Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Resep MPASI Terbaik sebagai Panduan Orangtua dalam Memasak

Kompas.com - 14/06/2023, 12:30 WIB
rekomendasi buku resep mpasi Sumber: pixabay.com/congerdesign rekomendasi buku resep mpasi
Rujukan artikel ini:
Mommyclopedia: 78 Resep MPASI
Pengarang: dr. Meta Hanindita, Sp.A
|
Editor Rahmad

Bos Baby sudah berumur enam bulan? Saatnya MPASI!

MPASI diperlukan oleh bayi saat mereka menginjak usia enam bulan, karena nutrisi dari ASI saja sudah tidak cukup.

Jadi, orang tua bisa memberikan makanan pendamping seperti ikan, daging, sayur, buah, dan sebagainya.

Semakin banyaknya pilihan makanan, semakin bingung pula dalam memilih dan mengolahnya menjadi resep MPASI 6 bulan, bukan?

Tidak perlu khawatir, berikut rekomendasi buku resep MPASI terbaik yang bisa jadi panduan kamu dalam memasak MPASI 6 bulan si kecil.

Rekomendasi Buku Resep MPASI 6 Bulan Terbaik

1. Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

Rekomendasi buku resep MPASI 6 bulan yang pertama adalah buku yang berjudul Mommyclopedia: 78 Resep MPASI karya dr. Meta Hanindita, Sp.A. buku ini memuat beberapa contoh menu MPASI rumahan dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia secara lokal dan harganya yang terjangkau.

Resep MPASI 6 bulan yang disajikan di dalam buku ini antara lain bubur opor ayam, bubur udang tahu, tim cah ikan kembung, mie tek-tek, agar-agar buah, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya makanan utama, dr. Meta juga menyertakan resep camilan untuk anak dengan pembagian kategori berdasarkan usia, 6-8 bulan, -11 bulan, dan 12-23 bulan.

Melalui buku ini, kamu bisa mengetahui seberapa besar porsi bahan makanan yang perlu diberikan kepada si kecil berdasarkan usianya.

Selain itu, dilengkapi juga dengan informasi kandungan per porsi, jadi orangtua bisa memperkirakan cukup atau tidaknya makanan itu untuk memenuhi kebutuhan bayi.

2. Best Of The Best MPASI Gizi Tepat

Buku berjudul Best Of The Best MPASI Gizi Tepat karya Fasty Arum Utami, S.Gz,M.Sc, menyajikan berbagai menu MPASI yang sesuai dengan usia serta perkembangan sistem pencernaan bayi.

Buku yang diterbitkan oleh Oxygen Publisher pada tahun 2018 ini memuat resep berupa puree untuk bayi usia 6-8 bulan.

Selain itu, ada juga resep bubur untuk bayi usia 8-10 bulan, sari buah dan juga jus untuk usia bayi di atas 6 bulan, finger food untuk bayi di atas 6 bulan, serta resep nasi tim untuk bayi di atas 10 bulan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Resep MPASI 6 bulan yang dimuat di dalam buku ini juga beragam, sehingga saat mulai MPASI si kecil tidak akan merasa bosan.

3. Cemong Book: MPASI 101, Panduan Praktis dan Lengkap Nutrisi Anak

Buku Cemong Books: MPASI 101, Panduan Praktis dan Lengkap Nutrisi Anak merupakan buku karya dr Citra Amelinda Sp.A., IBCLC yang membahas tentang pedoman MPASI anak.

Buku ini secara lengkap menemani para orang tua dalam memahami seluk beluk tentang MPASI.

Mulai dari konsep dasar nutrisi, pola makan yang sehat, rintangan yang akan dihadapi saat MPASI, dan yang paling penting adalah resep MPASI 6 bulan yang bisa kamu praktekkan langsung di rumah.

Buku ini bisa menjadi inspirasi sekaligus penyemangat juga untuk para orang tua dalam mempersiapkan makanan MPASI 6 bulan untuk si kecil.

4. 76 Ide Hidangan Nusantara untuk MPASI dan Balita

Rekomendasi buku resep MPASI 6 bulan yang selanjutnya adalah buku 76 Ide Hidangan Nusantara untuk MPASI dan Balita karya dari dr. Dyah Arum Kusumaningtyas. Buku ini ditulis dengan mengedepankan kekayaan kuliner yang ada di Indonesia.

Resep MPASI 6 bulan yang ada di dalam buku ini memiliki bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan. Selain itu, cara memasaknya juga sangat mudah dan familiar dengan keseharian kita. Jadi, buku ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menemani perjalanan MPAS di kecil.

Di dalam buku ini juga dilengkapi dengan perhitungan kandungan gizinya.

Dengan begitu, bisa memudahkan kamu dalam menghitung serta memilih variasi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

5. Antiribet MPASI

Buku Antiribet MPASI adalah karya dari dr. Asti Praboni, Sp.A, IBCLC dan dr. Dyah Febriyanti, IBCLC. Melalui buku ini, kamu akan mengetahui pentingnya menyajikan varian menu MPASI dan tentunya menjawab pertanyaan orang tua dalam pemberian MPASI.

Selain itu, di dalam buku ini juga dilengkapi dengan susunan resep menu MPASI 6 bulan yang sederhana dan anti ribet. Dalam penulisan buku ini menggunakan standar WHO (World Health Organization), sehingga resep menu di dalam buku ini sangat aman.

Itulah rekomendasi buku resep MPASI 6 bulan yang bisa menjadi panduan orang tua untuk membuatkan makanan pendamping ASI untuk anak. Semua buku di atas bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com