Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memulai Usaha? Yuk, Intip 5 Ide Bisnis Dropship yang Menghasilkan Banyak Cuan

Kompas.com - 16/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Terobosan Berjualan Online ala Dropshipping…
Pengarang: Feri Sulianta
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Di era teknologi informasi yang serba canggih seperti sekarang, akses internet tidak hanya bisa digunakan untuk kepentingan chatting semata, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai lahan untuk memulai bisnis.

Bagi para pemula yang ingin memulai sebuah bisnis tapi masih terkendala dengan keterbatasan modal, bisnis dropship bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Bisnis dropship merupakan sistem bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal dan bisa dilakukan oleh siapapun, tapi pastikan kalau kamu punya koneksi jaringan internet yang stabil.

Sistem bisnis ini biasanya dilakukan dengan cara menjual atau menawarkan barang milik supplier, tanpa kamu harus memiliki stok barang tersebut.

Saat ada konsumen yang tertarik untuk membeli barang yang kamu tawarkan, kamu tinggal mengalihkan konsumen tersebut kepada pihak supplier.

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis dropship, berikut adalah beberapa ide barang-barang yang bisa kamu tawarkan, yaitu:

1. Skincare dan Kosmetik

Kebutuhan skincare dan kosmetik di pasaran memang tidak pernah ada habisnya, hal ini dikarenakan hampir semua perempuan rela menginvestasikan uangnya untuk bisa selalu tampil cantik dan menawan setelah menggunakan skincare maupun kosmetik yang mereka beli.

Selain itu, keberadaan skincare dan kosmetik juga semakin eksis dengan banyaknya merek dan produk baru yang terus diluncurkan oleh berbagai perusahaan.

Kalau kamu memang ingin menembus segmen pasar yang didominasi oleh para perempuan muda hingga dewasa ini, maka bisnis dropship skincare dan kosmetik ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Pakaian

Bisnis dropship pakaian juga termasuk bisnis yang tidak kalah menjanjikan dari bisnis skincare dan kosmetik, karena ketiganya saling melengkapi.

Saat kamu mengenakan pakaian yang bagus tapi tidak menggunakan make up, maka pakaian yang kamu pakai akan terlihat kurang sesuai, dan begitu juga sebaliknya.

Saat ini pakaian sudah memiliki banyak sekali pilihan model dan brand, maka sebelum memulai bisnis ini, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menilai model pakaian seperti apa yang sedang menjadi tren di masyarakat.

3. Makanan Sehat

Semakin banyaknya makanan yang tidak sehat dan dijual di pasaran sebenarnya menjadi salah satu penyebab utama timbulnya penyakit, tapi hal ini juga sekaligus memicu lahirnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pola hidup sehat.

Gaya hidup sehat saat ini sedang populer di kalangan anak muda sampai orang dewasa, karena seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh juga akan semakin melemah dan membuat mereka mulai mencari berbagai produk makanan sehat untuk dikonsumsi.

Kamu bisa coba untuk mencari supplier yang menjual berbagai jenis makanan sehat yang khasiatnya juga sudah terbukti bermanfaat, usahakan juga untuk mencari pihak supplier yang menjual produknya dengan harga miring supaya lebih cepat untuk mendatangkan pelanggan.

4. Aksesoris Gadget

Keberadaan gadget saat ini tidak lagi dianggap sebagai barang mewah, alasannya karena hampir seluruh masyarakat kini sudah memiliki gadget pribadi yang memang dibutuhkan sebagai alat komunikasi atau mencari informasi tertentu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ramainya pengguna gadget saat ini memang membuka peluang bagi kamu yang ingin menawarkan berbagai macam aksesoris gadget melalui dropship, karena beberapa orang biasanya memang lebih memilih untuk membeli produk melalui online daripada offline.

Tapi satu hal yang perlu diingat, sebagai dropshipper kamu juga harus memastikan bahwa supplier punya mekanisme pengembalian barang yang jelas, karena produk aksesoris gadget ini agak rawan mengalami kerusakan saat pengiriman.

5. Sepatu

Sepatu saat ini sudah menjadi salah satu fashion item yang menggiurkan, terutama dari segi merek serta model yang bervariasi, dan membuat pemakainya tampak lebih keren.

Bisnis dropship sepatu juga menjadi ide bisnis yang berpeluang besar dalam menghasilkan banyak cuan karena untuk sepasang sepatu saja biasanya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Jadi, bagi kamu yang ingin lebih cepat dan mudah untuk mendapatkan pembeli, kamu bisa menjadi dropshipper sepatu dan mulai mempromosikannya di berbagai media sosial dan dan media online lainnya.

Itulah beberapa ide bisnis dropship dengan modal tipis yang bisa sudah bisa kamu coba, mulai dari sekarang.

Bagi kamu yang masih bingung dengan sistem dropship dan membutuhkan bimbingan, kamu bisa coba untuk membaca e-book Terobosan Berjualan Online ala Dropshipping ++ yang ditulis oleh Feri Sulianta.

Buku ini menjelaskan bahwa bisnis dropship adalah sebuah bisnis yang bisa kamu lakukan tanpa harus berhutang dan mengeluarkan banyak modal, tapi tetap bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

Tapi keuntungan yang maksimal ini tentunya juga harus diimbangi dengan strategi marketing yang baik supaya bisa mendongkrak bisnis yang sedang kamu jalani.

Melalui e-book ini, kamu akan belajar berbagai macam strategi marketing dan teknik berbisnis yang bermanfaat untuk meningkatkan omzet penjualan, melalui cara-cara yang unik dan kreatif, tanpa perlu merasakan resiko kegagalan.

Selain bisnis dropship, sebenarnya masih banyak sekali ide bisnis lain yang bisa kamu lakukan di era digital seperti sekarang, untuk mengetahuinya kamu bisa membaca buku Bisnis di Era Digital: Why Not? Karya Irsyad Kamal dan Kurnia Khafidatur.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, teknologi informasi saat ini tidak hanya mampu dijadikan sebagai sarana untuk berkomunikasi, tapi juga bisa menjadi tempat perdagangan barang maupun jasa.

Dengan penjelasan yang ringan dan mudah dipahami, buku ini akan mengajarkan banyak hal mulai dari cara untuk menemukan ide dan inovasi baru dalam berbisnis, strategi bisnis di era digital, cara menyusun rancangan bisnis, dan masih banyak lagi, tidak lupa juga kamu akan diberikan pengetahuan mengenai cara pengelolaan resiko kegagalan dalam sebuah bisnis.

Untuk mendapatkan kedua buku ini kamu bisa membelinya di Gramedia.com atau kamu juga bisa membaca versi digitalnya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com