Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Mengenal 5 Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia

Kompas.com - 04/07/2023, 17:30 WIB
Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia
Sumber: pixabay/cromaconceptovisual Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia
Rujukan artikel ini:
Pengantar Hukum Minyak Dan Gas…
Pengarang: Wahyudin Sunarya & Giri…
|
Editor Rahmad

Apakah kamu sudah mengetahui daerah penghasil minyak bumi yang ada di Indonesia?

Minyak mentah adalah sumber daya alam yang menjadi salah satu komoditas utama perdagangan antar negara.

Minyak bumi adalah bahan mentah yang selanjutnya bisa diolah menjadi produk lainnya.

Minyak bumi sendiri bisa diolah menjadi solar, bensin, LPG, campuran aspal, minyak tanah, avtur, sampai produk kecantikan seperti pewarna rambut, parfum, dan masih banyak lagi.

Terdapat banyak negara penghasil minyak bumi yang sekarang sudah berhasil menjadi negara maju dan bisa mengendalikan perekonomian global.

Lalu, di mana saja daerah penghasil minyak bumi di Indonesia? Simak penjelasannya berikut ini.

Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia

1. Riau

Masyarakat Riau patut merasa bangga. Karena, selain mempunyai pemandangan alam yang sangat indah, Riau juga menjadi daerah penghasil minyak bumi yang dinomor satukan oleh Indonesia.

Riau mampu menghasilkan sebanyak 365.827 barel minyak bumi per harinya, lho. Minyak mentah itu berasal dari Kepulauan Natuna yang memiliki 6 lokasi pertambangan, yaitu Rokan, Mountain Front Kuantan, Siak, Coastal Plains & Pekanbaru, Selat Melaka, dan Selat Panjang.

Bahkan, sepanjang tahun 2021, SKK Migas Wilayah Riau berhasil dan sukses melakukan pengeboran sumur minyak baru sebanyak 263 sumur.

2. Papua Barat

Bumi Papua Barat juga dikenal dengan kaya akan sumber daya alamnya, termasuk juga menjadi daerah penghasil minyak bumi di Indonesia.

Wilayah ini mampu menghasilkan minyak bumi sebanyak 14.811 barel minyak per harinya. Minyak mentah tersebut berasal dari Kota Sorong, yaitu di Klamono, Linda, Salawati, atau sekitaran Bintuni.

Besarnya potensi minyak bumi yang ada di wilayah tersebut berhasil menarik perusahaan Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij untuk melakukan aktivitas pengeboran minyak di tahun 1935.

3. Sumatera Selatan

Daerah penghasil minyak bumi yang selanjutnya adalah Sumatera Selatan. Beberapa daerah penghasil minyak bumi di Sumatera Selatan di antaranya adalah Plaju, Sungai Gering, dan Muara Enim.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sumatera Selatan berhasil menghasilkan minyak bumi sebanyak 30.718 barel per hari dengan kondensat mencapai 10.339 barel.

Nah, semua blok minyak yang ada di daerah Sumatera Selatan dikelola oleh Pertamina, yaitu Medco, Talisman, dan Golden Spike. Selain minyak bumi, wilayah ini juga kaya dengan batu bara serta gas alamnya.

4. Jawa Timur

Tahukah kamu, kalau Jawa timur juga merupakan daerah penghasil minyak bumi. Jawa Timur mampu memproduksi minyak bumi sampai 305 ribu barel minyak per hari.

Beberapa blok tambang minyak bumi yang ada di Jawa Timur di antaranya adalah Kangean, Tuban, Cepu, Brantas, Gresik, Madura Barat, dan Bawean.

Bahkan, blok Cepu yang dikelola oleh ExxonMobil mampu menghasilkan minyak bumi sebanyak 219 ribu barel per hari.

Oleh sebab itu, total minyak bumi yang berhasil dihasilkan mencapai 52.290 barel dan kondensat 326 barel per harinya.

5. Kalimantan Timur

Daerah penghasil minyak bumi terbesar yang ada di Indonesia adalah Kalimantan Timur. kalimantan Timur ikut menyumbang gas dan minyak bumi sebagai komoditas ekspor terbesar yang ada di Kalimantan Timur.

Pertamina bahkan sudah melakukan pengeboran minyak di Balikpapan dengan kapasitas yang berhasil mencapai 260 ribu barel per hari dan mampu memasok sebanyak 26% BBM yang ada di Indonesia, terutama yang ada di wilayah Timur.

Nah, itulah beberapa daerah penghasil minyak bumi yang ada di Indonesia. Apakah wilayah tersebut ada yang sudah pernah kamu kunjungi?

Untuk menambah wawasan kamu tentang minyak dan gas yang ada di Indonesia, kamu juga bisa mempelajarinya melalui buku karya Wahyudin Sunarya & Giri Ahmad Taufik yang berjudul Pengantar Hukum Minyak dan Gas Indonesia.

Melalui buku ini, kamu akan diajak untuk melihat aturan hukum serta dinamika dalam pengaturan hukum Migas serta prakteknya yang terjadi di Indonesia.

Buku ini memang secara khusus ditujukan untuk praktisi ataupun akademisi yang bergelut di bidang minyak dan gas.

Dijelaskan pula tentang perubahan hukum serta paradigma yang melatarbelakanginya. Meskipun berkaitan tentang hukum, tetapi penjelasannya menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh pembacanya.

Kamu bisa langsung pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com