Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Ide Bisnis Modal 1 Juta yang Bisa Dijadikan Sumber Penghasilan yang Menguntungkan

Kompas.com - 30/06/2022, 09:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Resep Cake Besar Untuk Antaran…
Pengarang: Sisca Susanto Wonderful Cakes-55
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi sebagian besar orang membuka wirausaha sepertinya memerlukan modal yang cukup besar untuk memulainya, tapi nyatanya terdapat beberapa bisnis modal 1 juta yang bisa dicoba tanpa harus mengeluarkan dana yang besar.

Meskipun mempunyai modal yang terbilang kecil, bisnis dengan modal 1 juta juga mampu meraup keuntungan yang menggiurkan jika dilakukan secara konsisten dan serius, sehingga mampu memberikan produk yang tidak hanya berguna bagi konsumen, tapi juga memuaskan.

Kerja keras, inovasi, dan strategi bisnis yang baik menjadi kunci utama dalam mengelola bisnis modal 1 juta, agar bisa terus berkembang dalam mendapatkan konsumen yang akan dengan setia menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Patut diingat, meskipun bermodal kecil, tapi bisnis yang kita jalankan ini tetap harus memberikan kualitas yang memuaskan agar tidak terkesan hanya mencari untung, namun juga memang memberikan produk dan jasa yang bagus.

Saat kita mampu menjaga kualitas dan memuaskan keinginan konsumen, bisa dijamin jika usaha yang kita jalankan nantinya akan mampu bertahan dan berkembang lebih besar lagi dengan inovasi yang terus ditingkatkan, baik dari segi produk, jasa, hingga pelayanan.

Namun, bisnis modal 1 juta apa saja yang memang layak untuk dicoba? Berikut beberapa bisnis modal 1 juta yang dapat dijadikan sumber penghasilan yang menguntungkan.

4 Ide Bisnis Modal 1 Juta

1. Jasa Menjahit Pakaian

Jika kamu mempunyai keahlian dalam menjahit, membuka bisnis jasa jahit pakaian bisa menjadi alternatif yang cocok untuk dicoba, karena selain kamu sudah memiliki ilmunya, modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar.

Dengan modal 1 juta rupiah kamu bisa membeli mesin jahit bekas dengan berbagai perlengkapan lainnya, seperti benang, jarum, kancing, hingga gunting yang pastinya tidak akan terlalu menguras kantong.

Kamu dapat melakukan promosi dengan cara menawarkan jasa tersebut kepada teman, keluarga, hingga tetangga melalui mulut ke mulut atau kamu juga dapat melakukan promosi melalui media sosial.

2. Jasa Potong Rambut

Selain menjahit, kemampuan dalam memotong rambut pun bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan, karena dana yang dibutuhkan untuk memulainya tidaklah terlalu besar.

Jika kamu mampu menemukan tempat yang tepat untuk membeli keperluan untuk bisnis jasa potong rambut, seperti alat cukur, gunting, sisir, hingga pisau cukur, dengan modal 1 juta rupiah saja kamu sudah bisa memulainya.

Kekuatan media sosial bisa kamu manfaatkan sebagai media promosi yang tepat dengan penawaran promo menarik, agar bisa menarik minat konsumen untuk mencoba memotong rambut menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

3. Berjualan Gorengan

Masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari kudapan yang satu ini, karena selain memiliki rasa yang lezat, gorengan juga mempunyai harga yang ramah di kantong.

Maka dari itu peluang usaha berjualan gorengan bisa menjadi opsi pilihan bisnis modal 1 juta yang dapat kamu coba sebagai sumber pendapatan yang menjanjikan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Berbagai jenis gorengan seperti bakwan, tahu isi, pisang goreng, hingga cireng bisa menjadi varian gorengan yang ditawarkan untuk memeriahkan produk dagangan kamu.

4. Jualan Aneka Sarapan

Dengan modal 1 juta rupiah kamu juga dapat mencoba membuka usaha berjualan berbagai jenis sarapan di depan rumah yang biasanya belum lengkap rasanya jika perut belum diisi saat pagi hari.

Berbagai macam jenis makanan untuk sarapan, seperti nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam, hingga lontong sayur dapat kamu jadikan alternatif pilihan menu yang ditawarkan.

Dengan berjualan di dekat rumah, kamu juga akan dengan mudah bisa mendapatkan pelanggan tetap dari tetangga sekitar yang pastinya akan mencari jualan kamu ketika membutuhkan sarapan.

5. Membuat Kue

Bisnis terakhir dengan modal 1 juta yang bisa kamu coba adalah berjualan kue dengan cara menerima pesanan terlebih dahulu melalui sistem pre order, sehingga kamu bisa mengeluarkan modal dengan lebih jelas.

Tawarkan berbagai macam jenis cake yang bisa kamu buat dan dipesan oleh konsumen, mulai dari black forest, red velvet, atau tiramisu.

Sebagai media untuk promosi gunakan juga media sosial, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, hingga Tiktok agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Kelima jenis bisnis modal 1 juta ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin memulai usaha, tapi terkendala dana sebab dengan hanya modal 1 juta rupiah saja, kini kamu sudah siap untuk menjadi seorang pengusaha.

Jika kamu memilih untuk berjualan cake sebagai pilihan berbisnis, buku berikut ini bisa dijadikan modal usaha yang dijamin akan sangat berguna untuk keperluan bisnis kamu nantinya.

Buku Wonderful Cakes 55 Resep Cake Besar untuk Antaran dan Jualan karya Sisca Susanto ini, bisa memberikan pilihan variasi menu untuk bisnis cake yang akan kamu jalankan nantinya.

Buku ini berisi 55 resep cake besar yang dapat kamu coba buat sebagai modal yang akan membuat usaha cake kamu akan laris manis.

Terbagi menjadi beberapa bagian, buku ini menawarkan berbagai macam resep cakes, mulai dari cake klasik, roll cake, chocolate cake and black forest, cakes and fruit, dan cakes for celebrate.

Buku Wonderful Cakes – 55 Resep Cake Besar untuk Antaran dan Jualan bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com