Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Diet Sehat untuk Turunkan Berat Badan, Ampuh dan Tidak Membahayakan

Kompas.com - 07/12/2021, 15:14 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Ini Buku Diet: Sehat &…
Pengarang: Desyana Erruka
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Memiliki tubuh yang sehat, ramping, dan ideal merupakan impian semua orang yang akhirnya membuat banyak orang rela melakukan diet saat merasa tubuhnya sudah tidak lagi ideal.

Diet memang menjadi salah satu cara yang efektif untuk bisa membantu menurunkan berat badan, tapi sayangnya masih banyak sekali orang yang melakukan diet tidak sehat dengan cara mengurangi porsi makan secara drastis, menahan lapar selama mungkin, atau mengkonsumsi obat diet tanpa disertai dengan resep dokter atau ahli gizi. Temukan rekomendasi Menu Diet Pagi Siang Malam disini!

Padahal itu adalah cara diet yang salah karena bisa menimbulkan banyak efek samping yang membuat kesehatan tubuh jadi semakin tidak karuan.

Jika kamu sedang menjalani diet yang tidak sehat ini, berhentilah dari sekarang, karena masih ada banyak cara diet yang sehat tanpa kamu harus menyiksa diri sendiri.

Selain untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang ideal, menjalani diet sehat juga menjadi salah satu cara untuk mencintai tubuh kamu sendiri.

Berikut ini adalah lima cara diet sehat yang bisa kamu lakukan tanpa harus membahayakan kesehatan tubuh.

5 Cara Diet Sehat

1. Jangan Biarkan Tubuh Kelaparan

Menahan lapar dalam waktu yang lama bukanlah cara diet yang sehat.

Tidak hanya membahayakan kesehatan tubuh, meninggalkan perut dalam keadaan lapar juga akan membuat kamu tidak bisa menahan nafsu saat melihat banyak makanan di depan kamu.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa membawa beberapa menu makanan sehat saat sedang bepergian, seperti yogurt, pisang, apel, atau telur rebus yang bisa jadi pilihan menu sehat untuk kamu santap tanpa harus meninggalkan kalori yang berlebihan bagi tubuh. Baca juga Rekomendasi Makanan Diet Alternatif Selain Nasi.

2. Rutin Minum Air Putih

Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih merupakan hal yang paling penting bagi tubuh, karena air putih bisa membantu menurunkan berat badan secara alami.

Memang setiap orang punya kebutuhan air yang berbeda-beda, tapi kamu harus selalu mencoba untuk rutin minum air putih setidaknya sebanyak 2 liter atau 8 gelas perhari, karena air putih bisa membantu menghidrasi tubuh dan membuat kamu merasa lebih segar.

3. Memerhatikan Kebutuhan Kalori Harian

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori harian yang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, aktivitas fisik sehari-hari, dan riwayat kesehatan secara keseluruhan.

Berikut ini merupakan salah satu contoh kebutuhan kalori yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman dalam mengatur kalori harian:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Wanita (19 – 30 Tahun) yang tidak aktif beraktivitas membutuhkan 2.000 kalori per hari.
  • Wanita (19 – 30 Tahun) yang aktif beraktivitas membutuhkan 2.000 – 2.200 kalori setiap harinya.
  • Pria (19 – 30 Tahun) yang tidak aktif beraktivitas membutuhkan sekitar 2.600 kalori per hari.
  • Pria (19 – 30 Tahun) yang aktif beraktivitas membutuhkan kalori sekitar 2.600–2.800 kalori setiap hari.

Saat sedang menjalani diet sehat, kamu harus menghitung berapa banyak kalori yang kamu konsumsi setiap harinya, hal ini sangat penting supaya kamu tidak kelebihan kalori yang nantinya malah akan menjadi lemak dalam tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan kalori, kamu bisa memilih menu makanan yang mengandung banyak karbohidrat yang kompleks, protein, vitamin, dan mineral, serta jangan lupa untuk menghindari makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula karena bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

4. Rutin Olahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang ada dalam tubuh kamu, selain itu olahraga juga menjadi salah satu cara diet yang sangat pas untuk memperlancar sistem peredaran darah, memperbaiki kualitas tidur, dan membantu membentuk tubuh supaya tetap ideal.

Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu jalankan sesuai dengan keinginan, misalnya seperti berenang, berjalan kaki, atau bersepeda.

Lakukan kegiatan ini setidaknya 30 menit setiap hari untuk mendapatkan hasil diet sehat yang maksimal.

5. Istirahat yang Cukup

Tidak hanya bergantung pada makanan dan olahraga saja, istirahat yang cukup juga sangat dibutuhkan untuk bisa membantu melancarkan diet sehatmu.

Saat kamu tidak cukup tidur, produksi hormon Ghrelin akan merangsang nafsu makan dan malah membuat kamu tidak bisa mengontrol pola makan, hal ini akan menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas.

Istirahat yang cukup selama kurang lebih 7 sampai 9 jam akan membuat tubuh kamu mendapatkan regenerasi yang maksimal dan juga membantu menurunkan berat badan secara alami.

Jika beberapa cara diet sehat diatas masih terasa kurang, kamu bisa membaca buku Ini Buku Diet: Sehat & Langsing dengan Diet Kekinian karya Desyana Erruka untuk lebih mengenal cara-cara diet sehat yang sedang trend di berbagai dunia.

Buku ini akan mengajarkan kamu bagaimana caranya untuk memilih jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat sedang diet.

Selain itu kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya untuk menyesuaikan diet sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

Dengan melakukan cara-cara diet yang tepat ditambah dengan ketekunan dan kesabaran, tubuh sehat dan ideal yang kamu impikan pasti bisa menjadi kenyataan.

Jika kamu tertarik untuk membaca buku ini lebih dalam, kamu bisa membelinya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com