Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 24/02/2023, 11:30 WIB
Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Sumber: MabelAmber/pixabay Pengertian Geografi Menurut Para Ahli
Rujukan artikel ini:
Mengkaji Ilmu Geografi SMA/MA Kelas…
Pengarang: Sugiyanto,dkk
|
Editor Rahmad

Geografi atau ilmu geografi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi. Geografi mempelajari beragam hal yang ada di bumi ini, termasuk flora, fauna, iklim, udara, tanah, bahan sampai lautan.

Maka dari itu, geografi juga disebut dengan suatu ilmu yang mempunyai banyak sekali cabang atau ilmu bantu yang berdasarkan pada objek yang sedang dipelajari. Cabang ilmu geografi juga sangatlah luas.

Ada banyak sekali pengertian geografi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, flora, fauna, penduduk, dan hasil yang diperoleh dari bumi.

Tidak hanya memiliki pengertian secara umum saja, geografi juga memiliki pandangan masing-masing berdasarkan para ahli. Lantas, apa pengertian geografi menurut para ahli? Berikut rangkumannya.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

1. Eratosthenes

Istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh Erathostenes (276-104 SM). Pengertian geografi menurut ahli, Erathostenes adalah penulisan megenai bentuk muka bumi.

Istilah atau kata geografi sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu geo yang berarti bumi, dan graphein yang berarti tulisan. Oleh sebab itu, membentuk kata geografi dan menjadi keilmuan yang membahas tentang bentuk permukaan bumi.

2. Immanuel Kant

Pengertian geografi menurut para ahli yang selanjutnya adalah menurut Immanuel Kant (1724-1821). Menurutnya, ilmu geografi sangat dengan dengan kajian ilmu filsafat, sehingga dirinya tertarik dengan ilmu geografi.

Menurutnya, geografi adalah Ilmu dan juga objek studinya berkaitan dengan benda-benda, hal-hal maupun gejala-gejala yang tersebar di berbagai wilayah di permukaan bumi.

3. Bintarto

Pengertian geografi menurut ahli yang selanjutnya yaitu Bintarto. Menurut Bintarto, geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitra, menerangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam serta penduduk, dan juga mempelajari mengenai tentang corak khas tentang kehidupan dan berusaha untuk mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan juga waktu.

4. Karl Ritter

Karl Ritter mengatakan bahwa istilah geografi sebagai suatu studi tentang bumi sebagai tempat dimana manusia dapat hidup. Lingkup dari studi ilmu pengetahuan geografi mencakup beragam fenomena yang ada dan terjadinya di permukaan bumi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Friedrich Ratzel

Dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie, pengertian geografi menurut para ahli adalah tentang konsep terkait geografi yang diberi nama Lebensraum yang artinya adalah wilayah geografis sebagai tempat hidup bagi suatu kaum.

6. Ellsworth Huntington

Pengertian geografi menurut para ahli yang selanjutnya adalah menurut Ellsworth Hunthington. Huntington mengemukakan teori yang berkaitan dengan geografi, di mana keberlangsungan hidup yang sangat dipengaruhi oleh suatu iklim.

Teori itulah yang membuat dirinya terkenal sebagai determinis iklim (memandang iklim sebagai suatu penentu kehidupan). Huntington menyatakan bahwa geografi adalah sebuah studi yang berkaitan dengan fenomena yang ada dimuka bumi beserta penduduk yang menghuninya.

7. Alexander von Humboldt

Alexander von Humboldt berpendapat bahwa geografi identik dengan geografi fisik. Alexander menjelaskan tentang kaitan antara bumi dengan matahari, beserta perilaku bumi di ruang angkasa, gejala cuaca, dan iklim di dunia.

Menjelaskan pula tipe-tipe permukaan bumi beserta dengan proses terjadinya dan segala hal yang berkaitan dengan hidrosfer dan biosfer.

8. Ferdinand Von Richthofen

Pengertian geografi menurut para ahli yang selanjutnya adalah menurut Ferdinand Von Richthofen. Dirinya mendefinisikan bahwa geografi adalah suatu ilmu tentang gejala dan sifat permukaan bumi dan penduduk yang hidup di dalamnya, serta disusun berdasarkan letaknya.

Itulah pengertian geografi menurut para ahli. Jika kamu adalah siswa yang tengah mempelajari tentang ilmu geografi, kamu bisa mempelajari ilmu geografi lebih dalam, termasuk pengertian geografi menurut para ahli melalui buku Mengkaji Ilmu Geografi SMA/MA Kelas 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016.

Buku ini disusun untuk mengajak ara peserta didik mengenal lebih memahami ilmu geografi. Materi geografi yang disajikan di dalam buku ini sangat up to date, dilengkapi juga dengan contoh-contoh yang bis akita jumpai di lingkungan sekitar.

Materi di dalam buku ini disajikan dengan sangat menarik yang berkaitan dengan ilmu geografi. Buku ini bisa mengajak seluruh pembacanya terlibat aktif dalam berbagai kegiatan untuk memahami serta menemukan konsep ilmu geografi.

Buku ini juga disajikan dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan kegiatan menanya, mengamati, mencoba, mengeksplor, serta menyajikan.

Dengan pendekatan tersebut, maka siswa diajak untuk bisa mencari tahu, bukan langsung diberi tahu. Yuk, segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com