Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Bingung Lagi, Lakukan 6 Olahraga Ini di Rumah Untuk Mengecilkan Perut

Kompas.com - 15/11/2022, 17:30 WIB
olahraga yang bisa mengecilkan perut Sumber: Kompas.com olahraga yang bisa mengecilkan perut
Rujukan artikel ini:
Fitness vs Diet
Pengarang: Niken Octavianti
|
Editor Rahmad

Cara mengecilkan perut tidak melulu harus pergi ke pusat kebugaran. Untuk mengatasi perut yang buncit, kamu juga bisa melakukannya dengan menjalankan aktivitas olahraga ringan secara rutin di rumah.

Lemak di perut memang termasuk yang paling sulit untuk dihilangkan, jadi di samping menjaga asupan makanan, kamu juga perlu untuk mengimbanginya dengan melakukan berbagai gerakan olahraga yang bisa mengecilkan perut.

Untuk memaksimalkannya, terdapat beberapa jenis gerakan yang dapat kamu lakukan. Beberapa jenis olahraga mengecilkan perut ini bila dilakukan dengan rutin, maka bisa membantu kamu untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Jadi, berikut ini adalah gerakan-gerakan olahraga yang dapat membantu kamu dalam menemukan solusi cara mengecilkan perut.

Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut

1. Sit up

sit up sit up

Sit up terbilang cocok dijadikan salah satu gerakan olahraga cara mengecilkan perut. Kamu bisa mulai dengan posisi berbaring di lantai dan menekuk lutut kamu.

Setelah itu, angkat badan kamu ke arah lutut sambal Kembali menurunkan tubuhmu ke lantai. Lakukanlah latihan ini sebanyak 2 sampai 3 set sebanyak 10 kali repetisi.

2. Plank

plank plank

Tanpa bantuan alat, cara mengecilkan perut menggunakan gerakan ini termasuk yang ampuh. Pasalnya, plank bisa melatih otot yang mengelilingi perut serta membantu kamu dalam membentuk postur tubuh menjadi lebih baik.

Awali gerakan dengan posisi push-up dan letakkan tangan di samping dan kaki selebar bahu. Sebaiknya, lakukan latihan ini di atas matras atau di permukaan yang empuk. Cobalah Latihan ini dengan meningkatkan durasinya tiap set. Lakukan selama 30 detik, lalu tingkatkan kembali satu menit kemudian pada set berikutnya.

3. Squat

squat squat

Squat juga bisa menjadi salah satu gerakan untuk cara mengecilkan perut yang dapat kamu lakukan di rumah.

Mulailah dengan berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Kemudian, posisikan tangan ke depan dan turunkan tubuh kamu secara perlahan. Tekuk lutut sampai membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi selama 10 sampai 15 detik. Lakukan gerakan sebanyak 10 sampai 15 kali.

4. Crunches

crunches crunches

Gerakan olahraga ini juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut. Langkah pertama adalah rebahkan tubuh kamu dalam posisi terlentang diatas matras, kemudian posisikan tangan di belakang kepala dengan lutut yang ditekuk.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setelah itu, angkat bagian bahu dan punggung, lalu posisikan seperti semula. Lakukan gerakan tersebut dengan posisi tangan masih di belakang kepala. Kamu bisa melakukan gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali.

5. Upward plank

upward plank upward plank

Cukup mudah dan simpel, gerakan ini termasuk jenis olahraga sebagai salah satu cara mengecilkan perut sebelum tidur yang bisa kamu coba di rumah.

Kamu bisa ambil posisi duduk dengan kaki lurus ke depan, lalu pastikan bahwa lengan kamu lurus dan tempelkan telapak tanganmu ke permukaan lantai. Setelah itu, kencangkan otot perut kemudian tarik badanmu ke arah atas secara perlahan.

Kemudian, dorong perut kamu dengan bantuan telapak tangan dan gunakan tumit untuk mendorong badan lebih tinggi. Pertahankan posisi tersebut selama beberapa detik sebelum kamu berubah kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini selama 10 sampai 12 kali pada setiap setnya.

6. Flutter kick

flutter kick flutter kick

Tanpa membutuhkan alat, cara mengecilkan perut dengan gerakan olahraga ini bisa dilakukan untuk wanita ataupun pria. Kamu hanya perlu berbaring di atas matras sambal meletakkan telapak tangan menghadap ke bawah dan ganjal sedikit di bahwa pantat.

Kemudian, angkat kedua kaki kamu secara bergantian dalam posisi lurus. Terus pertahankan posisi perut kamu supaya tetap tegak dan lakukan gerakan ini selama 20 detik.

Itulah beberapa gerakan olahraga sebagai salah satu cara mengecilkan perut yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Kamu juga perlu ingat, selalu seimbangkan latihan fisik dengan asupan makanan yang bergizi seimbang.

Untuk mengetahui berbagai gerakan-gerakan olahraga yang bisa dilakukan dalam menjaga bentuk serta postur tubuh, kamu juga bisa membacanya melalui buku Fitness vs Diet.

Di dalam buku ini, akan dipaparkan perbedaan antara diet dan fitness yang bisa membantu kamu dalam memecahkan solusi untuk kamu yang bingung harus melakukan diet atau fitness untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, kamu juga akan mengetahui jenis-jenis diet serta program fitness yang bisa diikuti oleh kamu. Setelah kamu membaca buku ini, kamu bisa memilih apakah kamu lebih cocok melakukan diet atau fitness.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com