Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Bisnis Online untuk Pelajar, Mudah, Praktis, dan Fleksibel

Kompas.com - 15/03/2022, 11:13 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Ide Bisnis Modal Tipis 500…
Pengarang: Evita P Purnamasari
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Memulai dan merintis usaha di usia muda mungkin terdengar agak sulit, apalagi jika kamu masih berstatus sebagai seorang pelajar.

Kewajiban utama seorang pelajar sebenarnya adalah menuntut ilmu demi masa depan yang lebih baik, tapi selama masih muda, tidak ada salahnya juga untuk mencoba berbisnis secara mandiri, karena dunia bisnis memang menjanjikan beragam pengalaman dan bekal yang akan sangat bermanfaat bagi kamu setelah lulus nanti.

Selain itu, berbisnis secara mandiri juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang membutuhkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan.

Salah satu hambatan para pelajar ketika ingin memulai bisnis sebenarnya adalah modal, karena tidak bisa dipungkiri kalau semua bisnis memang membutuhkan modal untuk bisa berkembang.

Tapi hambatan modal ini sebenarnya masih bisa diatasi, misalnya dengan mencoba bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal seperti berbisnis online.

Di era internet seperti sekarang, bisnis online bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tanpa perlu menyewa toko yang harganya sudah pasti mahal.

Untuk kamu yang tertarik dan ingin mencoba berbisnis, berikut ini ada lima ide bisnis online untuk pelajar yang mudah, praktis, dan bisa dilakukan di mana saja.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar

1. Menjadi Reseller

Jika kamu ingin berbisnis tanpa harus repot memikirkan proses produksi yang memakan waktu lama, kamu bisa coba untuk berbisnis dengan sistem reseller.

Sebelum memutuskan untuk menjadi reseller, kamu harus mencari supplier yang bisa memberikan harga yang bersahabat, supaya produk yang kamu jual kembali ke konsumen juga tetap bisa bersaing di pasaran.

Produk ini bisa berupa apa saja, mulai dari kosmetik, skincare, pakaian, makanan, dan masih banyak lagi.

Tapi bagi kamu yang tidak memiliki banyak modal, kamu juga bisa coba untuk menerapkan sistem pre order.

Caranya dengan menawarkan produknya terlebih dahulu, jadi saat pesanan dari konsumen sudah terkumpul, kamu bisa langsung melakukan pembelian ke supplier.

2. Menjadi Dropshipper

Apabila kamu masih berat menjadi reseller karena terkendala modal, maka kamu bisa mencoba untuk menjadi dropshipper, karena dengan cara ini kamu tidak diharuskan untuk membeli produknya terlebih dahulu.

Menjadi dropshipper hanya perlu fokus dengan pemasaran saja, karena saat ada konsumen yang tertarik untuk membeli produknya, kamu tinggal memberikannya kepada pihak supplier untuk mengurus pengemasan dan pengirimannya.

Hal yang harus kamu perhatikan saat menjadi dropshipper adalah usahakan untuk selalu memastikan ketersediaan produk kepada pihak supplier, supaya pihak konsumen tidak merasa rugi karena kehabisan stok.

3. Menjual Barang Preloved

Ide bisnis tanpa modal untuk pelajar yang selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai tapi masih dalam kondisi bagus, untuk kamu jual kembali dengan cara preloved.

Belakangan ini memang sedang ramai penjualan barang bekas atau thrift mulai dari pakaian, mainan, action figure, poster artis atau band idola, kaset atau CD musik, dan masih banyak lagi.

Tapi kalau kamu tidak menemukan barang-barang bekas dari rumahmu sendiri, kamu bisa coba untuk mencari supplier yang biasanya menjual barang-barang preloved, baru kemudian kamu bisa mulai menjualnya melalui media sosial atau marketplace.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Menjadi Freelancer

Pekerjaan sebagai freelancer saat ini sedang banyak dicari oleh para pelajar, selain bisa memberikan cuan tambahan, waktu bekerjanya pun cukup fleksibel sehingga memudahkan para pelajar untuk membagi waktunya antara bekerja dan melakukan kewajiban di sekolah.

Freelance memang membuka kesempatan bagi para pelajar yang ingin berbisnis tapi tidak punya banyak modal, karena yang paling utama dari seorang freelancer adalah keahlian dan ketekunan dalam menghasilkan tulisan-tulisan yang sesuai dengan permintaan klien atau brand yang meng-hire kamu.

Beberapa contoh pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan adalah content writer, penerjemah, atau admin di platform tertentu.

5. Menjual Jasa Desain Grafis

Bagi para pelajar yang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis seperti desain logo, desain kaos, template brosur, dan lainnya, kamu bisa mencoba untuk menawarkan jasa ini kepada pelanggan dengan menunjukkan portofolio yang kamu punya.

Portofolio ini bisa kamu buat dalam bentuk website atau Instagram.

Jadi, selain untuk mendapatkan uang tambahan, kamu juga tetap bisa mengasah skill lewat cara ini.

Ada banyak platform yang bisa kamu jadikan lahan untuk menjual hasil desainmu, misalnya di Shutterstock atau Freepik, tapi jangan lupa juga untuk meletakkan watermark agar karyamu tidak diakui oleh orang lain.

Itu dia beberapa ide bisnis online tanpa modal yang bisa dicoba oleh para pelajar.

Kamu bisa memilih berdasarkan minat dan hobi kamu.

Selagi masih muda dan penuh semangat, kamu bisa menjadikan hal ini sebagai kesempatan yang sangat baik untuk belajar dan mengembangkan jiwa entrepreneur di dalam diri kamu.

Walaupun terdengar mustahil, tapi di era milenial seperti sekarang, ketekunan, konsistensi, kreativitas, dan kerja keras adalah hal yang paling utama dalam berbisnis, sementara modal masih bisa dicari lewat jalan lain.

Berbicara mengenai bisnis dengan modal kecil, buku Ide Bisnis Modal Tipis 500 Ribuan karya Evita P Purnamasari juga memberikan beberapa ide bisnis lain yang bisa kamu coba.

Buku ini akan menyajikan beragam ide dan inovasi yang sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin merintis bisnis, ada lebih dari 60 ide bisnis dengan modal tipis tapi tetap menguntungkan dan bisa menghasilkan banyak cuan.

Selain ide bisnis, penulis juga menyelipkan cara untuk menerapkan strategi bisnis dan tips berwirausaha yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Dengan pembahasan yang detail, bahasa yang ringan dan mudah dipahami, buku ini siap untuk menemani kamu dalam merintis dan mengembangkan bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Jadi, tunggu apalagi? Bagi kamu yang tertarik untuk membeli buku ini, kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com.

Dapatkan juga gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com