Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Mindset Orang Sukses yang Bisa Kamu Terapkan untuk Masa Depan yang Lebih Cerah

Kompas.com - 29/12/2021, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Think And Grow Rich
Pengarang: Napoleon Hill
|
Editor Almira Rahma Natasya

Untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam hidup, tidak hanya diperlukan usaha yang kuat untuk meraihnya, tapi juga diperlukan pola pikir atau mindset yang tepat untuk turut serta membantu kita dalam menggapai kesuksesan.

Mindset atau pola pikir ini mutlak dibutuhkan jika ingin menjadi orang sukses, karena tanpa adanya mindset yang terbuka dan mau berkembang, rasanya mustahil untuk bisa mendapatkan kesuksesan.

Banyak manfaat yang akan kita rasakan saat bisa mengubah dan mengembangkan mindset, karena pikiran yang selalu membuat kita merasa tidak mampu atau takut akan sesuatu hal yang baru, malah akan menghambat jalan menuju kesuksesan.

Tapi, apa saja mindset orang sukses yang bisa kita terapkan pada diri sendiri dan mendorong kita agar mampu menghadapi berbagai risiko dan rintangan yang menghadang?

Berikut enam mindset orang sukses yang bisa kamu tiru dan terapkan sebagai modal utama untuk meraih kesuksesan di masa depan.

6 Mindset Orang Sukses

1. Berpikiran Positif

Optimistis akan selalu hadir jika kamu memiliki pikiran positif yang akan sangat membantu dalam menghadapi setiap permasalahan yang timbul. Sehingga saat rintangan hadir, alih-alih lari meninggalkan masalah, kamu justru akan tenang dalam menyelesaikannya.

Pikiran positif adalah langkah awal yang akan menuntun jalan bagi kamu menuju kesuksesan karena mampu membawa semangat dan gairah dari setiap langkah yang akan kamu ambil dalam setiap keputusan.

2. Menghargai dan Mencintai Diri Sendiri

Orang-orang yang sukses biasanya selalu percaya akan talenta dan kemampuan yang dimiliki oleh dirinya, sehingga teramat sangat penting untuk selalu menghargai setiap usaha yang kita lakukan untuk mencapai kesuksesan.

Baik atau buruknya hasil yang kita dapatkan tidak akan pernah memengaruhi rasa cinta terhadap diri sendiri, karena siapa lagi yang lebih memahami dan menyayangi diri sendiri selain kita sendiri.

3. Memiliki Growth Mindset

Setiap orang yang ingin sukses harus memiliki growth mindset di dalam dirinya agar mau untuk terus belajar dan sadar akan setiap kemampuan yang bisa terus dikembangkan serta ditingkatkan.

Growth mindset akan sangat membantu kita untuk selalu berani menghadapi segala hal baru yang menjadi syarat utama untuk menggapai kesuksesan di dalam hidup ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Mempunyai Target dan Cara Mencapainya

Agar bisa menjadi orang sukses, kita harus memiliki target dan rencana untuk tahu sejauh mana progress yang telah kita lakukan supaya bisa menjadi bayangan serta bahan evaluasi untuk meningkatkannya.

Tidak ketinggalan, kita juga harus tahu bagaimana cara untuk mencapai target tersebut agar tidak terkesan mengada-ada dan memiliki semangat serta dorongan untuk segera melakukannya, sehingga tidak akan menunda-nunda pekerjaan.

5. Berkomitmen Kuat

Orang yang sukses selalu memiliki komitmen yang kuat akan segala sesuatu yang sedang dia kerjakan maupun ingin raih, karena tahu akan usaha dan kerja kerasnya tidak akan pernah terasa sia-sia untuk dilakukan.

Saat sedang melaksanakan project, biasanya orang-orang sukses selalu fokus dan tidak pernah merasa bosan atau kesulitan saat mengerjakannya, bahkan mereka tidak pernah menunda-nunda pekerjaan sehingga selalu tepat waktu.

6. Berani Mengambil Risiko

Kesuksesan tidak akan datang menghampiri jika tidak berani keluar dari zona nyaman dan mengambil risiko, sehingga tidak mengherankan jika kebanyakan orang sukses memiliki mindset seperti ini.

Risiko atau tantangan baru adalah hal yang tanpa ragu akan dihadapi oleh orang-orang sukses karena dibaliknya terdapat berbagai macam hal baru yang dapat meningkatkan kualitas kepribadian.

Selain keenam mindset orang sukses yang telah dibahas, buku berikut juga bisa menjadi sumber wawasan untuk kamu yang ingin memiliki mindset orang sukses.

Buku klasik berjudul Think and Grow Rich yang ditulis oleh Napoleon Hill merupakan buku yang selalu mampu jadi sumber ilmu untuk meningkatkan kepribadian agar menjadi orang sukses.

Meskipun telah ditulis puluhan tahun yang lalu, tapi isi dan makna yang terkandung di dalamnya masih sangat terasa relevan dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Di setiap babnya, kamu akan menemukan contoh-contoh nyata dari setiap materi yang dibahas, sehingga setiap kiat sukses yang ditulis tidak terkesan sembarangan atau asal.

Buku ini dapat kamu beli di Gramedia.com.

Selamat menerapkan mindset orang sukses dalam kehidupan sehari-hari!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com