Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Tahu Tentang YouTube

Kompas.com - 14/12/2021, 18:00 WIB
Sumber Gambar : Gramedia.com
Rujukan artikel ini:
Jadi Youtuber A-Z (Update Version)
Pengarang: Jubilee Enterprise
|
Editor Ratih Widiastuty

Peluang Menjadi Youtuber

Berapa cuan yang didapat kalau ada sebuah video ditonton hingga seratus ribu kali di YouTube? Baca selengkapnya Cara Menjadi Youtuber Sukses.

YouTuber Indonesia memang tidak mendapat porsi bagi hasil yang lebih besar daripada mereka yang tinggal di Amerika Serikat dari platform video sharing ini.

Tetapi jika diasumsikan bahwa uang yang masuk adalah sebesar lima ribu rupiah setiap video itu ditonton seribu orang, maka untuk hitungan seratus ribu tontonan akan menyumbang sebesar lima ratus ribu rupiah.

Jika saja seorang YouTuber bisa begitu produktif sampai sanggup membuat video hingga empat judul per bulan dan konsisten dengan jumlah penonton sebanyak itu, maka nilai rupiahnya mungkin lebih besar daripada UMR Yogyakarta.


Baca juga: Pendiri Youtube


Rekomendasi Buku Menjadi Youtuber

Adanya uang dalam bentuk nyata inilah yang mendorong Jubilee Enterprise menerbitkan buku berjudul Jadi YouTuber A-Z bersama PT Elex Media Komputindo di tahun 2019.

Dengan kata lain, buku ini dipublikasikan untuk menyemangati orang-orang yang mungkin masih ragu terhadap profesi YouTuber.

Di tahun 2021 ini, Jubilee Enterprise kembali menerbitkan buku Jadi YouTuber A-Z (Update Version) yang sudah disesuaikan dengan pembaruan YouTube saat ini.

Dikemas setebal 308 halaman, Jadi YouTuber A-Z (Update Version) memberi wawasan dari awal hingga akhir tentang proses menjadi seorang YouTuber, mulai dari pembuatan akun, syarat-syarat monetisasi, permainan search engine optimization (SEO), hingga editing video tingkat pemula.

Bisa dibilang, buku ini menjadi pedoman lengkap untuk memulai karier menjadi seorang YouTuber.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dari ketebalannya itu bisa dibilang buku ini menjadi pedoman lengkap sehingga Anda mungkin tidak membutuhkan buku tentang YouTube lainnya.

Buku ini merupakan versi pembaruan dari buku Jadi YouTuber A-Z yang pernah diterbitkan sebelumnya.

Pembaruan yang paling nyata terlihat pada pembahasan tentang YouTube Studio di mana ada perombakan besar-besaran yang dibuat oleh Google sehingga YouTube Studio tampak berbeda dengan versi lama.

Buku ini secara gamblang menjelaskan perbedaan fitur-fitur pada YouTube versi terbaru sehingga menjadi daya tarik penting.

Selain itu, pembahasan lainnya yang tak kalah menarik adalah tentang syarat-syarat monetisasi akun YouTube agar seorang pemilik video segera mendapatkan uang dari aktivitasnya merekam, mengedit, dan mengunggah video.

Tentu saja, buku ini tak akan terasa menariknya jika tidak dilengkapi dengan rahasia penggunaan keyword agar video menjadi lebih mudah dicari dan ditemukan.

Penulis buku ini dengan cerdik menyoroti penggunaan kata-kata kunci relevan yang membuat video menjadi lebih mudah ditemukan dan ditonton.

Tentu saja, kata kunci-kata kunci itu, atau biasa disebut dengan istilah keywords, telah dianalisis menggunakan tool khusus yang akan ikut dibahas pula di dalam buku ini.

Jadi tidak peduli apakah Anda adalah penonton setia YouTube, pernah memposting video lucu tentang atraksi kucing atau ingin mendapat penghasilan dari YouTube, buku ini tentu saja dibuat untuk Anda.

Di dalam buku ini akan dijelaskan langkah-langkah menjadi seorang YouTuber yang sukses.

Pembahasan dimulai dari hal sederhana, seperti mengenal jenis-jenis video yang ada di YouTube sampai pengeditan video menggunakan aplikasi canggih.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com