Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Pola Pikir, Terapkan 5 Cara Ini agar Kamu Menjadi Orang yang Mandiri

Kompas.com - 13/06/2023, 10:00 WIB
Cara Menjadi Mandiri  Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menjadi Mandiri 
Rujukan artikel ini:
Atomic Habits: Perubahan Kecil yang…
Pengarang: James Clear
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Dalam kehidupan, setiap orang tentunya mendambakan dirinya untuk menjadi individu yang mandiri.

Seseorang yang mandiri biasanya digambarkan sebagai sosok yang bisa dengan mudah menentukan pilihan dan tidak terus menerus bergantung pada orang lain.

Tapi untuk menjadi pribadi yang mandiri, diperlukan proses yang panjang dan memakan waktu yang tidak sebentar.

Kamu juga membutuhkan beberapa bekal seperti pengalaman hidup, kematangan dalam berpikir, keberanian dalam mengambil keputusan, dan masih banyak lagi.

Di dunia ini, ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan kebahagiaan, salah satu caranya adalah dengan memiliki kemandirian.

Dalam hal ini, kemandirian merupakan salah satu aspek yang bisa menentukan seperti apa pola pikir seseorang dan bagaimana responnya dalam memandang segala sesuatu.

Meski bukan hal yang mudah untuk diterapkan, perlu disadari bahwa kemandirian adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki karena tidak selamanya hidup kamu akan terus bergantung pada orang lain.

Untuk menjadi orang yang lebih mandiri, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang.

5 Cara Menjadi Orang yang Mandiri

1. Belajar Menerima Diri Sendiri

Kepribadian yang mandiri nantinya bisa dilihat dari bagaimana ia menerima dirinya sendiri dan berdamai dengan kekurangan yang dimilikinya.

Kalau kamu pernah mengalami kegagalan dalam hidup, cobalah untuk melupakan dan menjadikannya sebagai pelajaran yang berharga.

Dengan belajar menerima diri sendiri, kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang jauh lebih bahagia dan tidak melulu menyalahkan keadaan.

2. Percaya pada Diri Sendiri

Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh manusia adalah terlahir dengan berbagai macam perbedaan dan keunikannya masing-masing.

Fakta tersebut tentunya bisa menyadarkan kamu bahwa tidak semua orang akan setuju dengan hal-hal yang kamu lakukan atau katakan.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk bisa berdiri di atas kaki sendiri dan tentunya percaya bahwa kita mampu mengambil semua keputusan sendiri tanpa melibatkan orang lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Belajar Lepas dari Kendali Orang Lain

Menjadi mandiri berarti kamu harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berusaha sendiri dan kapan saatnya mencari bantuan.

Coba pahami tugas dan peran diri sendiri dalam berbagai hal, misalnya dalam pekerjaan atau pendidikan sebelum nantinya kamu meminta bantuan dari orang lain.

Selain itu, kamu juga harus melatih diri untuk lebih berani memulai dan memutuskan sesuatu tanpa arahan dari orang lain.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa rendah diri dan kamu pelan-pelan bisa tumbuh menjadi individu yang jauh lebih mandiri.

4. Berlatih Berpikir Mandiri

Berpikir mandiri berarti belajar mengeksplorasi dengan cara mencari tahu, meminta referensi dari orang lain, mempertimbangkan, dan kemudian menentukan pilihan tersebut.

Meski ada beberapa pilihan yang mungkin tidak tepat, kamu tetap bisa mendapatkan pembelajaran dalam hal pengambilan keputusan secara mandiri.

Selain itu, kamu juga bisa meminta orang lain untuk berpendapat terkait dengan hal tertentu, dengan begitu, kamu akan memiliki sudut pandang lain dan kamu bisa belajar memandang segala sesuatu dengan lebih objektif.

5. Buatlah Jadwal Rutinitas yang Produktif

Untuk menjadi individu yang lebih produktif, kamu harus berhenti menunda pekerjaan dan mulai mengerjakan hal-hal yang seharusnya kamu selesaikan.

Kemandirian dalam diri seseorang bisa dilihat dari bagaimana ia mengatur waktu dan mengutamakan hal-hal yang menjadi prioritas.

Kamu bisa coba membuat jadwal kegiatan harian yang kamu sukai dan buatlah kegiatan itu jadi kebiasaan yang rutin dilakukan setiap harinya.

Bicara tentang kegiatan atau rutinitas baru, buku Atomic Habits karya James Clear akan membagikan beberapa tips menarik yang bisa membantumu menyesuaikan diri dengan berbagai kegiatan baru yang sedang kamu jalankan.

Melalui buku ini, James Clear juga menyisipkan beberapa kisah tentang para tokoh dunia yang berkaitan dengan kehidupan, kemandirian, cara mengubah diri sendiri menjadi lebih baik, dan masih banyak lagi.

Buku self improvement yang satu ini ditulis dengan gaya story telling sehingga para pembaca bisa dengan mudah memahami setiap pemaparan yang dijelaskan oleh James Clear.

Tidak hanya gaya penulisannya yang sederhana, James Clear juga mengaitkan setiap bab dalam buku ini dengan hal-hal yang lebih realistis agar tetap terasa relate bagi para pembaca.

Kalau penasaran dengan isi bukunya, kamu bisa dapatkan buku ini melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com