Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doa Setelah Sholat Dhuha Agar Dipermudah Dalam Mendapatkan Rezeki

Kompas.com - 11/05/2023, 09:30 WIB
doa setelah sholat dhuha Sumber: pixabay.com/andsproject doa setelah sholat dhuha
Rujukan artikel ini:
The Miracle Of Tahajud &…
Pengarang: Muclas Al-Farbi
|
Editor Rahmad

Siapa yang senang menjalankan sholat dhuha? Sholat dhuha menjadi salah satu sholat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Setelah melaksanakannya, kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat dhuha.

Doa setelah sholat dhuha, tentunya dibaca setelah melaksanakan sholat sunnah di pagi hari.

Berdoa serta meminta kepada Allah SWT menjadi bagian dari ibadah yang dianjurkan.

Sholat dhuha sendiri merupakan sholat yang dilaksanakan pada saat terbitnya matahari sampai menjelang waktu dzuhur.

Jadi, sholat dhuha ini bisa kamu lakukan saat pagi hari, mulai pukul 09.00. Tahukah kamu, kalau sholat dhuha ini dikenal juga dengan sholat untuk mengharapkan rezeki dari Allah SWT?

Jadi, pada saat kamu membaca doa setelah sholat dhuha, maka doa yang kamu panjatkan akan diijabah oleh Allah SWT.

Bagaimana bacaan doa setelah sholat dhuha yang dianjurkan? Berikut bacaan doa setelah sholat dhuha yang perlu kamu baca.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Terdapat bacaan doa setelah sholat dhuha yang dapat dibaca oleh setiap muslim setelah mereka sudah selesai melaksanakan ibadah sunnah ini. Keutamaan membaca doa setelah sholat dhuha ini juga ditegaskan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, di mana Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)

Berikut doa setelah sholat dhuha yang bisa kamu baca.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Doa setelah sholat dhuha dalam Bahasa latin:

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmatta 'ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu'assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba'iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita 'ibaadakash shalihiin.

Yang artinya:

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

Itulah doa setelah sholat dhuha yang bisa kamu panjatkan. Kamu juga bisa menambahkan bacaan doa setelah sholat dhuha lainnya, misalnya doa memohon Kesehatan, diangkat segala penyakit di tubuh kamu, dan sebagainya.

Segala doa bisa kamu panjatkan kepada Allah SWT, karena Allah Maha mengabulkan seluruh doa dari para umatnya yang beriman.

Buku yang berjudul The Miracle Of Tahajjud & Dhuha karya Muclas Al-Farbi adalah sebuah buku yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam upaya terus mengamalkan ibadah sholat dhuha. Dua sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah adalah sholat tahajud dan dhuha.

Melalui buku ini, kamu akan mengetahui bahwa terdapat banyak sekali hikmah serta manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu rajin melaksanakan sholat dhuha.

Buku ini memang secara khusus akan mengupas secara tuntas tentang rezeki serta keberkahan yang akan didapatkan melalui sholat dhuha dan tahajud.

Buku dengan tebal 224 halaman ini bisa memberikan kamu pemahaman mengenai kedua jenis sholat sunnah tersebut dan mengamalkannya dengan baik, maka diharapkan bisa membuka pintu rezeki para umat muslim yang masih tertutup dan akhirnya mampu dipermudah dalam mendapat rezeki serta mendapat keberkahan dunia dan akhirat.

Gimana, menarik bukan pembahasan tentang sholat dhuha di dalam buku ini? Segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com