Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Prinsip-Prinsip Geografi Beserta Contohnya Berikut Ini

Kompas.com - 31/05/2023, 13:00 WIB
 Prinsip-Prinsip Geografi Sumber Gambar: Freepik.com Prinsip-Prinsip Geografi
Rujukan artikel ini:
Kamus Istilah Geografi
Pengarang: Wahyu D.k
|
Editor Puteri

Pada dasarnya ilmu geografi mempelajari mengenai segala aktivitas manusia dan alam sebagai interaksi lewat sudut pandang ruang untuk membentuk pola ruang tertentu.

Kajian ilmu yang dibahas dalam geografi juga sangat luas sehingga terdapat banyak cabang ilmu geografi dalam ruang lingkup yang berhubungan dengan banyak aspek dan bidang geografi yang masih satu prinsip dalam keilmuan.

Dalam ilmu geografi terdapat prinsip-prinsip yang dijadikan tolok ukur mengenai konsep ruang ini.

Lalu, apa sebenarnya prinsip-prinsip geografi ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Prinsip-Prinsip Geografi

Ilmu geografi mempunyai prinsip dasar geografi yang totalnya ada empat.

Prinsip geografi merupakan sebuah dasar dalam pengkajian, pengungkapan, penjabaran, penyajian, dan penelitian variabel, gejala, masalah-masalah, dan faktor geografi dalam fenomena geosfer.

1. Prinsip Persebaran

Prinsip persebaran atau prinsip distribusi memiliki fungsi untuk menelaah fenomena dan gejala geografi yang terdapat di permukaan Bumi secara tidak merata dan tidak sama.

Fenomena geografi yang ditelaah biasanya berupa persebaran curah hujan, bentang alam, persebaran penduduk, persebaran sumber daya alam, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Fungsi lainnya dalam penggunaan prinsip persebaran ini pun bisa mengungkap interaksi antara satu fenomena dengan fenomena lainnya dengan menyeluruh.

Tidak hanya itu, prinsip persebaran bisa dipakai untuk memprediksi keadaan di masa yang akan datang.

2. Prinsip Interelasi

Prinsip interelasi mempunyai fungsi untuk meneliti hubungan yang saling berkaitan antara gejala satu dengan gejala geografi lainnya dalam satu ruang.

Prinsip interelasi juga bertujuan untuk menguraikan interaksi yang terdapat di dalam ruangan antara satu gejala dengan gejala lainnya.

Terdapatnya hubungan yang saling berkaitan antara manusia dan alam menjadikan diperlukannya prinsip interelasi ini. Interelasi bisa terjadi antara manusia dengan manusia, alam dengan alam, maupun manusia dengan alam.

3. Prinsip Deskripsi

Prinsip deskripsi mempunyai fungsi untuk memberikan pengertian secara lebih lanjut mengenai gejala-gejala yang berlangsung di muka Bumi yang bisa diamati.

Pada intinya, prinsip deskripsi memberikan penjelasan yang lebih mendetail tentang karakteristik yang spesifik pada tanda-tanda geografi.

Geografi yang menganut prinsip deskripsi ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena geosfer yang membutuhkan deskripsi, baik lewat tulisan, gambar, grafik, dan tabel yang disuguhkan melalui fakta, tanda, serta masalah sebab-akibat secara kuantitatif maupun kualitatif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Prinsip Korologi

Prinsip korologi memiliki fungsi untuk meneliti gejala, fakta maupun permasalahan yang terdapat di suatu tempat yang dilihat dari interelasinya, interaksinya, persebarannya, dan integrasinya dalam ruang tertentu.

Prinsip korologi adalah prinsip yang komprehensif sebab memadukan prinsip-prinsip lainnya seperti prinsip penyebaran, prinsip interelasi, dan prinsip deskripsi dalam satu prinsip, yaitu prinsip korologi.

Contoh Prinsip-Prinsip Geografi

1. Contoh Prinsip Penyebaran

Persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia.

Persebaran penduduk transmigran di wilayah Indonesia yang tidak merata.

2. Contoh Prinsip Interelasi

Suhu panas yang bisa menimbulkan penguapan sehingga turunlah hujan di wilayah tertentu.

Musibah banjir yang terjadi akibat penebangan hutan di daerah hulu.

Timbulnya tsunami akibat terjadinya gempa bumi di tengah laut.

3. Contoh Prinsip Deskripsi

Grafik peta lempeng tektonik di seluruh dunia.

Tabel angka pengangguran di provinsi Jawa Barat.

Gambar persebaran curah hujan di Malaysia.

Peta wilayah lautan di kawasan Asia Timur.

4. Contoh Prinsip Korologi

Untuk meneliti persoalan suhu udara maka perlu diteliti tentang perbedaan suhu udara di perkotaan dan perdesaan, penyebab munculnya perdesaan dan dampak jumlah pepohonan di desa terhadap suhu udara di daerah perdesaan dibandingkan perkotaan.

Supaya wawasan tentang ilmu geografi dapat terus bertambah dan semakin kaya, maka Kamus Istilah Geografi bisa dijadikan pedoman untuk belajar secara jauh lebih mendalam lagi.

Dalam kamus ini, penulis menempatkan dasar prinsipil ilmu geografi dalam aspek pokok seperti aspek fisik dan sosial.

Dalam aspek fisik, berkaitan erat dengan masalah-masalah Bumi, seperti atmosfer, geosfer, hidrosfer, litosfer, antroposfer, dan biosfer.

Sementara dalam aspek sosial berkaitan dengan problematika manusia sebagai makhluk Bumi dalam masalah politik, sosial, ekonomi, dan kebudayaan.

Segera saja dapatkan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com