Menikmati Lezatnya Kuliner Khas Nusantara di 5 Benua

Kompas.com - 14/02/2022, 17:03 WIB
Sumber Gambar: Dok. Gramedia Pustaka Utama
Rujukan artikel ini:
Resep Masakan Indonesia di 5…
Pengarang: Aslida Rahardjo
|
Editor Novia Putri Anindhita

Saat berada jauh di luar negeri, pasti akan muncul kerinduan, rasa rindu tanah air yang meliputi rindu kepada sanak saudara, kampung halaman, dan yang cukup mengusik adalah rasa rindu akan kuliner yang biasa kita nikmati sehari-hari di tanah air.

Terbiasa menikmati makanan dengan citarasa yang kaya akan rempah akan terasa berbeda saat mengonsumsi makanan dari negara lain.

Namun seringkali ketersediaan bahan masakan atau bumbu dapur khas Indonesia tidak memadai dan sering tidak ditemui.

Istilah “Life Must Goes On” selalu dapat diterapkan dalam hidup kita di luar negeri.

Ada atau tidaknya bumbu khas Indonesia tidak menghalangi kita untuk menikmati kuliner Indonesia.

Seperti pengalaman Penulis, Aslida Rahardjo, yang merupakan istri duta besar yang mengikuti suami bertugas di luar negeri seperti Washington DC (Benua Amerika), Jenewa (Benua Eropa), Pretoria (Benua Afrika), dan Beijing (Benua Asia), dan juga pernah mengikuti ayahnya pada waktu bertugas di Canberra (Australia) merasakan pentingnya ketersediaan bumbu, dan bahan penggantinya (substitusi) di lima benua yang ada di dunia ini.

Dengan pengetahuan, kejelian serta kemampuan untuk mengenal bahan pengganti (substitusi), baik bumbu maupun bahan makanan lainnya ternyata kita tetap bisa menyediakan kuliner Indonesia mendekati rasa aslinya.

Beberapa ciri khas kuliner Indonesia adalah pedas dan bersantan, dan manis bersantan atau mengandung kelapa untuk dessertnya.

Untuk rasa pedas dapat menggunakan cabe giling, apabila tidak suka pedas bisa pakai bell pepper atau paprika yang merah, dan kalau mau pedas bisa menambahkan dried chilli yang telah diseduh air manis.

Untuk rasa manis sering diperoleh dari gula jawa atau gula aren.

Untuk gula jawa / aren dapat diganti dengan dark brown sugar untuk mendapatkan rasa manis.

Untuk santan dapat diganti dengan dessirated coconut (kelapa kering) yang diberi air panas lalu dikukus, atau diblender dengan air hangat lalu diperas untuk mendapat santannya.

Dalam buku Resep Masakan Indonesia di 5 Benua (Dwi Bahasa), tidak hanya berisi menu resep masakan, tapi juga berisi panduan untuk mengenal bahan-bahan pengganti/substitusi untuk mengolah masakan Indonesia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ketersediaan bahan dan bumbu di setiap benua semua berbeda tergantung lingkungan dan iklim di negara masing-masing, dan hal ini menjadi tantangan bagi Aslida untuk mengolah dan menciptakan kreasi menu Nusantara dengan bahan yang ada agar mendekati rasa aslinya.

Buku ini sarat informasi berisi menu-menu resep pilihan yang mudah diikuti oleh pemula sekalipun, terutama yang tinggal di luar negeri yang membutuhkan referensi masakan nusantara.

Isi Buku Resep Masakan Indonesia di 5 Benua

Resep Masakan Indonesia di 5 Benua dibagi per bab berdasarkan benua agar kita mudah untuk mengenal makanan nusantara yang dapat diolah di setiap benua.

Bab Asia, menu yang disajikan seperti Arsik Ikan/Fish Arsik, Asam Padeh/Beef Asam Padeh, Pepes Tahu/Tofu Pepes, Tekwan/Tekwan Fish Soup, Kue Hunkwe Rasa Cokelat Kopi/Cofee Chocolate Mung Bean Dessert dan Cendol.

Bab Afrika, menu yang disajikan seperti Serundeng Sayap Ayam/Chicken Wing Serundeng, Ayam Taliwang/Taliwang Chicken, Ikan Bakar Colo-colo/Grilled Fish Colo-colo, Rujak Bumbu Kacang/Mix Fruit Dessert, Sayur Daun Singkong/Kale With Coconut Milk, Terong Balado/Balado Aubergine, Wedang Jahe/Hot Ginger.

Bab America, menu yang disajikan seperti Botok Ikan Tuna/Tuna Botok, Gadon, Nasi Goreng Kampung/Tradisional Fried Rice, Pancake Sayur/Vegetable Pancake, Sambal Goreng Kacang Tolo/Minced Meat and Black Eyed Beans with Sambal, Rujak Serut/Fruit Salad.

Bab Australia, menu yang disajikan seperti Arem-arem Kornet/Corned Beef Arem-arem, Soto Ayam/ChickenSoto, Telur Pindang/Pindang Egg, Udang Paprika/Sauteed Prawn and Paprika with butter, Wingko.

Bab Eropa, menu yang disajikan seperti Gudeg Kol Ungu/Purple Cabbage Gudeg, Ikan Woku/Woku Fish, Kalio Ayam/Ayam Kalio, Nasi Kuning/Yellow Rice, Sayur Lodeh/Mix Vegetables with coconut milk, Tumis udang labu siam/Prawn Kohlrabi.

Dan tambahan bab yang berisi menu favorit seperti Rendang Ayam/Beef Rendang, Sate Ayam/Chicken Satay, Gado-gado padang, sate padang.

Dengan adanya kemampuan dan usaha kita untuk bisa menyediakan kuliner Indonesia di luar negeri berarti kita juga ikut membantu memperkenalkan Indonesia di dunia international sekaligus melestarikan budaya Indonesia, khususnya di bidang kuliner.

Selain tentunya akan mengobati kerinduan akan masakan Indonesia yang kaya akan rempah.

Buku Resep Masakan Indonesia di 5 Benua bisa dibeli secara online di Gramedia.com atau e-book di Gramedia Digital.

Dapatkan juga gratis voucher diskon tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.