Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik Benua Antartika Sebagai Benua Terluas di Permukaan Bumi

Kompas.com - 07/11/2022, 13:30 WIB
7 fakta tentang benua antartika sbg benua terluas di permukaan bumi Sumber: Kompas.com 7 fakta tentang benua antartika sbg benua terluas di permukaan bumi
Rujukan artikel ini:
Sejarah Ringkas Terbaik Dunia Kuno…
Pengarang: Anisa Septianingrum, M.pd.
|
Editor Rahmad

Terdapat begitu banyak hal unik serta menarik yang belum tentu diketahui oleh banyak orang tentang bumi. Siapa sangka bahwa di bumi terdapat banyak tempat-tempat lokasi terpencil, yang sulit untuk dijangkau serta memiliki iklim yang ekstrim seperti benua Antartika.

Salah satu benua terluas di permukaan bumi adalah benua Antartika. Seluruh orang di bumi juga pasti setuju bahwa benua Antartika adalah salah satu tempat yang paling misterius di bumi ini.

Jadi, tidak heran kalau benua Antartika kerap menarik perhatian para ilmuwan untuk mencari fakta unik. Untuk menambah informasi serta wawasan tentang benua terluas di permukaan bumi, maka berikut ini adalah fakta unik tentang benua Antartika.

Fakta Unik Tentang Benua Antartika

7 fakta tentang benua antartika sbg benua terluas di permukaan bumi 7 fakta tentang benua antartika sbg benua terluas di permukaan bumi

1. Terdapat tempat di Antartika yang belum pernah hujan atau salju selama 2 juta tahun

Di Antartika, sekitar 1% benua (4000 km atau 2.500 mil) secara permanen adalah terbebas dari es. Area tersebut disebut dengan lembah kering atau oasis Antartika.

Area tersebut dianggap sebagai gurun terkejam yang ada di dunia dan sudah diperkirakan tidak pernah mengalami hujan atau salju selama hampir 2 juta tahun lamanya.

Berdasarkan sebuah studi yang dipimpin oleh ilmuwan Australia, akibat adanya perubahan iklim, maka area bebas es di Antartika ini bisa meluas sampai 25% pada akhir abad ke-21. Ini bisa dengan drastisnya mengubah keanekaragaman hayati dari benua.

2. Terdapat air terjun di Antartika yang disebut dengan air terjun darah

Air terjun darah atau blood falls bukan air terjun yang benar-benar mengalirkan darah. 5 juta tahun yang lalu, Ketika permukaan laut naik, Antartika Timur mengalami banjir dan danau asin terbentuklah di sana.

Lalu, setelah jutaan tahun, gletser terbentuk di atas danau. Danau subglasial di bawah air terjun darah rasanya tiga kali lebih asin dari pada air laut.

Air di bawah gletser ini mengandung banyak sekali zat besi. Jadi, saat air tersebut bersentuhan dengan udara, zat besi tersebut teroksidasi, kemudian berubah warnanya menjadi warna merah darah. Oleh sebab itu, saat air mengalir di atas es akan terlihat seperti noda darah.

3. Antartika menjad satu-satunya tempat di dunia yang tidak ada semut

Hampir setiap bagian tanah yang ada di bumi ini menampung setidaknya satu spesies semut asli atau invasif. Namun, berbeda dengan di Antartika, Kutub Utara dan beberapa pulau terpencil lainnya yang ada di bumi, ini adalah tempat yang tidak pernah dijajah oleh semut.

4. Suhu permukaan terendahnya mencapai -144o F (-98o C)

Di tahun 2013, diperkirakan bahwa suhu pada permukaan terdingin di bumi tercatat di Antartika adalah -135 ° F (-93 ° C). Tetapi, kemudian pada 2020 peneliti sudah merevisinya, dan para ilmuwan mengumumkan bahwa suhu dapat turun lebih rendah lagi sampai -144 ° F (-98 ° C).

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kondisi suhu terendah tersebut bisa terjadi karena adanya udara kering dan langit yang cerah. Jika mereka bertahan lebih lama, maka suhu bisa turun lebih rendah lagi.

5. Benua terdingin dan terkering

Terlepas dari semua esnya, Antartika sebetulnya adalah sebuah gurun. Karena tingkat curah hujannya yang rendah. Daerah bagian dalam menerima hujan rata-rata 2 inci (50 millimeter) dalam bentuk salju di setiap tahunnya.

Nah, sebagai perbandingan, gurun Sahara mampu menerima hujan dua kali lebih banyak di setiap tahunnya. Pesisir di Antartika juga sudah menerima banyak air, tetapi tidak seperti gurun lainnya. Ia tidak meresap ke dalam lapisan tanah.

Itulah 5 fakta menarik tentang benua Antartika sebagai salah satu benua terluas yang ada di permukaan bumi. Dengan mengetahui fakta menarik ini, maka mampu memperluas wawasan kamu mengenai benua terluas yang ada di permukaan bumi.

Untuk kamu yang ingin menambah wawasan tentang benua terluas yang ada di permukaan bumi lainnya, maka kamu bisa membacanya melalui berbagai buku yang membahas tentang benua yang ada.

Pasalnya, benua terluas yang ada di permukaan bumi sangatlah banyak, bukan hanya benua Antartika saja. Salah satunya buku yang bisa kamu baca adalah Sejarah Ringkas Terbaik Dunia Kuno Empat Benua.

Buku ini membahas seputar dunia kuno Eropa yang tak melulu berfokus pada kemegahan kuil Athena, sejarah perang Sparta-Persia, ataupun keagungan Romawi saja. Tetapi juga masih terdapat peradaban di benua Asia, Afriak, dan Amerika. Dan masing-masing benua mempunyai sejarah kunonya yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena memaparkan secara ringkas tentang peradaban kuno pada empat benua, sebagai pegangan pembelajaran sejarah.

Kamu bisa segera memesan buku ini melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com