Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Sebesar Jumlah Gaji Selebgram

Kompas.com - 28/01/2022, 19:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan…
Pengarang: Jubilee Enterprise
|
Editor Novia Putri Anindhita

Semakin mudahnya dalam mengakses media sosial, kini peluang untuk menjadi terkenal pun semakin terbuka lebar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang yang menjanjikan.

Istilah seperti selebgram pun kini sudah tidak terasa asing lagi karena semakin menjamurnya content creator yang tidak hanya mengandalkan fisik untuk menjadi populer, tapi mereka juga mampu menghasilkan karya yang memang layak mendapatkan penghasilan yang luar biasa.

Kesempatan di era digital ini pun berhasil ditangkap oleh berbagai kalangan untuk mengubah nasib mereka melalui media sosial.

Kini untuk bisa menjadi sorotan, fisik yang rupawan sudah bukan menjadi syarat utama lagi, tapi bakat dan karya yang mumpuni pun mampu mendongkrak nama mereka menjadi seorang selebgram.

Sudah banyak sekali platform yang dapat dipilih untuk membuat sebuah konten menarik yang akan dilirik oleh khalayak umum, salah satunya adalah Instagram yang berawal dari media sosial tempat berbagi foto, kini sudah berkembang pesat menjadi lahan untuk mencari uang.

Instagram pun tidak hanya bisa membuat konten foto, kini sudah banyak fitur yang bisa digunakan untuk mendulang penghasilan bagi para selebgram yang mampu menangkap momen serta peluang.

Namun pertanyaannya, berapakah jumlah gaji yang dihasilkan oleh seorang selebgram? Jika kamu penasaran, baca informasi penting di bawah ini.

Penghasilan Seorang Selebgram

Instagram bisa dibilang kini telah menjadi lahan bisnis baru yang menjanjikan bagi para milenial yang mampu menangkap peluang untuk menjadi seorang selebgram.

Para selebgram ini tidak hanya bisa mengunggah foto yang cantik dan menarik, tapi juga bisa digunakan untuk endorse yang ditawarkan dengan pengikut yang lumayan banyak, di mana biasanya brand, online shop, hingga UMKM kerap menggunakan jasa selebgram untuk mempromosikan produk mereka.

Tarif atau rate card yang diberikan oleh tiap selebgram tentunya berbeda-beda tergantung dari jumlah pengikut serta engagement rate yang mereka miliki di Instagram.

Semakin banyak pengikutnya, semakin tinggi persentase engagement dalam profil Instagramnya, maka semakin mahal pula tarif endorse-nya.

Selebgram yang mempunyai jumlah pengikut sebanyak 50 ribu biasanya mampu menghasilkan uang sejumlah sekitar 1 juta rupiah dalam satu kali unggahan endorsment.

Jadi, dapat kamu bayangkan berapa banyak uang yang dihasilkan oleh selebgram dengan pengikut di atas 50 ribu.

Namun, untuk mendapatkan pengikut yang begitu banyak dibutuhkan usaha yang tidak mudah, sebab seorang selebgram harus mampu membentuk dan membangun personal branding yang kuat agar bisa disukai oleh banyak orang.

Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

1. Buat Personal Branding dan Konten yang Menarik

Buang jauh-jauh terlebih dahulu pikiran tentang ingin menjadi kaya melalui Instagram.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cukup dengan mencurahkan kecintaan terhadap hal apa pun yang kamu sukai dan membagikannya di Instagram, seiring berjalannya waktu uang atau popularitas akan datang dengan sendirinya.

Ciptakan personal branding yang paling terasa cocok dan pas untuk karakter diri kamu dan buat juga konten yang menarik untuk menunjang itu semua agar kamu dapat memiliki ciri khas yang membedakan kamu dengan selebgram lainnya.

2. Terus Konsisten untuk Mengunggah Konten dan Beradaptasi

Konsistensi merupakan kunci lainnya agar akun Instagram yang kamu miliki dapat tumbuh dengan pesat.

Keseriusan dan kerja keras yang kamu lakukan untuk dapat terus mengunggah konten akan membuahkan hasil pada akhirnya.

Biasakan juga untuk bisa beradaptasi dan belajar akan perubahan selera dan fitur yang kerap terjadi dalam Instagram.

Contohnya seperti kehadiran reel yang mungkin pada awalnya akan terasa sulit untuk dibuat kontennya, tapi sekali lagi dengan kemauan dan kerja keras, tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.

3. Manfaatkan Semua Fitur yang Ada di Instagram

Jangan hanya berfokus pada unggahan foto saja, tapi kamu juga harus bisa menggunakan fitur-fitur lainnya yang ada di Instagram, seperti Insta Story, Reel, hingga konten kolaborasi agar akun kamu tampak meyakinkan dan terlihat profesional.

Dengan memanfaatkan seluruh fitur yang ada di Instagram, kamu dapat dengan mudah menjangkau audiens agar jumlah pengikut yang kamu miliki bisa terus bertambah.

Walaupun tampak mudah dan menyenangkan, menjadi seorang selebgram nyatanya tidak dapat dipandang sebelah mata karena ada proses kreatif di belakang hasil unggahan yang mereka bagikan

Untuk kamu yang mau mempelajari dan mengoptimalkan penggunaan Instagram, rekomendasi buku yang satu ini bisa menjadi bahan pembelajaran yang pas dan sesuai.

Buku Instagram untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis adalah jawaban dari semua pertanyaan yang kamu miliki perihal penggunaan Instagram, termasuk untuk menghasilkan uang.

Buku ini akan membantu kamu dalam mengoptimalkan akun Instagram melalui langkah-langkah teknis dan non teknis agar kamu bisa mengetahui fitur dan aplikasi pendukung untuk berbagai hal, salah satunya adalah untuk menjalankan bisnis.

Salah satu keunggulan lainnya dari buku ini adalah berisi beberapa contoh template yang akan menolong kamu untuk membuat konten yang menarik.

Buku ini bisa kamu pesan di Gramedia.com dan selamat belajar memahami cara kerja Instagram untuk bisa menghasilkan uang.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com