Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Luas Wilayah Benua Eropa? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Kompas.com - 28/07/2022, 13:00 WIB
Luas Wilayah Benua Eropa Sumber Gambar: Pexels.com Luas Wilayah Benua Eropa
Rujukan artikel ini:
99 Cahaya di Langit Eropa…
Pengarang: Hanum Salsabiela Rais &…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Benua biru kerap disematkan sebagai panggilan untuk benua Eropa karena mayoritas penduduknya memiliki warna mata biru, sehingga tidak heran banyak sekali penduduk dunia yang ingin mengunjungi salah satu benua yang mempunyai kota-kota cantik nan bersejarah ini.

Secara geografis, benua Eropa adalah bagian dari daratan yang jauh lebih besar yang dikenal sebagai Eurasia.

Benua Eropa sendiri mempunyai lima suku bangsa mayoritas, yakni Mediteran, Slavia, Nordik, Dinara, dan Alpina.

Sedangkan dari segi bahasa, benua Eropa memiliki banyak bahasa dan dialek yang dapat dibedakan menjadi tiga rumpun bahasa, yaitu Bahasa Baltik Slavia (banyak digunakan di daerah Eropa Timur), Bahasa Romana (digunakan oleh penduduk di daerah Eropa Barat), dan Bahasa Indojerman (digunakan di sekitar Laut Baltik).

Dahulunya, benua Eropa dinominasi oleh keberadaan hutan yang sangat lebat, yakni sebanyak 80% hingga 90% yang menyebar dari Laut Mediterania hingga Samudera Arktik.

Namun, sayangnya kini jumlah hutan yang tersisa di benua Eropa hanya seperempatnya saja akibat kolonisasi selama berabad-abad, yakni hutan oak cork di Mediterania, hutan spruce di Skandinavia, hutan pinus di Rusia, dan hutan hujan di Kaukasus.

Namun, di balik keindahan dan sejarah yang menaungi benua Eropa, berapakah luas benua Eropa itu sendiri? Negara mana sajakah yang mempunyai wilayah terluas di benua Eropa? Cari tahu jawaban selengkapnya berikut ini.

Luas Benua Eropa

Benua Eropa merupakan benua terkecil nomor dua setelah benua Australia dengan luas 10.180.000 km².

Tapi jika dihitung dari jumlah populasi, benua Eropa menempati posisi ketiga populasi terbanyak di bawah benua Asia dan benua Afrika, dengan total 746,4 juta penduduk pada tahun 2018.

Benua Eropa sendiri terbagi ke dalam enam bagian wilayah, yaitu:

  1. Eropa Barat: Austria, Belgia, Belanda, Inggris, Jerman, Liechtenstein, Luksemburg, Monaco, Prancis dan Swiss
  2. Eropa Utara: Britania Raya, Aland, Denmark, Kepulauan Faroe, Finlandia, Irlandia, Islandia, Pulau Man, Norwegia, dan Swedia
  3. Eropa Tengah: Austria, Ceko, Hungaria, Jerman, Polandia, Slovakia, Slovenia, dan Swiss.
  4. Eropa Selatan: Portugal, Spanyol, Prancis, Monaco, Italia, Albania, Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Montenegro, Makedonia, Rumania, Serbia, Slovenia, Turki, dan Yunani)
  5. Eropa Tenggara: Albania, Austria, Bulgaria, Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Hungaria, Makedonia Utara, Montenegro, Serbia, Slovenia, Rumania, Ceko, Kosovo, dan Polandia)
  6. Eropa Timur: Rusia, Belarusia, Moldova, Georgia, Ukraina, Armenia, Azerbaijan, Lithuania, Latvia, dan Estonia

Tiga Negara Terluas di Benua Eropa

1. Rusia

Mungkin hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mengenal negara Beruang Merah yang kini tengah ramai menjadi perbincangan dunia, yakni Rusia.

Luas wilayah negara Rusia ternyata bukan hanya yang terbesar di benua Eropa, tapi juga menjadi negara dengan wilayah paling luas di dunia.

Rusia mempunyai wilayah seluas 17.125.200 km², bahkan keseluruhan luas wilayah negara Rusia mencakup hampir seperdelapan luas daratan di muka bumi, dengan jumlah penduduk sebanyak 146 juta jiwa menurut data di tahun 2016.

Wilayah Rusia membentang dari sepanjang Asia Utara hingga sebagian Eropa Timur.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Prancis

Prancis menjadi negara kedua dengan wilayah terluas di benua Eropa dengan total luas wilayah sebesar 643.801 km², dengan jumlah penduduk sebanyak 67 juta jiwa pada tahun 2012.

Prancis sendiri memang terkenal dengan destinasi pariwisatanya, seperti menara Eiffel, museum Louvre, dan tempat-tempat lainnya.

Negara Prancis membentang dari Laut Mediterania sampai Selat Inggris dan Laut Utara.

Tidak mengherankan jika Prancis mampu menyedot perhatian masyarakat dunia, karena memang menjadi negara ikon fashion hingga seni yang pastinya sangat dikagumi.

3. Ukraina

Sama halnya seperti Rusia, kini Ukraina pun sedang menjadi bahan perbincangan dunia karena tengah mendapatkan invasi dari Rusia.

Namun, siapa yang menyangka jika negara Ukraina menempati posisi ketiga sebagai negara dengan wilayah terluas di benua Eropa.

Negara Ukraina mempunyai wilayah total seluas 603.628 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 44,13 juta jiwa pada tahun 2020.

Tidak dapat disangkal, Ukraina dan Rusia sendiri memang kerap mengalami konflik, khususnya dalam memperebutkan wilayah Semenanjung Krimea.

Bagi kamu yang ingin mengetahui sejarah tentang benua Eropa dari sudut pandang lainnya, maka buku 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dapat dijadikan pilihan bacaan yang sesuai.

Buku ini merupakan novel yang menyajikan penjelajahan Hanum dan Rangga dalam mengeksplorasi benua Eropa beserta sejarah sentuhan Islam yang ternyata pernah ada dan membekas di benua biru tersebut.

Tidak hanya menarik dari segi cerita, buku ini juga akan memberikan banyak fakta-fakta menarik tentang Islam yang ternyata pernah mampir di benua Eropa, sehingga dapat menjadi perspektif baru dalam memandang sejarah benua Eropa.

Buku ini dapat dibeli dan dipesan langsung melalui Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com