang telah disebutkan masih terasa kurang, rekomendasi buku berikut ini bisa menjadi bahan inspirasi untuk kamu.

Buku 100 Resep Makanan Laris Dijual ala Dapur Mak Evi dapat memberikan ide untuk menu makanan yang bisa kamu jadikan bisnis makanan online rumahan.

Resep andalan yang selalu dimasak oleh Evi adalah rendang, pempek, puding, jajanan pasar, bolu, dan aneka kue yang pastinya akan laku untuk dijadikan bisnis makanan online rumahan.

Berisi 100 resep makanan, buku ini akan memberikan petunjuk bagi kamu untuk membuat makanan yang lezat dan laris dijual ala Mak Evi.

Bukunya bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com dan selamat mencoba berbisnis makanan online rumahan!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com