Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memulai Karir sebagai Youtuber? Simak Cara Menghitung Gaji Youtuber Berikut Ini

Kompas.com - 04/02/2022, 11:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Step-By-Step Menjadi Youtuber
Pengarang: Dedik Kurniawan
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Youtube saat ini menjadi salah satu platform atau media online yang banyak dijadikan sebagai ladang usaha untuk mencari pundi-pundi rupiah, terutama untuk para youtuber.

Berbagai cara dilakukan oleh para youtuber untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang jumlahnya fantastis, seperti misalnya membuat konten selama berjam-jam dan mengunggahnya ke channel pribadi mereka,

Padahal sebenarnya, ada berbagai syarat yang harus dipenuhi oleh para youtuber jika mereka ingin mendapatkan gaji dari Youtube.

Mereka juga harus lebih dahulu memahami bagaimana caranya untuk menghitung pendapatan yang akan mereka dapatkan dari berbagai konten yang mereka hasilkan.

Pihak Youtube juga memberikan beberapa syarat atau kebijakan yang harus dijalani oleh para youtuber yang ingin mendapatkan penghasilan dari youtube, atau biasanya disebut dengan monetisasi.

Syarat Mendapatkan Penghasilan dari Youtube

  • Mengunggah berbagai konten yang menarik dan tetap sesuai dengan kebijakan Youtube, yaitu tidak mengunggah konten yang berbau pornografi atau kekerasan, bebas dari plagiat, dan tidak melanggar hak cipta.
  • Mendapatkan 1.000 subscriber dan 4 ribu jumlah penayangan video dalam satu tahun terakhir.
  • Tempat tinggal kamu masuk ke dalam negara atau wilayah yang termasuk dalam Youtube Partner.
  • Sudah terhubung dengan Google Adsense, yaitu dengan cara:
  1. Masuk ke menu “Creator Studio”, dengan cara klik ikon Youtube di halaman pojok kanan atas.
  2. Klik “Channel”, kemudian pilih “Status and Features”.'
  3. Klik “Enable” di opsi “Monetization”, kemudian kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan.

Setelah semua syarat dan kebijakan ini berhasil kamu penuhi, saatnya kamu belajar bagaimana caranya untuk menghitung pendapatan atau gaji yang akan kamu dapatkan dari Youtube.

Cara Menghitung Gaji Youtuber

Jika permintaan kamu untuk melakukan monetisasi sudah diterima oleh pihak Youtube, maka pihak Youtube akan menyisipkan beberapa iklan di setiap konten video yang kamu unggah, yang biasa disebut sebagai Youtube Ads.

Penghasilan seorang youtuber yang murni dari pihak Youtube biasanya dihitung berdasarkan sistem bagi hasil, yaitu sebesar 55% dikalikan dengan beban tarif pengiklan, berikut ilustrasinya:

Anggaplah bahwa satu konten video kamu sudah berhasil ditonton oleh sekitar 5.000 pengguna, dan ada sekitar 550 orang yang tidak mengklik tanda “skip” di bagian iklan yang ada di video kamu.

Sekarang, cobalah untuk menghitungnya berdasarkan BPS youtuber Indonesia (Rp7.000 per 1.000 viewers).

BPS ini berarti biaya per seribu penayangan video yang ada di channel Youtube kamu.

Rp7.000 (BPS) x 550 (penonton yang tidak klik skip pada iklan) = Rp3.850.000.

Nah, biaya ini akan dibebankan para pihak pengiklan.

Menghitung hasil akhir:

Dari Rp3.850.000 x 55% (bagi hasil dari Youtube) = Rp2.117.500 (hasil akhir inilah yang akan kamu dapatkan sebagai pembuat konten).

Selain menggunakan perhitungan berdasarkan Youtube ads diatas, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari CPC atau Cost per Cost.

Melalui cara ini kamu akan mendapatkan penghasilan jika penonton kamu mengklik iklan yang muncul dalam video kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan melakukan 3 kali klik iklan saja, kamu bisa mendapatkan fee sekitar 0,3 persen.

Tapi jika kamu menggunakan CPC, hindarilah untuk mengklik iklan saat kamu sedang menonton videomu sendiri karena itu akan dianggap sebagai tindakan yang curang, kamu juga tidak diperbolehkan memberikan instruksi secara tertulis kepada penonton untuk mengklik iklannya, karena bisa melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan.

Dengan jumlah penonton yang kurang dari 1.000 orang saja, kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan lebih dari 2 juta rupiah.

Maka bukan tidak mungkin jika kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi jika kamu terus konsisten dalam menyajikan berbagai konten yang menarik.

Nah, ada beberapa rekomendasi buku yang bisa membantu kamu untuk belajar bagaimana cara menjadi seorang youtuber yang sukses.

Buku pertama berjudul Step by Step Menjadi Youtuber yang ditulis oleh Dedik Kurniawan.

Menjadi seorang youtuber saat ini tidak hanya sedang tren di kalangan remaja saja, tapi anak-anak kecil juga banyak yang tergiur untuk menjadi youtuber karena dinilai memiliki penghasilan yang menjanjikan.

Nah, bagi kamu yang masih pemula dalam dunia Youtube, buku ini adalah buku yang tepat untuk membimbing kamu cara menjadi youtuber sukses walau memulai semuanya dari nol.

Walaupun perjalanannya tidak mudah dan kamu mungkin akan menemukan masalah dalam prosesnya, tapi buku ini juga akan menunjukkan cara-cara untuk keluar dari masalah tersebut, sampai kamu berhasil mendapatkan penghasilan yang sepadan dengan usaha dan kerja kerasmu.

Buku kedua adalah buku yang berjudul 10 Juta Pertama dari Youtube yang ditulis oleh Jefferly Helianthusonfri.

Buku ini juga akan menambah wawasanmu dan akan memandu kamu untuk bisa mengembangkan channel Youtube yang kamu punya.

Ada berbagai macam panduan dalam buku ini, seperti strategi atau cara jitu untuk mendapatkan ide konten yang menarik, cara memproduksi video dengan peralatan yang sederhana, cara editing video yang menarik, cara atau strategi untuk melakukan promosi bisnis yang ampuh di Youtube, dan masih banyak lagi.

Hampir semua pertanyaan kamu mengenai dunia Youtube akan dijawab dalam buku ini, jadi membaca buku ini adalah salah satu pilihan yang tepat.

Nah, untuk bisa mendapatkan kedua buku yang menarik ini, kamu bisa membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Selamat membaca!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com