Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempelajari Pengertian Teks Anekdot dalam Bahasa Indonesia

Kompas.com - 25/05/2023, 08:30 WIB
pengertian teks anekdot Sumber: pixabay.com/StockSnap pengertian teks anekdot
Rujukan artikel ini:
Bahasa Indonesia, Jenis-Jenis Teks
Pengarang: Kosasih
|
Editor Rahmad

Apakah kamu suka secara tiba-tiba mendapatkan sebuah pesan lucu dari teman atau keluarga kamu? Atau bahkan, kamu pernah membaca teks yang berisi cerita lucu di media sosial?

Nah, kamu tahu nggak sih, kalau cerita lucu yang sering beredar di sekitar kita adalah jenis teks anekdot.

Jadi, kamu sudah tahu belum apa itu teks anekdot? Artikel ini akan menjelaskan tentang teks anekdot, mulai dari pengertian, tujuan, hingga ciri-cirinya.

Untuk memahaminya secara lebih mendalam, maka kamu harus membaca artikel ini dengan cermat sampai habis, ya!

Pengertian Teks Anekdot

Supaya kamu lebih memahami tentang teks anekdot, maka kamu juga perlu untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian dari teks anekdot itu sendiri.

Teks anekdot adalah sebuah kisah atau cerita yang mengandung sifat lucu. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks anekdot adalah cerita singkat yang menarik, karena lucu dan juga mengesankan, biasanya tentang orang terkenal atau orang penting, dan berdasarkan pada suatu kejadian yang sebenarnya.

Jadi, pada dasarnya, teks anekdot adalah sebuah cerita lucu yang didasarkan pada suatu kejadian nyata.

Walaupun teks anekdot ini berisikan sebuah cerita lucu, tetap teks anekdot ini juga mempunyai banyak maksud yang biasanya digunakan untuk menyampaikan sebuah kritikan.

Banyak juga orang yang menganggap bahwa teks anekdot dalam sebuah cerita yang berisikan rangkaian kalimat lucu.

Namun, kriteria dari teks anekdot ini bukan hanya lucu, tetapi juga bisa menyampaikan apa yang dimaksud oleh si penulis.

Jadi, meski terkesan sebagai teks yang lucu, tetapi teks anekdot ini juga banyak menyimpan amanat atau pesan moral dan kebenaran yang dipercayai oleh banyak orang.

Hal inilah yang membuat teks anekdot mempunyai tujuan untuk menghibur seseorang, sehingga orang yang membaca bisa tertawa dan bahagia, walaupun teks tersebut bermaksud sebagai kritikan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Di dalam teks anekdot, penulis seringkali tidak memberikan cerita secara rinci dan detail. Hal ini menjadikan cerita yang ditampilkan hanya mempunyai dampak jangka pendek saja.

Teks anekdot ini memiliki sifat menghibur, lucu, dan juga disesuaikan dengan apa yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Teks Anekdot

Teks anekdot pada dasarnya memiliki tujuan yang berfokus pada dampak yang akan didapatkan oleh para pembacanya setelah membaca kisah atau cerita yang lucu.

Biasanya, paling tidak terdapat tiga tujuan yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya, yaitu mulai dari membangkitkan tawa pembaca sebagai salah satu sarana hiburan, dan tentunya juga sekaligus menjadi sarana untuk mengkritik.

Adanya teks anekdot ini bisa juga menjadi alternatif untuk kamu yang ingin menyampaikan sebuah kritik kepada seseorang secara lucu dan juga menghibur.

Ciri-ciri Teks Anekdot

  • Berisikan kisah-kisah yang memiliki kesan humor atau lelucon.
  • Membuat pembacanya terhibur dengan kelucuan yang ada di dalam teks anekdot.
  • Isinya bersifat menyindir (tentang Lembaga/ organisasi ataupun orang penting) atau kritikan yang tidak menyinggung pendengar, pembaca, atau orang yang sedang diceritakan.
  • Mempunyai tujuan tertentu, misalnya sebagai media untuk menyampaikan pandangan dan aspirasi yang diselipkan ke dalam humor di hadapan public.
  • Kisah yang disajikan hampur serupa dengan kisah dongeng.
  • Menceritakan tentang karakter dari manusia dan hewan yang sering terhubung secara umum dan realistis.

Nah, itulah perkenalan singkat tentang pengertian teks anekdot. Membaca penjelasan di atas, apakah kamu jadi lebih paham tentang teks anekdot?

Kamu juga bisa mempelajari jenis teks dalam Bahasa Indonesia melalui buku Bahasa Indonesia, Jenis-Jenis Teks: Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan SMP/MTS karya Kosasih.

Buku ini menjelaskan mengenai keberagaman teks yang tidak hanya kita jumpai pada jenis teks yang berbeda fungsi.

Keragaman teks juga bisa ditemukan pada jenis teks yang sama, seperti pada jenis teks itu sendiri.

Seperti di dalam teks suatu berita yang satu diawali dengan unsur apa, sedangkan di dalam teks berita yang lainnya diawali dengan unsur kapan atau di mana.

Melalui buku ini, kamu akan menemukan berbagai jenis teks beserta penjelasan lengkapnya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com