Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Freelance Content Writer di Masa Depan dan Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis yang Baik

Kompas.com - 20/02/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Jadi Youtuber A-Z (Update Version)
Pengarang: Jubilee Enterprise
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Dibalik sebuah informasi, artikel, dan konten di media sosial, tidak bisa terlepas dari peran orang-orang kreatif yang berprofesi sebagai content writer.

Ditambah lagi dengan semakin canggihnya teknologi dan informasi saat ini, membuat kehadiran para content writer menjadi sangat penting, karena mereka sangat mempermudah masyarakat untuk bisa mencari informasi melalui online di berbagai platform digital.

Tidak heran saat ini banyak sekali perusahaan besar maupun kecil yang membuka lowongan untuk para content writer dalam membuat berbagai macam konten yang biasa dibutuhkan perusahaan.

Selain menulis dan membuat konten, seorang content writer juga bertugas untuk memastikan supaya gambar dan tulisan yang dibuat sudah selaras dan berhubungan dengan profil dan website perusahaan, sehingga bisa lebih menarik minat pembaca.

Seorang content writer juga harus bisa menentukan topik apa saja yang harus ditulis dan berapa target traffic yang harus didapatkan, sehingga profesi ini juga tidak bisa disepelekan begitu saja.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menjadi content writer, ada baiknya kamu belajar untuk meningkatkan kemampuan menulis supaya kamu bisa menghasilkan berbagai konten yang baik dan bisa diterima oleh berbagai perusahaan.

Berikut adalah cara meningkatkan kemampuan menulis yang baik dan bisa kamu pelajari mulai dari sekarang.

Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

1. Banyak Membaca

Tidak bisa dipungkiri bahwa membaca bisa sangat membantu kamu dalam meningkatkan pengetahuan dan menambah kosakata, terutama dalam penulisan artikel.

Pengetahuan dan kosakata ini merupakan dua modal penting untuk menjadi seorang content writer, dengan memahami keduanya kamu akan lebih mudah dalam membuat dan menyusun sebuah artikel dengan baik dan benar.

2. Memahami Search Engine Optimization (SEO)

Sebuah artikel biasanya akan mendapat banyak kunjungan saat muncul di halaman pertama mesin pencarian Google, tapi untuk bisa menduduki halaman pertama ini juga bukan hal yang mudah.

Maka dari itu, seorang content writer harus bisa memahami bagaimana caranya untuk bisa menempatkan berbagai kata kunci dalam sebuah artikel sehingga artikel tersebut juga bisa tampil di halaman pertama dan mendapatkan banyak jumlah kunjungan setiap harinya.

3. Mau Menerima Berbagai Kritik dan Saran

Menjadi seorang content writer juga tidak terlepas dari yang namanya “revisi”, oleh karena itu kamu harus bisa menerima berbagai kritik dan saran yang akan sangat bermanfaat untuk bisa meningkatkan kualitas tulisan yang kamu buat.

4. Menempatkan Diri Sebagai Pembaca

Sebuah artikel ditulis untuk bisa dibaca dan dinikmati para pembaca, oleh karena itu, seorang content writer juga harus bisa menempatkan diri sebagai seorang pembaca.

Hal ini bertujuan untuk bisa menilai apakah tulisan yang kamu tulis sudah baik dan nyaman untuk dibaca oleh banyak orang.

Kamu juga bisa menggunakan alternatif lain seperti misalnya meminta orang lain untuk membaca tulisan kamu sebelum kamu mengunggahnya ke media sosial.

Setelah mempelajari bagaimana cara meningkatkan kemampuan menulis yang baik, kamu juga harus mengetahui peluang seorang freelance content writer di masa depan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Peluang Freelance Content Writer di Masa Depan

1. Perusahaan

Banyak perusahaan saat ini yang mulai membangun website untuk bisa memberikan pelayanan secara online, dan mengusahakan supaya brand mereka semakin dikenal oleh publik.

Oleh karena itu, mereka sangat membutuhkan jasa seorang content creator untuk bisa mengatur dan mengelola website perusahaan, sehingga hubungan antara perusahaan dengan pelanggan bisa berjalan dengan baik.

2. Publisher

Publisher ini adalah orang yang membangun sebuah website dengan tema tertentu, dengan tujuan agar website-nya dikunjungi banyak orang.

Untuk para freelance content writer, kamu akan sangat cocok bekerja kepada para publisher ini karena kamu bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan, dan kamu juga tetap bisa melakukan pekerjaan di bidang lain.

3. Online Shop

Online shop merupakan sebuah platform yang berbasis di dunia maya dan umumnya mereka memasarkan produknya melalui website, media sosial, atau e-commerce.

Para owner online shop tentunya membutuhkan berbagai macam konten untuk bisa meramaikan platformnya dan di sinilah peran para content writer ini sangat dibutuhkan.

Para content writer pastinya diminta untuk membuat dan menyajikan berbagai macam konten untuk membuat para pelanggan tertarik dan membeli berbagai macam produknya, sehingga ikut membantu online shop ini berkembang sedikit demi sedikit.

Berbicara mengenai pembuatan konten, profesi content creator juga saat ini memiliki peluang yang sama untuk bisa berkembang.

Jika content writer adalah orang yang bertanggung jawab membuat konten dalam bentuk tulisan, maka content creator adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat konten dalam bentuk digital seperti foto maupun video.

Saat ini para content creator juga sudah tersebar di beberapa platform seperti Instagram, Youtube, Blogger, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang mau menambah pengetahuan dan mengembangkan keahlian baru untuk menjadi content creator, kamu bisa coba untuk membaca buku Jadi Youtuber A-Z (Update Version) karya Jubilee Enterprise.

Youtube saat ini menjadi sarana terbaik bagi para content creator karena mereka bebas membuat dan mengunggah konten video yang mereka inginkan, melalui buku ini kamu akan diberikan berbagai pemahaman mengenai dasar-dasar Youtube untuk pemula.

Selain itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya mengatur SEO di Youtube dan me-monetize channel Youtube, jadi setelah ini kamu langsung bisa mengelola channel Youtube kamu dengan baik.

Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi content creator terutama di platform Youtube, buku ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkannya.

Kamu bisa membeli buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, dapatkan juga gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com