Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Fungsi Jantung pada Tubuh Manusia dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung Berikut Ini!

Kompas.com - 31/05/2023, 10:23 WIB
 Fungsi Jantung Sumber Gambar: Freepik.com Fungsi Jantung
Rujukan artikel ini:
Mengapa Kita Tidur: Mengungkap Keampuhan…
Pengarang: MATTHEW WALKER
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Jantung menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari penyakit yang bisa mengganggu kesehatan.

Dalam tubuh manusia, jantung memiliki fungsi utama untuk mengalirkan darah bersih yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

Tapi tidak hanya oksigen, jantung juga mengalirkan darah yang berisi berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka dari itu, jantung yang sehat akan sangat membantu kelangsungan hidup kita menjadi lebih baik.

Perlu kamu pahami kalau organ jantung ini bekerja secara terus menerus, pada orang dewasa, jantung mengalirkan darah setidaknya 14.000 liter setiap hari.

Meski ukurannya tergolong tidak terlalu besar, jantung terbagi menjadi 4 bagian yang semua bagiannya memiliki tugas dan fungsinya masing-masing.

Kalau ingin tahu lebih lanjut mengenai bagian-bagian jantung dan fungsinya, kamu bisa simak artikelnya berikut ini.

Fungsi Jantung Berdasarkan Bagian-bagiannya

1. Bilik Kanan

Perlu kamu ketahui, bilik kanan berada di bagian bawah serambi kanan dan di samping bilik kiri.

Bilik kanan adalah bagian yang berperan penting dalam memompa darah kotor ke bagian paru-paru supaya karbon dioksida nantinya bisa ditukar dengan oksigen melalui aktivitas pernapasan.

Darah kotor yang mengalir melewati serambi akan melalui katup trikuspid agar nantinya bisa sampai ke bagian bilik kanan.

Darah ini kemudian dipompa ke bagian paru-paru melalui katup pulmonalis dan akan mengalir melalui arteri pulmonalis.

Jika bagian bilik kanan ini tidak berfungsi dengan baik, maka akan terjadi gagal jantung karena jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal.

2. Bilik Kiri

Sesuai dengan namanya, bilik kiri ini berada di bagian bawah serambi kiri yang dipisahkan oleh katup mitral.

Sebagai bagian jantung yang paling tebal, bilik kiri memiliki fungsi untuk memompa darah bersih ke seluruh tubuh.

Saat tekanan darah di dalam tubuh meningkat, otot pada bilik kiri akan mengeras dan membesar karena beban kerja yang terlalu berat.

Kalau masalah ini terjadi secara terus menerus, fungsi jantung sebagai pemompa darah tentu akan sangat terganggu.

3. Serambi Kiri

Bagian jantung yang berada di kiri atas organ jantung ini berfungsi untuk menerima darah bersih dari bagian paru-paru.

Perlu dipahami kalau darah bersih ini adalah darah yang memiliki oksigen dan penting bagi manusia.

Darah bersih ini masuk ke bagian serambi kiri melalui vena pulmonalis atau pembuluh balik, kemudian akan dipompa ke bagian bilik kiri melalui katup mitral.

4. Serambi Kanan

Kebalikan dari serambi kiri, serambi kanan ini berfungsi untuk menerima darah kotor dari vena dan memompa ke bagian bilik kanan.

Pada janin yang masih dalam kandungan, biasanya terdapat lubang di bagian serambi kanan yang berfungsi untuk memasukkan darah bersih yang mengandung oksigen ke bagian serambi kiri.

Lubang pada janin itu juga berfungsi untuk menjaga sirkulasi darah karena paru-paru bayi yang ada di dalam kandungan belum bisa berfungsi secara optimal.

Ketika bayi lahir, organ paru-parunya akan mulai mengembang dan berfungsi sebagaimana mestinya sehingga lubang tersebut akan tertutup dengan sendirinya dan kemudian membuat batasan antara serambi kanan dan serambi kiri.

