Kenali Mindset Growth, Pola Pikir yang Bisa Bikin Kamu Sukses

Kompas.com - 28/12/2021, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Mindset
Pengarang: Carol S. Dweck, Ph.d.
|
Editor Almira Rahma Natasya

Semua orang tentunya ingin meraih kesuksesan dalam hidup dan kamu pun pasti menginginkan hal yang sama.

Terdapat berbagai macam faktor yang dapat memengaruhi seseorang dalam mencapai kesuksesannya, namun salah satu faktor yang sering kali terlupakan adalah pentingnya memiliki growth mindset.

Lalu, apa sebenarnya pengertian dari growth mindset itu sendiri?

Definisi Growth Mindset

Carol Dweck, seorang psikolog di Universitas Stanford, melakukan studi mengenai motivasi yang dimiliki oleh seseorang.

Ia menghabiskan waktu mempelajari mengapa seseorang bisa meraih kesuksesan dan apa yang bisa kita kontrol dari diri kita untuk mendorong pencapaian kesuksesan tersebut.

Carol kemudian membuat teori mengenai dua jenis pola pikir dan perbedaan keduanya yang menghasilkan dampak sangat signifikan.

Kedua jenis pola pikir ini adalah fixed mindset dan growth mindset.

Growth mindset merupakan pola pikir yang dimiliki oleh seseorang yang menganggap bahwa kemampuan atau bakat yang dimilikinya hanyalah sebuah permulaan dan dapat terus dikembangkan dengan banyaknya latihan serta kerja keras.

Sebaliknya, fixed mindset dapat diartikan sebagai pola pikir di mana seseorang menganggap bahwa kegagalan yang dialaminya disebabkan karena kemampuan atau bakatnya yang terbatas.

Pentingnya Memiliki Growth Mindset

Menurut Carol, cara kita memandang kehidupan dan diri kita sendiri memiliki pengaruh yang sangat penting dalam menunjang kesuksesan.

Jika kamu memiliki fixed mindset dan menganggap bahwa kualitas diri merupakan suatu hal yang tidak dapat diubah, maka kamu tidak akan pernah belajar dari kesalahan, yang juga membuat kamu tidak dapat berkembang.

Kamu akan langsung menyerah begitu mengalami kegagalan dan tidak memiliki keberanian untuk mencobanya kembali.

Dengan berhenti mencoba, sama saja artinya dengan kamu menutup kesempatan untuk meraih kesuksesan tersebut.

Berbeda jika kamu memiliki growth mindset, kamu akan memiliki keinginan yang kuat untuk terus belajar.

Kamu akan menganggap kegagalan sebagai sebuah proses untuk mengembangkan kemampuan dan bakat, serta tidak akan pantang menyerah untuk mencoba sampai akhirnya kamu dapat mencapai kesuksesan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Menerapkan Growth Mindset dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital seperti saat ini, kita cenderung membandingkan pencapaian diri sendiri dengan pencapaian orang lain yang kita lihat melalui media sosial.

Ketika mengalami kegagalan, kita akan merasa sangat terpuruk dan merasa bahwa kemampuan yang kita miliki tidak akan bisa bersaing dengan orang lain yang kita rasa lebih sukses dibandingkan diri kita.

Di kondisi seperti inilah, sangat penting untuk memiliki growth mindset.

Dengan menerapkan growth mindset dalam kehidupan sehari-hari, kamu tidak akan berpikir bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya.

Sebaliknya, kamu akan memiliki perspektif bahwa kegagalan tersebut merupakan proses yang perlu kamu jalani untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.

Kamu tidak akan menjadikan pencapaian orang lain sebagai patokan hidup dan hanya berfokus dengan perkembangan diri kamu sendiri.

Dengan ini, kamu dapat mengurangi perasaan cemas dan tidak perlu lagi merasa minder dengan orang lain.

Rekomendasi Buku Growth Mindset

Untuk memahami lebih dalam lagi mengenai growth mindset dan bagaimana cara memiliki pola pikir tersebut, kamu bisa belajar lebih banyak dengan membaca buku-buku berikut ini.

Buku Mindset yang ditulis oleh Carol S. Dweck bisa menjadi pilihan.

Sebagai seseorang yang mencetuskan teori fixed mindset dan growth mindset, melalui buku ini ia memaparkan lebih dalam mengenai kedua pola pikir tersebut dan bagaimana kamu bisa memaksimalkan potensi dari pikiran untuk mencapai kesuksesan.

Salah satu pesan kuat yang Carol sampaikan adalah, dalam growth mindset kegagalan bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyakitkan, namun kegagalan itu tidak dapat mendefinisikan dirimu.

Kegagalan tersebut merupakan sebuah masalah yang perlu dihadapi, dipecahkan, dan diambil sebagai sebuah pembelajaran.

Buku Think and Grow Rich yang ditulis oleh Napoleon Hill juga tidak kalah menarik untuk dibaca.

Di dalam salah satu bab di bukunya, Hill menjabarkan betapa pentingnya memberikan autosugesti positif sehingga pikiran bawah sadar pun akan didominasi oleh pikiran-pikiran positif pula.

Pikiran positif inilah yang dapat membantu kamu untuk meraih kesuksesan.

Sekarang waktunya kamu mulai mengembangkan diri dan merubah pikiran menjadi growth mindset lewat kedua buku tersebut yang tersedia di Gramedia.com.


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.