Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Usaha Reseller yang Menguntungkan dan Tips Sukses Menjadi Reseller

Kompas.com - 20/01/2022, 16:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Terbongkar Cara Gila Meledakkan Bisnis…
Pengarang: Victa Etriany
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Saat ini perkembangan teknologi dan informasi seolah menjadi pembuka peluang untuk berbisnis, salah satunya adalah bisnis online.

Dengan banyaknya bisnis online yang tersedia, kamu bisa bebas memilih salah satu yang membuat kamu tertarik, salah satunya adalah menjadi reseller.

Usaha reseller ini menjadi salah satu usaha yang mudah dan menguntungkan, serta bisa dilakukan oleh siapa saja, yang penting memiliki niat, kerja keras, dan sikap pantang menyerah.

Reseller ini adalah seorang pelaku usaha yang menjual suatu produk, yang didapatkan dari produsen atau supplier dengan harga yang rendah, kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi kepada konsumen.

Usaha reseller ini memiliki dua sistem yang berbeda.

Pertama, kamu memilih supplier dan membeli banyak produk dari mereka untuk kemudian kamu jual kembali kepada para konsumen.

Kedua, kamu memilih supplier yang kamu inginkan, kemudian kamu membantu untuk mempromosikan produknya, jika ada konsumen yang tertarik kamu tinggal memberikan nomor suppliernya untuk dihubungi. Jika konsumen sepakat, kamu akan mendapatkan komisi dari hasil penjualannya.

Kalau kamu tertarik untuk membuka usaha reseller, kamu bisa membaca beberapa rekomendasi ide usaha reseller yang menarik berikut ini.

Ide Usaha Reseller yang Bisa Kamu Coba

1. Pakaian

Produk pakaian ini merupakan salah satu produk yang paling banyak dipilih para reseller untuk dijual, karena peluang dan target pasarnya sangat luas, mulai dari pria maupun wanita dari berbagai kalangan usia.

Selain target pasar, produk pakaian juga punya jenis dan motif yang sangat beragam sehingga kamu bisa punya banyak pilihan untuk dijual.

Sebelum memulai usaha ini, kamu harus lebih dulu menentukan target pasar yang kamu inginkan, baru memilih jenis pakaian yang akan kamu jual.

Kamu juga harus memilih supplier pakaian yang terpercaya supaya usaha reseller kamu bisa berjalan dengan baik dan punya peluang untuk mendapat penghasilan yang tinggi.

2. Produk Kecantikan

Seperti produk pakaian, produk kecantikan juga menjadi salah satu peluang reseller yang cukup menjanjikan, karena menjadi salah satu hal penting yang harus ada untuk menunjang aktivitas, terutama untuk konsumen wanita.

Jadi tidak heran kalau produk kecantikan menjadi salah satu produk yang paling laris untuk dijual kembali.

Kamu juga bisa memilih jenis produk kecantikan mana yang akan kamu jual, bisa berupa make up, produk perawatan kulit, perawatan tubuh, perawatan rambut, dan masih banyak pilihan lainnya.

3. Aksesoris Handphone

Handphone saat ini menjadi komoditas utama yang menjadi pendukung aktivitas masyarakat, baik dalam pekerjaan maupun hal lainnya.

Melihat besarnya minat dan kebutuhan masyarakat terhadap alat komunikasi yang satu ini, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang untuk membuka usaha reseller aksesoris handphone.

Kamu bisa menjual berbagai jenis aksesoris mulai dari charger, headset, earphone, casing, screen guard, gantungan handphone, dan masih banyak lagi.

Dengan tingginya antusias masyarakat, usaha reseller kamu ini bisa menjadi usaha yang menguntungkan, dan yang paling penting kamu harus menjual produk yang orisinil supaya produknya lebih terpercaya.

4. Pulsa dan Paket Internet

Selain aksesoris handphone, pulsa dan paket internet juga menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari handphone karena untuk bisa berkomunikasi dan beraktifitas, masyarakat membutuhkan pulsa dan paket internet yang memadai.

Ide bisnis reseller yang satu ini akan sangat menguntungkan, karena konsumen akan selalu membutuhkan pulsa dan paket internet, sehingga usaha kamu dijamin tidak akan sepi.

Kamu bisa lebih dulu mencari agen pulsa dan paket data yang harganya jauh lebih murah dan terpercaya, kamu juga bisa menjualnya lebih murah dibandingkan reseller lain untuk bisa menarik minat konsumen.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tips Sukses Menjadi Reseller

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai usaha sebagai reseller, kamu harus lebih memperhatikan beberapa hal yang harus kamu lakukan.

Dengan memperhitungkan hal ini, kamu jadi bisa lebih fokus dan usaha kamu memiliki peluang untuk berhasil.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjadi reseller yang sukses.

1. Menentukan Produk

Langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum menjadi reseller adalah memilih dan menentukan produk apa yang akan kamu jual.

Tentunya hal ini perlu banyak pertimbangan, kamu harus pintar memilih produk yang sedang populer dan dibutuhkan banyak konsumen.

Setelah menentukan produknya, kamu bisa mencoba untuk mengetahui kualitas produknya supaya usaha kamu lebih terpercaya dan diminati konsumen.

2. Membuat Konten yang Menarik untuk Promosi

Promosi merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis, tapi dalam usaha reseller, kamu sebenarnya tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk promosi karena kamu bisa melakukannya melalui online.

Saat ini sudah banyak media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk jualanmu, seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, dan kamu juga bisa coba untuk bergabung dengan grup jualan di Facebook yang sudah punya banyak anggota.

Untuk mempromosikannya kamu membutuhkan konten promosi sendiri agar terlihat unik dan berbeda daripada reseller lainnya.

Kamu bisa coba untuk membuat konten video dengan berbagai editan yang menarik.

Jika kamu konsisten mengeluarkan ide-ide promosi konten yang menarik, maka jumlah penjualan produk kamu bisa lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

3. Memiliki Hubungan Komunikasi yang Baik

Selain melakukan banyak promosi yang menarik, kamu juga harus bisa menjalin hubungan komunikasi yang baik, dengan supplier dan juga dengan konsumen yang berniat membeli produk yang kamu jual.

Komunikasi yang baik dan responsif punya peran penting dalam keberhasilan usaha reseller ini, karena saat konsumen senang, mereka akan membeli produk yang kamu jual dan usahamu juga akan mendapat review atau penilaian yang baik.

Selain menjadi reseller, masih banyak lagi jenis bisnis online yang bisa kamu lakukan, kamu bisa membacanya dalam buku Terbongkar Cara Gila Meledakkan Bisnis Online Lewat 9 Jalan Pintas karya Victa Etriany.

Pada era digital, bisnis online memang menjadi salah satu pilihan untuk bisa meraih kesuksesan.

Dengan berbekal smartphone, kamu sudah bisa memulai sebuah bisnis online.

Melalui buku ini, kamu akan diberikan beberapa rekomendasi bisnis online yang bisa kamu coba.

Selain itu, buku ini juga akan mengupas secara lengkap metode-metode yang bisa kamu gunakan untuk sukses berbisnis online, mulai dari membangun etalase digital, teknik memulai dan menjalankan bisnis, sampai bagaimana cara untuk menjalin komunikasi yang baik dengan calon konsumen.

Setelah membaca buku ini, kamu bisa langsung mencoba untuk mempraktikkan berbagai metodenya dalam bisnis yang akan kamu jalani.

Jika kamu tertarik membaca buku ini lebih dalam, kamu bisa membeli bukunya melalui online di website Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli bukunya sekarang dengan harga yang lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com