Setelah mengetahui bagian-bagian yang ada pada organ jantung beserta fungsinya, kamu juga harus memahami bagaimana cara menjaga kesehatan jantung agar tetap bisa berfungsi dengan optimal.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

1. Hindari Kebiasaan Merokok

Para perokok aktif memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung koroner, bahkan perokok pasif yang hanya menghirup asap rokok saja bisa beresiko mengidap penyakit tersebut.

Hal ini karena zat-zat beracun yang ada pada rokok bisa merusak pembuluh darah dan mengganggu aliran darah pada jantung karena kurangnya nutrisi dan oksigen.

2. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada organ tubuh yang penting seperti jantung dan otak.

Untuk mencegah terjadinya masalah ini, kamu bisa coba mengurangi asupan garam, membatasi minum minuman yang mengandung alkohol, dan berolahraga secara rutin.

3. Mengonsumsi Lebih Banyak Serat

Makanan yang mengandung banyak serat diklaim ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat yang ternyata bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung.

Serat ini bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti kacang, sereal, gandum, buah, dan sayuran.

Tapi usahakan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan berserat dalam jumlah yang banyak karena akan mengakibatkan gangguan pencernaan.

Untuk pemula, kamu bisa coba penuhi kebutuhan serat setidaknya 30 gram per hari.

4. Mengurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, kulit ayam, makanan olahan, dan susu tinggi lemak ternyata juga tidak baik bagi kesehatan jantung.

Tingginya konsumsi lemak jenuh bisa meningkatkan kolesterol di dalam darah yang nantinya bisa menyumbat pembuluh darah jantung yang menjadi penyebab munculnya penyakit jantung.

5. Rutin Berolahraga

Di tengah banyaknya aktivitas, kamu tetap harus menyempatkan waktu untuk berolahraga secara rutin setidaknya 20 sampai 30 menit setiap hari.

Kebiasaan berolahraga ini nantinya bisa berdampak sangat baik bagi kesehatan organ jantung sehingga bisa mencegah munculnya penyakit jantung.

Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dipilih, untuk pemula misalnya, kamu bisa coba berenang, berjalan kaki, atau lari-lari kecil di sekitar rumah.

6. Istirahat yang Cukup

Selain olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat juga menjadi salah satu aktivitas penting yang bisa membantu menjaga kesehatan organ jantung.

Dari berbagai survei, waktu tidur yang paling baik untuk tubuh manusia adalah 8 jam secara penuh dalam satu hari.

Kurangnya jam tidur akan mengakibatkan kerusakan pada organ jantung sehingga usahakan untuk mengurangi aktivitas pada malam hari agar kamu bisa memiliki waktu istirahat yang cukup.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai fungsi jantung berdasarkan bagian-bagiannya dan cara menjaga kesehatan jantung yang bisa kamu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Membicarakan soal tidur pada malam hari, orang-orang yang memasuki usia dewasa pada umumnya memang memiliki jam tidur yang berantakan.

Ini bisa terjadi karena berbagai faktor mulai dari jam kerja yang tidak beraturan, tugas-tugas yang menumpuk, terlalu asik menonton film atau drama, dan masih banyak lagi.

Padahal, tidur atau istirahat adalah hal yang sangat penting tidak hanya untuk kesehatan jantung tapi juga untuk keseluruhan organ yang ada di dalam tubuh.

Supaya kamu lebih memahami pentingnya tidur, kamu bisa membaca buku Mengapa Kita Tidur: Mengungkap Keampuhan Tidur dan Bermimpi karya Matthew Walker.

Buku dengan tebal 512 halaman ini berisi penjelasan lengkap mengenai pentingnya tidur bagi manusia berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Walker selama 20 tahun.

Tidak hanya itu, buku ini juga akan menjelaskan beberapa jenis penyakit seperti kanker, obesitas, diabetes, dan Alzheimer, yang biasanya berhubungan dengan kurangnya waktu tidur.

Melalui buku ini, kamu bisa belajar untuk lebih mencintai diri sendiri dengan cara menjaga kesehatan tubuh secara maksimal.

Untuk memiliki buku ini, kamu bisa membelinya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com