Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Bisnis Online yang Menguntungkan, Tertarik untuk Mencobanya?

Kompas.com - 27/12/2021, 08:57 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
15+ Social Media Marketing Apps
Pengarang: Jefferly Helianthusonfri
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Seperti namanya, bisnis online merupakan sebuah bisnis yang bisa dijalankan melalui internet, jadi berbagai aktivitas jual beli, pelayanan kepada konsumen, promosi produk, semuanya dilakukan melalui online.

Bisnis online saat ini sudah menjadi bisnis yang bisa diandalkan oleh masyarakat, anda juga tidak perlu membuka toko offline karena anda bisa menjual produknya dimana saja dan kapan saja.

Jangkauan bisnis online ini juga sangat luas, anda bisa menjual berbagai produk barang, jasa, maupun digital kepada konsumen di berbagai wilayah Indonesia, atau bahkan sampai ke luar negeri.

Selain itu, anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai sebuah bisnis, apalagi untuk para pemula yang masih belum berani mengambil resiko akan adanya kegagalan, atau bahkan ada beberapa bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal tapi masih bisa menghasilkan cuan.

Nah, sebelum anda memulai untuk membuka bisnis online, anda perlu mengetahui jenis-jenis bisnis online terlebih dahulu.

Pengetahuan ini sangat penting supaya anda bisa terhindar dari adanya kejahatan yang ada dalam sistem bisnis online.

Dari banyaknya jenis bisnis online yang tersedia, berikut adalah jenis bisnis online yang menguntungkan untuk bisa anda coba.

Jenis Bisnis Online yang Menguntungkan

1. Dropshipping

Dropshipping ini merupakan salah satu jenis bisnis online yang diminati oleh banyak orang, anda bisa mencoba untuk menjalankan bisnis ini hanya dengan bermodalkan koneksi internet, smartphone, dan laptop.

Untuk memulai usaha dropshipping, anda harus menentukan dulu ingin menjual produk apa, kemudian anda bisa mulai mencari produsen yang menjual berbagai produk yang ingin anda tawarkan kepada konsumen.

Setelah berhasil menemukan produsen yang menjual produknya, anda bisa mulai membangun kerjasama, dimana anda berperan sebagai dropshipper yang bertanggung jawab dalam pemasaran produk, dalam hal ini anda juga bebas menentukan harga yang akan dijual kepada konsumen.

Sistem dropship ini bertujuan untuk menjembatani hubungan antara produsen dan konsumen, anda hanya perlu mempromosikan berbagai produknya ke media sosial, jika ada konsumen yang tertarik, anda tinggal meneruskan informasinya kepada produsen.

Bisnis yang satu ini terbilang mudah, karena anda tidak harus membeli produknya, karena setelah mendapat informasi pembelian, barang akan langsung dikirimkan oleh produsen kepada konsumen tanpa harus melalui anda terlebih dahulu.

2. Affiliate Marketing

Affiliate marketing ini adalah bisnis yang tujuannya memasarkan produk milik orang lain melalui online, jika dalam bisnis dropshipping anda bebas menentukan harga produk, maka dalam affiliate marketing ini anda tidak bisa menaikkan harga produk, tapi anda akan mendapat komisi jika konsumen berhasil menyelesaikan pembelian produknya.

Misalnya jika harga satu produk Rp 100.000 maka anda bisa mendapat komisi sekitar Rp 25.000 sampai Rp 50.000, semuanya tergantung dari kesepakatan yang sudah dibuat di awal bisnis ini berjalan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika anda memiliki jaringan sosial yang luas dan mampu bernegosiasi dengan baik, maka bisnis affiliate marketing ini bisa dijalankan dengan mudah dan anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Online Shop

Bisnis yang satu ini pasti sudah sangat familier dan menjadi bisnis yang digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Online shop ini pada dasarnya sama seperti toko pada umumnya, anda bisa menjual berbagai produk maupun jasa kepada konsumen, tapi media yang dipakai adalah media online seperti Instagram, Twitter, WhatsApp, Facebook, dan masih banyak lagi.

Selain menggunakan media sosial, anda juga bisa memanfaatkan berbagai platform marketplace jual beli online yang saat ini juga bisa digunakan secara gratis seperti misalnya Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya.

Dari banyaknya survey pelanggan marketplace, kebanyakan dari mereka memilih berbelanja melalui online karena harga produk lebih murah daripada di pasaran, model dan jenis produknya lebih beragam, tidak perlu repot keluar rumah untuk belanja, dan yang paling penting adalah karena banyaknya diskon atau promo yang menarik perhatian mereka.

4. Pay Per Click (PPC)

Bisnis ini pada dasarnya hampir sama dengan sistem affiliate marketing, anda akan mendapatkan komisi jika ada konsumen yang mengklik tautan produk pada situs website anda.

Tapi pada bisnis PPC, besaran komisi yang akan anda dapatkan ini bergantung pada penyedia layanan bisnis PPCnya, seperti misalnya Google AdSense, Adsensecamp.com, dan masih banyak lagi.

Untuk membuatnya lebih menarik, anda bisa mencoba untuk meletakkan gambar, teks, atau gif pada halaman website, tapi usahakan untuk menaruh tautannya pada tempat yang mudah untuk dijangkau, jangan sampai mengganggu kenyamanan orang-orang yang sedang berkunjung ke situs website anda.

Jika anda sudah mengetahui jenis-jenis bisnis online yang bisa menghasilkan banyak keuntungan, anda juga harus menyadari bahwa internet dan sosial media ternyata sangat penting dan berpengaruh dalam penjualan bisnis online.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai sosial media yang bisa mendukung kegiatan promosi dan marketing dalam bisnis online, anda bisa membaca buku 15+ Social Media Marketing Apps karya Jefferly Helianthusonfri.

Buku ini akan membahas lebih dari 15 aplikasi yang efektif digunakan dalam bisnis online, yaitu meliputi aplikasi untuk pembuatan konten, aplikasi untuk editing foto dan video, aplikasi keperluan analisis dan evaluasi marketing, dan aplikasi pengelolaan akun media sosial.

Jika anda sudah mengenal media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan Twitter tapi belum tahu bagaimana cara mengelolanya dengan baik, buku ini juga akan mengajarkan anda untuk bisa membangun akun sosial media sekaligus memberikan tips untuk beriklan di media sosial supaya bisa menarik banyak pelanggan.

Selain dalam bentuk tulisan, anda juga akan diberikan puluhan video tutorial yang bisa anda akses dan download sebagai media tambahan untuk belajar marketing bisnis online.

Nah, jika anda tertarik dan ingin belajar lebih dalam lagi mengenai bisnis online dan cara promosinya, anda bisa mencoba untuk membaca buku ini yang bisa dengan mudah anda beli di Gramedia.com atau bisa anda akses versi e-book melalui Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com