Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Geografi Wajib Untuk Kamu yang Sedang Mempelajarinya!

Kompas.com - 24/02/2023, 12:30 WIB
rekomendasi buku geografi Sumber: NastyaSensei/pexels rekomendasi buku geografi
Rujukan artikel ini:
Referensi Pintar Atlas Geografi Indonesia…
Pengarang: Tim Guru Geografi
|
Editor Rahmad

Kalau kamu berpikir kata geografi mungkin akan tertuju pada suatu pelajaran atau suatu ilmu yang membahas tentang bumi.

Geografi sendiri mempelajari mengenai bumi dan segala sesuatunya yang berkaitan, seperti penduduk, iklim, flora, fauna, dan sebagainya yang ada di bumi.

Pengertian geografi menurut para ahli, salah satunya adalah Bintarto adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai hubungan kasila gejala-gejala serta peristiwa yang terjadi di muka bumi ini.

Saat kamu menduduki bangku sekolah, mungkin kamu juga akan mempelajari pengertian geografi menurut para ahli dan juga secara harfiah.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi buku geografi untuk mempelajari semua hal tentang geografi, termasuk pengertian geografi menurut para ahli, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini.

Rekomendasi Buku Geografi Terbaik

1. Referensi Pintar Atlas Geografi Indonesia & Dunia

Buku atlas ini menjadi buku pintar yang berisikan berbagai sumber pengetahuan tentang informasi yang berkaitan dengan peta dunia dan segala sesuatu yang berkaitan dengan negara.

Buku Referensi Pintar Atlas Geografi Indonesia & Dunia ini disusun oleh Tim Guru Geografi, sehingga menjadi atlas terlengkap dan paling direkomendasikan untuk para pelajar di semua tingkat maupun masyarakat umum.

Buku atlas ini memuat peta seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai informasi dari semua benua serta negara yang ada di bumi.

Tidak hanya itu, terdapat juga semua bendera negara dan data penting negara.

Menariknya, buku ini juga menyediakan materi pelajaran edugrafis serta gratis aplikasi atlas digital on windows untuk lebih memudahkan kegiatan dalam belajar.

Isi buku ini sangat lengkap dan informasi yang disajikan sangatlah detail dan sederhana. Maka dari itu, buku ini bisa memudahkan pembaca dalam mempelajari setiap materi yang ada di buku ini.

2. Mozaik Geografi SMA/MA Kelas 12

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan, persamaan, serta perbedaan antara ruang di bumi. Pusat dari kajian dari geografi sendiri adalah manusia serta lingkungannya.

Geografi berfungsi untuk mengembangkan konsep dasar yang berkaitan dengan pola keruangan serta prosesnya, mengelaborasi pengetahuan, peluan dan juga keterbatasan sumber daya alam untuk bisa dimanfaatkan.

Nah, buku Mozaik Geografi SMA/MA Kelas 12 ini menjadi buku pengayaan bagi para siswa sekolah jenjang SMA/MA yang berisikan tentang konsep dasar dari geografi, termasuk pengertian geografi menurut para ahli, lalu ada aktivitas diskusi yang dilakukan untuk memahami, uji kompetensi.

Selain itu, dilengkapi juga dengan soal pendalaman konsep dan HOTS dan capaian hasil belajar.

3. Buku Excellent Geografi SMA/MA

Apakah kamu siswa kelas tiga SMA sederajat yang sedang menyiapkan diri dengan menyiapkan perencanaan pendidikan selanjutnya.

Tidak jarang siswa jenjang SMA sedang mempersiapkan diri dengan mengikuti berbagai les supaya bisa menjadi salah satu mahasiswa di salah satu kampus yang kamu impikan.

Tidak perlu bingung, karena saat ini sudah banyak tersedia buku-buku panduan lulus tes ujian yang bisa membantu kamu dalam meraih kampus dan jurusan impian, salah satunya adalah melalui buku yang ditulis oleh Jaka Firman yang berjudul Excellent Geografi SMA/MA.

Buku ini beisikan juga tentang rumus sertamateri yang bisa memudahkan pembaca sebagai simulasi dalam mengikuti ujian. Soal-soal yang ada di dalam buku ini juga bisa membantu kamu untuk berlatih belajar.

Sebab, buku ini memang dirancang untuk bisa membantu kamu meraih nilai tertinggi dalam ujian sekolah maupun ujian masuk perguruan tinggi.

4. Kamus Istilah Geografi

Kamus Istilah Geografi ini berisi tentang prinsip ilmu geografi dalam aspek pokok, yang meliputi aspek fisik serta aspek sosial. Dalam aspek fisik sendiri berkaitan dengan masalah yang ada di bumi, sedangkan dalam aspek sosial, berkaitan dengan problematika manusia sebagai makhluk hidup yang ada di bumi.

Selain itu, buku ini juga membahas tentang masalah sosial, politik, ekonomi, serta budaya.

Buku ini membahas berbagai hal penting yang terkait dengan pengetahuan geografi, sehingga melalui buku ini, bisa membantu para siswa mempermudah dalam proses belajar.

Nah, itulah beberapa buku rekomendasi geografi terbaik untuk kamu pelajari. Semua buku yang telah disebutkan di atas, bisa kamu langsung pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com