Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjadi Influencer yang Sukses di Media Sosial

Kompas.com - 01/02/2022, 17:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
How To Win Instagram Trik…
Pengarang: TIM STILETTO BOOK
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Di tengah perkembangan teknologi internet seperti sekarang, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer yang saat ini sudah menjadi profesi kebanyakan orang terutama di media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Tik Tok.

Menjadi seorang influencer ini merupakan salah satu profesi yang sangat didambakan oleh banyak orang, karena dinilai sangat potensial, bisa menjangkau target pasar secara luas, dan pastinya memiliki penghasilan yang menjanjikan.

Hal ini karena semakin kamu digemari banyak orang, maka akan semakin banyak juga brand yang akan meng-hire kamu sebagai salah satu brand ambassador untuk bisa membantu menggaet para pembeli, dan para brand tersebut juga rela mengucurkan dana yang tidak sedikit demi bisa bekerjasama dengan para influencer tersebut.

Walaupun terlihat sangat mudah, tapi menjadi seorang influencer pada kenyataannya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Kamu sangat membutuhkan daya tarik yang besar supaya kamu bisa membuat banyak orang percaya dan membeli berbagai produk yang kamu promosikan.

Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi seorang influencer yang sukses di media sosial, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan berikut ini.

Cara Menjadi Influencer yang Sukses

1. Menentukan Branding-mu Sendiri

Sebelum menjadi seorang influencer, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui bidang apa yang kamu sukai, misalnya musik, fashion, make up, kesehatan, atau masih banyak lagi.

Baru setelah itu kamu bisa menentukan branding-mu sendiri.

Memilih bidang yang kamu sukai akan sangat mempermudah kamu dalam pembuatan konten.

Jika kamu konsisten dengan konten yang kamu buat, maka seiring berjalannya waktu kamu akan semakin mendapatkan atensi publik.

Selain untuk mendapat atensi publik, mem-branding diri sendiri juga membuat pengikut atau followers kamu dipenuhi oleh orang-orang yang juga menyukai konten yang kamu sajikan, sehingga target atau sasaran pasar kamu akan semakin terlihat jelas.

2. Optimalkan Feeds di Media Sosial

Setelah membuat berbagai macam konten yang menarik, jangan lupa juga untuk mengoptimalkan media sosial yang kamu punya, salah satunya adalah merapikan feeds di Instagram.

Feeds Instagram yang rapi akan terlihat lebih menarik dan membuat para pengunjung juga betah untuk mengunjungi akun Instagram kamu serta menikmati berbagai konten yang kamu buat.

Kamu bisa mencoba untuk belajar tools editing di aplikasi VSCO atau Adobe Lightroom untuk menemukan filter foto yang bagus dan sesuai dengan kepribadianmu.

Kemudian kamu bisa unggah di media sosial dan jangan lupa untuk menggunakan caption yang menarik.

Selain itu, jangan lupa untuk memvariasikan konten yang akan kamu unggah.

Jangan terlalu sering mengunggah foto wajah atau OOTD supaya pengikutmu tidak bosan.

Kamu bisa mengakalinya dengan mengunggah foto brand atau foto estetik lainnya yang bisa kamu akses di internet.

3. Mengatur Jadwal Posting Konten

Saat menjadi influencer, kamu harus bisa mencoba untuk menganalisis waktu-waktu tertentu yang tingkat engagement-nya tinggi, sehingga kamu bisa mengatur jadwal yang tepat untuk mengunggah konten di media sosial.

Mengunggah konten baik foto maupun video di waktu yang tepat akan membuat konten kamu lebih mendapatkan banyak perhatian dari penonton.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hindarilah untuk mengunggah konten di tengah malam, karena konten kamu kemungkinan akan tenggelam oleh konten orang lain.

Cobalah untuk mengunggah di siang hari atau di waktu santai saat banyak orang sedang mengakses media sosial.

4. Seringlah Berinteraksi dengan Followers

Tidak hanya aktif dalam menyuguhkan konten yang menarik, menjadi influencer juga harus sering merangkul followers-nya dengan saling berinteraksi satu sama lain.

Kamu bisa memanfaatkan kolom komentar atau fitur story yang saat ini sudah tersedia di media sosial manapun.

Kamu bisa coba untuk menyapa followers, membagikan beberapa pengalaman yang menarik, dan meminta followers kamu juga melakukan hal yang sama.

Dengan begitu kamu akan merasa lebih dekat dengan orang-orang yang selama ini menonton konten-konten kamu.

Selain itu, kamu juga bisa meminta berbagai saran dari followers kamu misalnya mengenai konten baru.

Dari sini kamu akan mengetahui jenis konten apa yang sebenarnya sangat menarik perhatian mereka.

6. Konsistensi adalah Kunci

Dalam bidang apapun, konsisten menjadi salah satu hal yang paling penting dan tidak terkecuali juga bagi para influencer.

Ketika kamu ingin menjadi seorang influencer, kamu harus bisa konsisten dalam banyak hal, seperti konsisten dalam mengunggah konten, konsisten dalam memperhatikan kualitas foto dan video yang diunggah, konsisten dalam membahas berbagai topik yang akan dibahas, dan masih banyak lagi.

Jika kamu menjadi influencer yang tidak konsisten, maka followers kamu bisa kabur sewaktu-waktu karena merasa konten kamu sudah tidak menarik lagi.

Kamu mungkin bisa menggunakan buku planner untuk menulis berbagai macam tema atau jadwal konten yang akan kamu unggah ke media sosial supaya kamu tidak mudah lupa.

Untuk semakin menambah wawasan kamu mengenai dunia influencer di media sosial terutama Instagram, kamu bisa membaca buku How To Win Instagram Trik Menjadi Instagram Influencer yang ditulis oleh Tim Stiletto Book.

Menjadi seorang influencer yang sukses dan punya pengaruh besar memang membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Tapi yang paling penting, kamu harus bersabar dan terus berusaha untuk mengasah kreativitas dalam menyuguhkan berbagai konten yang menarik.

Buku ini akan menyajikan berbagai macam tips dan trik yang menarik, yang bisa kamu gunakan untuk meraih popularitas di dunia Instagram, seperti misalnya:

  • Cara membaca algoritma pengguna instagram
  • Tips membuat feeds Instagram yang kece dengan satu aplikasi
  • Trik untuk membuat konten kamu melejit dan dikenal publik
  • Cara menghasilkan uang dari konten yang kamu unggah

Selain itu, kamu juga akan diberikan cerita dan kisah inspiratif dari para influencer yang berhasil meraih kesuksesannya di usia muda, supaya kamu juga semakin termotivasi untuk bisa sukses sesuai dengan versi kamu sendiri.

Jika kamu tertarik untuk membaca buku ini, kamu bisa membelinya di Gramedia.com.

Kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk segera dapatkan voucher gratisnya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com