Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Diet Sehat yang Tidak Membahayakan Tubuh

Kompas.com - 07/12/2021, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Ini Buku Diet: Sehat &…
Pengarang: Desyana Erruka
|
Editor Almira Rahma Natasya

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal merupakan impian banyak orang, selain bisa diperoleh melalui olahraga yang rutin dan teratur, kedua hal tersebut juga bisa didapatkan melalui diet.

Diet atau mengatur asupan makanan ke dalam tubuh merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan agar tampak lebih ideal.

Berat badan yang berlebih merupakan efek dari banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh dan menumpuk menjadi lemak karena tidak sebanding dengan kalori yang dibakar.

Lemak yang menumpuk inilah yang memicu perut menjadi buncit dan berisiko mengganggu kesehatan, sehingga alangkah lebih baik jika lemak tersebut bisa dibakar dan dihilangkan.

Banyak orang melakukan diet ekstrem untuk menurunkan berat badan, tapi tahukah kamu jika diet ekstrem ternyata memiliki dampak dan risiko yang bisa membahayakan tubuh.

Maka dari itu, diperlukan pilihan diet sehat yang tidak membahayakan tubuh, tapi memiliki efek dan dampak yang mampu menurunkan berat badan dengan efektif.

6 Tips Diet Sehat

1. Mengurangi Asupan Gula dan Karbohidrat

Gula dan karbohidrat yang masuk dalam tubuh jadi faktor penyebab berat badan bertambah jika dikonsumsi secara berlebihan, sehingga amat penting untuk memerhatikan jumlah asupan gula dan karbohidrat yang akan dikonsumsi.

Nasi putih, roti, dan pasta adalah karbohidrat yang sering kita konsumsi sehari-hari.

Makanan itu akan dicerna dan diubah menjadi glukosa di dalam tubuh yang akan menimbulkan timbunan lemak.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan-makanan ini agar berat badan tidak cepat naik. Baca selengkapnya seputar Diet Gula.

2. Menyusun Porsi Makan

Diet bukan berarti kita tidak bisa memakan makanan apa pun sama sekali, tapi kita harus mampu menyusun jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Temukan Rekomendasi Menu Diet Pagi, Siang, dan Malam disini!

3. Selalu Minum Air Putih

Kandungan air yang terdapat dalam tubuh manusia adalah sekitar 60%, sehingga penting untuk selalu mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh.

Selain berpengaruh pada kesehatan, air putih juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Daripada memilih meminum minuman manis yang mengandung gula dan berisiko untuk kesehatan serta meningkatkan berat badan, air putih bisa menjadi pilihan yang tepat karena tidak mengandung kalori, sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Makan dengan Sadar dan Perlahan

Menurut penelitian, makan dengan terburu-buru bisa meningkatkan jumlah berat badan, sehingga makanlah secara perlahan karena bisa membuat perut kenyang dengan lebih cepat.

Selain itu coba usahakan untuk selalu sadar saat sedang mengunyah, merasakan, dan menelan makanan agar aktivitas yang mindfulness tersebut bisa berdampak baik bagi tubuh dan mental.

5. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat yang biasanya terdapat pada buah dan sayur bisa membuat perut terasa lebih cepat kenyang.

Selain buah dan sayur, ada juga jenis makanan lainnya yang banyak mengandung serat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan oatmeal.

6. Tidur dengan Kualitas dan Kuantitas yang Cukup

Berat badan yang naik bisa dipengaruhi juga oleh begadang, maka dari itu kualitas dan kuantitas tidur yang diperlukan tubuh harus selalu diperhatikan.

Tidur yang cukup dengan kualitas yang baik mampu ikut membantu menurunkan berat badan yang secara bersamaan akan berpengaruh baik untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Keenam tips ini bisa kamu praktikkan untuk membantu proses diet sehat yang kamu jalani.

Namun, jika tips di atas masih terasa kurang, ada satu rekomendasi buku yang cocok untuk membantu kamu menurunkan berat badan.

Buku tersebut adalah Ini Buku Diet: Sehat & Langsing dengan Diet Kekinian yang selain bisa membantu memberi informasi dan ilmu untuk menurunkan berat badan, buku ini juga bisa membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat.

Berisikan tentang cara diet yang sehat dan kekinian, buku ini membantu dalam mengatur pola makan, cara mendapatkan istirahat yang cukup, dan olahraga teratur.

Buku ini akan memperkenalkan kamu dengan berbagai jenis diet yang cocok untuk disesuaikan dengan aktivitas dan kegiatan kamu sehari-hari yang dikenal di seluruh dunia.

Jadi akan sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari referensi jenis diet yang tepat, karena akan dijelaskan secara terperinci mulai dari asal-muasal program dietnya, hingga makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan tidak.

Setelah membacanya dijamin kamu tidak perlu merasa kebingungan lagi dalam memilih jenis diet yang sesuai kebutuhan kamu.

Segera dapatkan dan beli buku ini di Gramedia.com agar kamu bisa memilih jenis diet yang tepat untuk diaplikasikan!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com