Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Usaha Sampingan di Rumah yang Layak Dicoba

Kompas.com - 27/03/2024, 09:00 WIB
Usaha Sampingan di Rumah  Sumber Gambar: Pexels.com Usaha Sampingan di Rumah 
Rujukan artikel ini:
Jadi Content Creator? Siapa Takut!
Pengarang: JEFFERLY HELIANTHUSONFRI
|
Editor Ratih Widiastuty

Kebutuhan hidup yang semakin mahal menuntut banyak orang untuk dapat memutar otak mencari penghasilan tambahan.

Salah satu opsi untuk mendapatkan pundi-pundi uang tambahan adalah dengan membuka usaha sampingan yang tentunya dapat dilakukan di rumah agar lebih memudahkan.

Usaha sampingan yang dikerjakan di rumah diharapkan tidak perlu banyak memakan waktu, tenaga, dan modal yang terlalu besar karena memang tujuan awalnya hanya sebagai penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama.

Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih akan memudahkan siapa saja dalam membuka usaha sampingan di rumah.

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan mencari ide usaha sampingan yang terasa cocok dengan kondisi kita saat ini.

Setelah membuat rencana yang tepat dan matang akan ide usaha sampingan di rumah tentunya akan memudahkan kita dalam mengeksekusinya.

Ditambah lagi sudah banyak sekali opsi usaha sampingan di rumah yang dapat dipilih di era digitalisasi seperti sekarang.

Selain bisa dikerjakan di rumah saja, usaha sampingan ini juga dapat berpotensi menghasilkan pendapatan yang menjanjikan jika ditekuni secara serius.

Apa saja usaha sampingan di rumah yang bisa dicoba? Berikut 5 usaha sampingan di rumah yang bisa dijadikan pilihan.

5 Usaha Sampingan di Rumah

1. Toko Online

Ide usaha sampingan di rumah yang pertama adalah membuka toko online.

Di era digitalisasi seperti saat ini, membuka toko online di rumah sudah sangat mudah.

Apalagi kehadiran e-commerce memberikan kemudahan untuk berjualan secara online dengan menjangkau pembeli hingga ke pelosok Indonesia bahkan seluruh dunia.

Barang yang bisa dijual juga beragam, mulai dari pakaian, makanan, atau bahkan sembako sekalipun bisa ditawarkan melalui toko online.

Kehadiran toko online juga akan membantu mengurangi modal yang dikeluarkan untuk menyewa tempat seperti toko offline.

2. Katering

Ide usaha sampingan di rumah selanjutnya adalah menjalankan bisnis katering, khususnya bagi yang suka dan hobi memasak.

Usaha katering yang akan dijalankan pun tidak perlu besar, tapi cukup kecil-kecilan saja agar bisa membagi waktu dengan pekerjaan utama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Modal yang akan dikeluarkan pun tidak terlalu banyak karena semua proses memasak dilakukan di rumah.

Ketika ada konsumen yang memesan barulah kita membeli bahan-bahan makanan sehingga tidak banyak memakan biaya dan waktu.

3. Copywriter

Ide usaha sampingan di rumah yang ketiga adalah dengan menjadi copywriter yang saat ini banyak sekali dibutuhkan oleh berbagai macam industri.

Pasalnya, banyak perusahaan yang melakukan marketing menggunakan copywriting yang mengharuskan kemampuan menulis sekaligus branding yang mumpuni.

Memilih menjadi seorang copywriter pun bisa dilakukan secara freelance karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulisan untuk membuat artikel sebagai salah satu strategi marketing.

Selain harus mempunyai skill menulis, hanya dengan modal gadget saja kita sudah bisa menjadi seorang copywriter.

4. Membuka Warung

Kebutuhan pokok sehari-hari tentunya akan dibutuhkan oleh semua orang sehingga ide usaha membuka warung bisa dijadikan opsi.

Membuka usaha warung sendiri bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan teras sebagai tempat usaha.

Beberapa kebutuhan pokok seperti beras, mi instan, sabun, sampo, dan lain sebagainya bisa dipilih sebagai barang-barang yang akan dijual.

Tidak hanya itu, beberapa layanan seperti top-up e-money, bayar listrik, dan lain sebagainya bisa menjadi pundi-pundi lainnya.

5. Content Creator

Menjadi content creator merupakan pilihan profesi sampingan yang bisa dilakukan di rumah karena tidak terbatas ruang dan waktu.

Memilih menjadi content creator juga tidak dibatasi usia sehingga siapa saja bisa menjadikannya pilihan usaha sampingan di rumah.

Era digital yang memudahkan siapa saja untuk membuat dan membagikan konten apa pun semakin membuat profesi yang satu ini semakin terlihat menjanjikan.

Beberapa platform seperti YouTube, Instagram, hingga TikTok memang sudah mulai membayar beberapa content creator yang mampu menarik banyak audiens.

Bagi kamu yang berminat dan tertarik menjadi content creator, maka buku Jadi Content Creator? Siapa Takut dapat dijadikan pedoman yang tepat untuk mempelajarinya.

Buku ini berisi panduan lengkap, step by step untuk menjadi seorang content creator yang tentunya mudah untuk dipahami.

Segera pesan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com