Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Negara Terbesar di Benua Afrika Berikut Ini

Kompas.com - 18/04/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Geografi Dengan Atlas Dunia…
Pengarang: Usborne
|
Editor Almira Rahma Natasya

Planet Bumi pada dasarnya memiliki tujuh benua di dunia yang dihuni oleh umat manusia, mulai dari benua Asia, Eropa, Australia, Amerika Selatan, Amerika Utara, Antartika, dan Afrika, yang di setiap benua memiliki ciri khas dan budaya tersendiri.

Di antara ketujuh benua tersebut, benua Afrika bisa dibilang memiliki keunikan dan kultur yang kuat, sehingga negara-negara yang menghuni benua ini mempunyai keindahan dan keberagaman budaya yang pastinya sangat menarik untuk dipelajari.

Benua Afrika adalah benua terluas kedua setelah benua Asia dengan total luas wilayah sekitar 30.224.050 km², sehingga benua Afrika merupakan 20,3% bagian dari total keseluruhan daratan di Bumi, termasuk meliputi pulau-pulau yang saling berdekatan di benua hitam tersebut.

Per tahun 2018, benua Afrika memiliki populasi sebanyak 1.3 miliar penduduk yang menyumbang sekitar 15% populasi manusia di muka bumi ini.

Selain itu Benua Afrika juga berisi 54 negara dengan luas wilayah yang beragam, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Negara manakah yang mempunyai luas wilayah terbesar? Berikut lima negara terbesar di benua Afrika.

5 Negara Terbesar di Benua Afrika

1. Aljazair

Aljazair atau dengan nama resminya, yaitu Republik Demokratis Rakyat Aljazair, merupakan negara dengan wilayah paling besar di benua Afrika dengan luas total wilayah mencapai 2.381.741 km² dan menjadi negara terluas ke-10 di dunia.

Aljazair memiliki jumlah penduduk sekitar 37 juta jiwa yang membuat negara ini masuk urutan ke-34 jumlah penduduk terbanyak di muka Bumi.

Perekonomian Aljazair mengandalkan sumber minyak bumi yang menjadi salah satu perusahaan minyak bumi terbesar di benua Afrika.

Ada dua bahasa sehari-hari yang digunakan oleh penduduk Aljazair, yaitu Arab dan Berber.

2. Republik Demokratik Kongo

Negara ini adalah negara terbesar kedua di benua Afrika.

Total luas wilayahnya 2.345.410 km² dan berbatasan langsung dengan Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah di sebelah utara, Zambia dan Angola di sebelah selatan, Republik Kongo di sebelah barat, dan dengan Burundi, Rwanda, Uganda, dan Tanzania di sebelah timur.

Negara ini memiliki ibu kota Kinsasha dengan bahasa resmi yang digunakan adalah Prancis, tapi terdapat juga beberapa bahasa nasional, seperti Swahili, Tshiluba, Kongo, dan Lingala.

Republik Demokratik Kongo mengandalkan sumber daya alamnya, seperti minyak bumi, uranium, kobalt, berlian, emas, dan koltan sebagai pendapatan negara.

3. Sudan

Republik Sudan adalah negara yang terletak di Afrika Timur dengan luas wilayah 1.886.068 km².

Sudan mempunyai ibu kota bernama Khartoum dengan bahasa resmi yang digunakan ialah Arab dan Inggris.

Negara ini berbatasan dengan Afrika Tengah di barat daya, Mesir di utara, Ethiopia di tenggara, Eritrea di timur, Laut Merah di sisi timur laut, Libya di barat laut, dan Chad di barat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Industri utama yang menopang perekonomian Sudan antara lain gula, minyak nabati, tekstil, minyak, farmasi, hingga minyak bumi.

4. Libya

Di posisi keempat sebagai negara terbesar di Benua Afrika jatuh pada Libya dengan total luas wilayah 1.769.541 km².

Ibu kota Libya ialah Tripoli dan menggunakan bahasa resmi Arab serta bahasa sehari-hari Arab Libya dan Berber.

Negara Libya sendiri berbatasan langsung dengan Sudan di sisi bagian tenggara, Tunisia dan Aljazair di bagian sisi barat, Mesir di bagian timur, Laut Tengah di bagian utara, serta Niger dan Chad di bagian selatan.

Sumber perekonomian utama Libya tergantung pada minyak bumi, karena Libya memiliki cadangan minyak bumi terbesar di Afrika.

5. Chad

Negara Chad memiliki luas wilayah 1.284.000 km² yang terletak di persimpangan Afrika Utara dan Tengah.

Selain itu, Chad juga dikenal sebagai negara yang terkurung daratan negara.

Chad berbatasan dengan Sudan di timur, Libya di utara, Kamerun di barat daya, Republik Afrika Tengah di selatan, Niger di barat, dan Nigeria di barat daya.

Terdapat dua bahasa resmi yang digunakan di negara terbesar kelima di benua Afrika ini, yakni Arab dan Prancis.

Chad memiliki ibu kota bernama N'Djamena dan mengandalkan pasokan minyak bumi sebagai penopang ekonomi negara mereka.

Bagaimana? Sekarang kamu jadi lebih tahu lagi mengenai fakta dan wawasan baru tentang benua hitam, Afrika, yang ternyata memiliki negara-negara dengan luas wilayah yang cukup besar.

Nah, berbicara tentang dunia beserta negara-negara yang ada di dalamnya, buku berikut ini sepertinya akan sangat cocok untuk kamu jadikan bahan referensi mengenai ilmu dan wawasan dunia.

Buku Ensiklopedia Geografi dengan Atlas Dunia Lengkap akan menunjukkan bidang geografi yang pastinya akan sangat menarik untuk diikuti, karena semuanya dikemas secara apik di sini.

Buku ini berisi pengetahuan mengenai bebatuan dan proses pembentukannya, cuaca dan iklim, sistem tata surya, macam-macam eksosistem, iklim, samudra, kependudukan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, buku ini juga disertai dengan foto alam yang memesona, catatan mengenai penduduk dan anak di tiap benua, dan diagram mengenai proses geografi serta geologi.

Buku Ensiklopedia Geografi dengan Atlas Dunia Lengkap bisa dibeli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com