Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pilihan Sayur Diet Sehat yang Baik untuk Kamu Konsumsi

Kompas.com - 14/02/2022, 21:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan…
Pengarang: Robert Hendrick Liembono, Robert…
|
Editor Novia Putri Anindhita

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi sayur-sayuran dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, kandungan gizi dalam sayur yang kaya akan serat, vitamin, mineral dan air akan memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga bisa mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Hal ini membuat sayur-sayuran menjadi menu makanan yang cocok untuk disantap bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Rendahnya kandungan kalori di dalam sayur-sayuran juga menjadi poin tambahan yang akan mendukung program diet kamu.

Ada beberapa jenis sayuran dengan kadar antioksidan tinggi yang dipercaya ampuh dan efektif untuk menurunkan bobot tubuh.

Berikut adalah beberapa contoh sayur-sayuran yang bisa kamu olah untuk menjadi pilihan menu diet sehat kamu.

Sayur Diet Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi

1. Bayam

Sayur bayam memiliki kandungan beta karoten dan lutein yang merupakan dua jenis antioksidan yang baik untuk menurunkan berat badan dan juga bisa menurunkan risiko dari penyakit kanker.

Jika kamu mengonsumsi satu mangkuk bayam atau sekitar 30 gram, kamu sudah mencukupi 56% dari kebutuhan vitamin A harian dan hanya memiliki kandungan sebesar 7 kalori saja.

Serat yang diperoleh dari bayam pun akan membantu kamu untuk meningkatkan rasa kenyang dan memiliki kemampuan pembakaran lemak yang baik di dalam tubuh.

Selain memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, kandungan vitamin C, folat, zat besi, dan vitamin K dalam bayam juga bisa mengurangi risiko kamu terkena diabetes dan penyakit jantung.

Kamu bisa mengonsumsi bayam sebagai salad atau diolah menjadi berbagai macam menu, seperti sup bayam jagung, tumis bayam, perkedel bayam, dan lain-lain.

Pastikan untuk tidak memasak bayam terlalu lama di atas kompor agar kandungan nutrisinya tidak banyak yang hilang.

2. Brokoli

Sama seperti bayam, brokoli juga merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat serta kalsium yang berguna untuk menurunkan bobot tubuh.

Kandungan karbohidrat baik di dalam brokoli pun bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh, dan bisa mencegah sembelit.

Brokoli juga mengandung berbagai macam zat gizi baik yang dimiliki oleh sayur-sayuran pada umumnya, seperti vitamin C dan K, folat, serat, dan fitokimia yang berpotensi untuk memecah lemak di dalam tubuh.

Terdapat berbagai macam olahan makanan dengan bahan dasar brokoli yang bisa kamu kreasikan sebagai menu harian selama kamu menjalani diet agar tidak merasa bosan.

Kamu bisa memasak brokoli menjadi brokoli goreng tepung, tumis brokoli, sup brokoli bakso, brokoli krispi, bakwan jagung brokoli, dan masih banyak lagi.

3. Kembang Kol

Meskipun kembang kol memiliki warna yang cenderung pucat dan tidak sehijau sayur-sayuran pada umumnya, namun kembang kol juga memiliki banyak kandungan makronutrien yang baik bagi tubuh.

Bahkan kandungan air yang ada di dalam kembang kol bisa mencapai 92%, di mana hal ini bermanfaat untuk membuat kamu cepat merasa kenyang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Oleh karena itu, mengonsumsi olahan masakan kembang kol bisa menjadi pilihan yang pas untuk menu diet kamu.

Kembang kol bisa diolah menjadi berbagai macam menu masakan, seperti kembang kol cah ayam, kembang kol masak saus tiram, tumis kembang kol seafood, dan lain-lain.

Jangan khawatir untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup besar, karena secangkir kembang kol hanya mengandung sebesar 25 kalori saja.

4. Kentang

Jika kamu merasa bosan untuk mengonsumsi sayur-sayuran hijau, maka masakan olahan dari bahan dasar kentang bisa menjadi solusi yang tepat untuk menu diet kamu.

Meskipun termasuk umbi-umbian, kentang juga memiliki banyak kandungan nutrisi baik, seperti serat, vitamin C, protein, dan kalium yang tidak kalah dari sayur-sayuran hijau.

Karena mengandung zat pati dan biasa digunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, banyak orang yang menghindari mengonsumsi kentang karena dianggap bisa meningkatkan berat badan.

Padahal kandungan karbohidrat yang ada di dalam kentang merupakan karbohidrat kompleks yang baik untuk menjaga berat badan agar tetap stabil.

Asupan karbohidrat kompleks ini juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga lebih mudah untuk mengontrol nafsu makan.

Nah, itulah keempat jenis sayuran yang baik untuk kamu konsumsi jika sedang menjalani diet agar tubuh kamu tetap bisa memperoleh nutrisi yang sehat.

Menjalani diet bukan berarti kamu jadi tidak bisa makan-makanan enak dan membatasi diri hanya boleh mengonsumsi sayur atau buah saja.

Buku tips diet DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan ini akan membantu dan menemani kamu untuk menjalani diet dengan cara yang menyenangkan tanpa perlu khawatir kamu jadi tidak bisa mengonsumsi makanan favorit kamu lagi.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, bagaimana bisa menurunkan berat badan tanpa perlu mengubah menu makanan sehari-hari?

Melalui buku ini, Robert Hendrik Liembono sebagai penulis akan memaparkan mengenai aturan dan penjelasan terkait pola diet ini secara ringkas serta mudah untuk kamu ikuti dan kamu aplikasikan.

Tips-tips yang diberikan pun telah terbukti melalui pengalaman penulis sendiri yang telah berhasil menurunkan berat badannya, dari semula 107 kg hingga kini menjadi 75 kg.

Kamu juga bisa melihat keberhasilan dari orang-orang yang mengikuti tips diet yang diberikan oleh Robert ini melalui akun TikTok @resep_debm yang meraih penghargaan best of lifestyle dalam TikTok Awards 2020 lalu.

Selain mengulas terkait tips seputar diet, buku ini juga dilengkapi dengan resep-resep menu masakan dan juga camilan yang bisa menjadi inspirasi masakan kamu.

Kamu bisa mendapatkan buku DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Dapatkan juga gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk segera dapatkan gratis vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com