Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Online yang Mudah Diterapkan

Kompas.com - 15/12/2021, 21:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Internet Marketing for Your Business
Pengarang: Hardan Gautama, M.J.U Haris…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Walaupun saat ini dunia sedang memasuki era digital dan internet yang semakin berkembang, tapi menjalankan bisnis melalui online sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan.

Hal ini terjadi karena akan banyak persaingan yang harus kamu hadapi dari hari ke hari, sehingga membuatmu harus putar otak agar bisnis yang kamu jalani tetap bisa laris manis di pasaran.

Untuk kamu yang sudah lama menjalankan bisnis online tapi merasa belum ada perkembangan yang signifikan, sepertinya kamu perlu mencoba cara lain supaya bisnis kamu bisa tetap berjalan dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Lantas, apa saja hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis online? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

5 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Online

1. Menentukan Target Pasar yang Tepat

Salah satu hal yang mungkin membuat bisnis kamu kurang berkembang adalah karena produk yang kamu jual tidak sesuai dengan target pasar yang kamu pilih.

Untuk mengatasinya, kamu harus memastikan terlebih dahulu target audience yang kamu rasa cocok dengan produk yang kamu jual.

Misalnya, jika kamu menjual produk fashion yang saat ini sedang tren di kalangan remaja, maka target pasar yang harus kamu tuju adalah para remaja dengan usia berkisar 17-24 tahun.

Dengan menyesuaikan produk dan target audience, maka bisnis kamu bisa semakin mudah untuk berkembang.

2. Berjualan di Marketplace atau E-Commerce

Bukan hanya media sosial, marketplace atau e-commerce juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk berbisnis online, alasannya karena platform ini sudah bisa diakses oleh seluruh masyarakat sehingga peluangmu dalam berbisnis bisa semakin terbuka lebar.

Saat ini kebanyakan orang lebih memilih untuk berbelanja ke marketplace karena dinilai punya kelebihan dibanding membeli di toko offline.

Mereka juga bisa menghemat waktu karena tidak perlu repot keluar rumah.

Jangan lupa untuk menyediakan berbagai potongan harga atau promo yang menarik supaya para pembeli tertarik dan memutuskan untuk membeli produk di tokomu.

3. Coba Gunakan Fitur Instagram ads atau Facebook ads

Jika bisnis online yang kamu kelola belum bisa berkembang sesuai harapan, mungkin kamu bisa mencoba untuk memperluas pasar terlebih dulu, misalnya dengan mengiklankan produk kamu menggunakan fitur Instagram ads atau Facebook ads.

Kamu memang harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mencoba fitur ini, tapi kamu tidak akan rugi karena fitur ini bisa meningkatkan brand exposure dan mendatangkan banyak pembeli baru.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jangan lupa untuk menyiapkan foto dan caption yang menarik saat mengiklankan produk karena Instagram dan Facebook adalah platform yang bentuknya visual.

Semakin bagus gambar yang dipasang maka akan semakin menarik minat pembeli.

4. Cobalah untuk Membuat Email Marketing

Cara ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk bisa mengembangkan bisnis online kamu dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Kamu hanya tinggal membuat promosi yang menarik supaya pelanggan mau mendaftar untuk berlangganan newsletter bisnismu.

Kamu bisa memberikan beberapa penawaran menarik, misalnya seperti akses mudah untuk mendapatkan konten eksklusif, bisa mendapatkan hadiah eksklusif khusus untuk pelanggan yang sudah berlangganan newsletter, dan masih banyak penawaran menarik lainnya yang bisa kamu tawarkan.

5. Memberikan Pelayanan yang Berkualitas

Pelayanan yang berkualitas juga menjadi salah satu cara untuk membuat bisnis online kamu semakin berkembang, karena pembeli akan merasa lebih senang dan bersedia membeli kembali di toko yang punya pelayanan yang baik.

Mulai dengan respon chat pembeli dengan cepat saat mereka bertanya mengenai suatu produk, atau kamu bisa cepat tanggap dan langsung melakukan pengemasan saat pembeli sudah mengonfirmasi pesanan supaya pesanannya bisa lebih cepat sampai.

Sebab, salah satu tolak ukur yang menjadi pertimbangan pembeli saat ingin belanja online adalah pelayanan yang diberikan oleh toko, semakin bagus rating pelayanannya maka akan semakin mudah membuat mereka tertarik untuk berbelanja di toko tersebut.

Untuk kamu yang masih mau belajar lebih dalam lagi mengenai internet marketing untuk meningkatkan penjualan produk, kamu bisa belajar dari buku Internet Marketing for Your Business karya Hardan Gautama, M.J.U Haris Bahrudin, dan Tri Rochmadi.

Buku ini akan banyak mengulas mengenai tujuan adanya internet marketing, pengenalan teknik dalam dunia internet marketing, serta cara menjalankan internet marketing dengan baik dan benar.

Penulis menyajikan buku ini dengan tulisan yang sederhana dan tidak bertele-tele sehingga kamu bisa langsung mempraktekan langkah-langkahnya untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Kamu bisa membeli buku ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com