Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Secara Geografis, Benua Australia Terletak di Sebelah Selatan Samudra Hindia, Simak Beberapa Faktanya Berikut Ini

Kompas.com - 24/10/2022, 18:00 WIB
Secara Geografis Letak Benua Australia Sumber Gambar: Freepik.com Secara Geografis Letak Benua Australia
Rujukan artikel ini:
Wonderful Australia Series; Fun Coloring
Pengarang: AM STUDIO
|
Editor Ratih Widiastuty

Secara geografis, benua Australia terletak di sebelah selatan Samudra Hindia; sebelah utara Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres; sebelah timur Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral; serta sebelah barat Samudra Hindia.

Sementara letak astronomis benua Australia, yakni berada di antara 113° BT – 155° BT dan 10° LS – 43° LS.

Benua Australia sendiri dikenal sebagai benua paling kecil di dunia dengan penduduk asli suku Aborigin, serta mempunyai binatang khasnya tersendiri, yaitu koala dan kangguru.

Kota terbesar di negara benua ini ialah Sydney, tapi ibu kotanya sendiri terletak di Canberra sebagai pusat pemerintahannya.

Australia juga merupakan salah satu negara Persemakmuran Inggris (Commonwealth), sehingga menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka.

Eksplorasi dan ekspansi dari benua Eropa nyatanya membuat Australia dihuni oleh berbagai macam suku dan ras, khususnya Kaukasia.

Benua Australia memiliki beberapa iklim yang berbeda di setiap wilayahnya, seperti subtropis di wilayah bagian selatan, tropis di wilayah bagian utara, iklim laut sedang di wilayah bagian selatan Victoria dan Tasmania, serta iklim gurun.

Australia mempunyai keindahan yang mampu membuat siapa saja kagum dengan negara benua yang selalu jadi tujuan destinasi orang-orang dari seluruh dunia, baik untuk travelling maupun pendidikan.

Namun, fakta apa saja yang terdapat di benua Australia? Simak beberapa fakta benua Australia berikut ini.

Fakta Benua Australia

1. Mempunyai Populasi Kanguru Melebihi Populasi Penduduknya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kanguru merupakan binatang khas Australia yang keberadaannya tidak bisa lepas dari negara benua tersebut.

Laman australiatravelquestions.com mencatat jika jumlah kanguru di Australia telah mencapai 42 juta ekor melebihi jumlah populasi penduduk yang hanya berjumlah 26 juta jiwa.

Maka jangan heran jika dengan mudahnya kamu dapat melihat hewan berkantong ini tengah makan rumput di taman kota.

Sayangnya, untuk mengendalikan jumlah populasi kanguru pemerintah membunuh hewan ini setiap tahunnya.

2. Menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Mata Pelajaran Wajib

Australia memang menjadi negara tetangga Indonesia yang jaraknya bisa dibilang tidak terlalu jauh, sehingga tidak mengherankan jika warga Australia merasa perlu untuk memahami Bahasa Indonesia.

Banyak alasan lainnya yang melatarbelakangi mengapa Bahasa Indonesia dijadikan mata pelajaran wajib di Australia.

Selain karena menjadi negara tetangga terdekat, Indonesia pun menjadi negara tujuan wisata paling populer kedua setelah Selandia Baru bagi masyarakat Australia.

Tidak hanya itu, hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia yang sedikit renggang pun menjadi alasan lainnya untuk dapat memahami lintas budaya kedua belah pihak.

3. Menjadi Pulau Terbesar di Dunia

Secara teknis, Australia adalah sebuah pulau terbesar di dunia sebab tidak terhubung dengan daratan apa pun lainnya dengan luas mencapai 7.692.202 km².

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Akan tetapi, wilayah Australia kerap disebut sebagai daratan kontinental yang menyebabkannya tidak masuk ke dalam salah satu pulau terbesar di dunia.

Namun, melalui fakta ini, sekarang kita tahu jika benua Australia mempunyai daratan yang sangat luas berbentuk pulau.

Bisa dibayangkan sebesar apa benua Australia dengan luas wilayah yang luar biasa mencengangkan.

4. Memiliki Beragam Spesies Hewan Mematikan

Australia terkenal sebagai benua yang memiliki beragam spesies hewan-hewan berbisa, seperti ular, kadal, laba-laba, hingga ubur-ubur.

Faktanya, hewan-hewan ini mempunyai racun yang sangat berpotensi untuk membunuh puluhan sampai ratusan nyawa manusia sekaligus.

Salah satu spesies hewan paling berbisa yang ada di benua Australia ialah ular taipan pedalaman yang mampu mengambil nyawa manusia hanya dalam waktu yang singkat melalui bisanya yang sangat beracun.

Bisa dibayangkan akan seperti apa jadinya jika kita tergigit ular ini, pastinya rasa takut dan mencekam akan sangat terasa.

5. Hampir 90% Populasi Masyarakatnya Tinggal di Perkotaan

Dikutip dari brogenmagazine.com sekitar 90,1% populasi masyarakat Australia bermukim di kota-kota besar yang berlokasi di daerah pesisir, seperti Melbourne, Perth, dan Sydney.

Walaupun luas wilayahnya yang mencapai 7,69 juta kilometer persegi, tapi persebaran penduduknya terbilang tidak merata.

Hal ini disebabkan benua Australia sebagian besar wilayahnya merupakan pedalaman gersang dengan suhu yang sangat ekstrem.

Ketika memasuki musim panas suhu di pedalaman gersang bahkan bisa mencapai lebih dari 40° celcius.

Fakta-fakta tentang benua Australia ini bisa menjadi sumber ilmu dan wawasan bagi kamu yang mungkin akan pergi ke Negeri Wool ini.

Namun, untuk memperkenalkan anak-anak pada benua Australia, maka buku mewarnai Fun Coloring: Wonderful Australia Series bisa dijadikan aktivitas edukasi yang menyenangkan.

Buku ini berisi gambar-gambar mengenai benua Australia yang dibuat sedemikian rupa sehingga tampak menarik dan jenaka untuk diwarnai, khususnya bagi anak-anak.

Dilengkapi pula dengan contoh gambar yang telah diwarnai dengan teknik pastel yang akan memudahkan anak dalam belajar mewarnai.

Tidak ketinggalan, buku ini pun memberikan bonus stiker lucu yang menarik.

Yuk, segera pesan dan beli bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com