Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Ingin Mencoba Bisnis Baju Online? Simak Cara Memulai Bisnisnya Berikut Ini!

Kompas.com - 28/12/2021, 09:13 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Step by Step Membuat Toko…
Pengarang: Dedik Kurniawan
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Dalam beberapa tahun belakangan ini, bisnis online tengah digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.

Didukung dengan teknologi yang semakin berkembang pesat dari hari ke hari, akhirnya membuat aktivitas jual beli online jadi semakin meningkat.

Bisnis online ini juga tidak membutuhkan tempat atau lokasi usaha yang besar, kamu bisa berjualan dimana saja dan kapan saja, bisnis ini sangat cocok kamu jadikan pekerjaan sambilan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika bisnis kamu sudah punya banyak peminat, kamu juga bisa menjadikan bisnis ini sebagai sumber pendapatan utama.

Saat ini sudah banyak sekali produk yang bisa kamu tawarkan melalui online, salah satunya adalah bisnis baju atau pakaian yang ternyata memiliki banyak peminat dan bisa membuka peluang bisnis yang menjanjikan.

Jika kamu tertarik dan ingin mencoba membuka bisnis pakaian online, simak beberapa cara untuk memulai bisnisnya berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Online Baju

1. Melakukan Survei Pasar

Sebelum menentukan produk atau jenis pakaian yang ingin kamu jual, kamu bisa melihat kebutuhan pasar terlebih dulu.

Kebutuhan pasar atau dalam istilah bisnis biasanya dikenal dengan nama segmentasi pasar adalah sebuah kegiatan membagi beberapa kelompok pembeli yang berbeda, disesuaikan dengan rentang usia, kebutuhan, karakteristik, dan masih banyak lagi.

Misalnya kamu memutuskan untuk menjual baju batik, kamu harus sadar bahwa pasar yang akan kamu hadapi ini sangat luas, jadi kamu harus memikirkan bagaimana caranya supaya usaha batik kamu terlihat beda dibanding para kompetitor yang lain.

Kamu juga bisa mengadakan berbagai promo atau diskon yang menarik supaya pelanggan tertarik untuk membeli produk dari kamu.

Nah, setelah kamu selesai melakukan survei pasar, kamu bisa menentukan produk pakaian apa yang akan kamu jual dan kepada siapa saja target pasar yang akan kamu tuju.

2. Buka Toko Online

Karena kamu ingin mulai mencoba bisnis online, kamu bisa membuka sebuah website, marketplace, atau akun media sosial sebagai sarana untuk menjual berbagai produk.

Jika target pasar yang kamu tentukan sebelumnya adalah para anak muda, kamu bisa menggunakan media sosial seperti Instagram dan Twitter, tapi jika target kamu adalah para orang-orang dewasa kamu bisa menggunakan Facebook.

Namun karena saat ini kebanyakan masyarakat sudah beralih ke marketplace, kamu juga bisa membuka toko online di banyak marketplace yang sudah tersedia misalnya Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan masih banyak lagi.

3. Ambil Foto Produk yang Menarik

Jika kamu ingin membuka bisnis baju online, kamu harus memanjakan mata konsumen dengan visualisasi produk yang menarik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Saat kamu mengabaikan hal ini dan memasang foto produk yang ala kadarnya, buram, dan tidak jelas, maka konsumen pasti enggan untuk membelinya.

Oleh karena itu, menyiapkan foto yang bagus menjadi salah satu cara menjual baju lewat online yang harus kamu praktekkan.

Kamu mungkin bisa menggunakan setting kamera khusus untuk membuat foto kamu terlihat lebih menarik.

Jangan lupa untuk melibatkan model atau influencer dalam materi promosinya sehingga produk kamu bisa semakin dipercaya oleh masyarakat.

4. Pelajari Dasar Pemasaran Digital

Untuk memasarkan produk, kamu juga butuh strategi yang tepat supaya produk yang kamu jual bisa diketahui banyak orang.

Tentu saja dengan kemudahan internet di zaman sekarang, pemasaran produk jadi lebih mudah dan efektif.

Kamu tinggal memasarkan produknya ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp Status, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa belajar teknik pemasaran dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization), sehingga bisa mempermudah calon pembeli untuk menemukan produk kamu di situs pencarian Google.

5. Hati-Hati dalam Mengatur Keuangan

Masalah keuangan bisa menjadi salah satu penyebab gagalnya bisnis online yang sedang kamu jalani, oleh karena itu kamu harus memahami pentingnya manajemen keuangan sehingga kamu bisa mengaturnya dengan bijak.

Misalnya, kamu bisa memisahkan uang pribadi dengan uang hasil bisnis supaya tidak tercampur.

Uang hasil bisnis inilah yang akan digunakan untuk kepentingan operasional bisnismu, jadi jangan sampai tercecer dan berantakan.

Saat bisnismu mulai laku di pasaran, kamu bisa mulai membuat sistem keuangan yang lebih baik atau kamu bisa menyewa jasa akuntan yang terpercaya supaya sistem keuangan kamu bisa lebih jelas dan terjamin.

Nah, buat kamu yang tertarik ingin membuka bisnis baju online tapi masih kebingungan bagaimana cara membuat dan membangun toko online yang tepat, kamu bisa membaca buku Step by Step Membuat Toko Online karya Dedik Kurniawan.

Membuka dan membangun toko online tidaklah sulit, karena dengan buku ini kamu akan dituntun secara tahap demi tahap untuk membuat toko online yang modern dan super canggih.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam buku ini, seperti misalnya cara merancang, mendaftar, dan membangun toko online, kemudian mengenalkan kamu berbagai template dalam bisnis online yang bisa menarik banyak konsumen, dan kamu juga akan diberikan berbagai script untuk memasarkan produkmu.

Jadi, tunggu apalagi? Kamu bisa membeli buku ini melalui online di Gramedia.com atau membeli versi digitalnya di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com