Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Keutamaan Sholat Dhuha yang Dianjurkan Jadi Shalat Sunnah Rutinitas

Kompas.com - 23/01/2023, 12:35 WIB
Keutamaan Sholat Dhuha Photo by Muhamed_hassan on Pixabay Keutamaan Sholat Dhuha
Rujukan artikel ini:
Banjir Rezeki Dengan Shalat Dhuha
Pengarang: Huriyah Huwaida
|
Editor Rahmad

Sholat dhuha adalah salah satu jenis sholat sunnah yang memiliki keutamaan bagi mereka yang mengamalkannya. Salah satu keutamaan sholat dhuha bagi mereka yang rajin melaksanakannya akan dapat pahala yang sama seperti mereka bersedekah.

Keutamaan Sholat Dhuha

Berikut ini keutamaan sholat dhuha yang perlu umat muslim ketahui:

1. Sebagai Pengganti Sedekah

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh seorang Muslim dari Abu Dzar, Nabi SAW bersabda seperti berikut ini:

“Di pagi hari, semua harus memberi sedekah. Setiap bacaan Tasbih (Subhanallah) bisa menjadi sedekah, setiap bacaan Tahmid (Alhamdulillah) bisa menjadi sedekah, setiap bacaan Tahlil (Laa ilaha illallah) bisa menjadi sedekah, dan setiap Takbir (membaca Allahu akbar) juga bisa menjadi sedekah. Demikian juga, Amar ma'ruf (menyeru ketaatan) dan Nahi munkar (mencegah kejahatan) adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi (diganti) dengan melaksanakan sholat Dhuha dua Rakaat.” (HR. Muslim)

2. Dicukupkan Rezeki

Dalam hadits Nu'aim bin Hammar Al Ghathafan beliau mendengar Nabi SAW bersabda seperti berikut ini:

"Allah SWT berfirman: Wahai anak Adam, jangan tinggalkan shalat empat rakaat di awal hari (pada waktu Dhuha). Itu cukup untukmu di penghujung hari." (Hadist Riwayat. Ahmad, Abu Daud, At Tirmidzi, Ad Darimi)

3. Sarana Pengampunan Dosa

Dalam sebuah hadits, Nabi SAW bersabda seperti berikut ini: “Barang Siapa orang mengerjakan sholat Dhuha selamanya, maka Allah akan mengampuni dosanya, meskipun dosanya sebesar buih lautan.” (HR. Tirmidzi)

4. Mendapatkan Pahala Haji dan Umrah

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik di Tirmidzi, Nabi SAW bersabda:

“Barangsiapa mengerjakan sholat subuh secara berjamaah lalu duduk berdzikir pada Allah sampai matahari terbit, setelah itu mengerjakan shalat dua rakaat, maka itu seperti mendapat pahala haji dan umrah sebagai pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi)

5. Disiapkan Istana Di Surga

Nabi Muhammad pernah bersabda dalam sebuah hadits:

“Barangsiapa sholat Dhuha sebanyak dua belas rakaat, maka Allah akan membangu istana untuknya di surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

6. Termasuk Shalat Awwâbîn (Orang yang Bertaubat)

Allah SWT juga memasukkan orang yang sholat Dhuha ke dalam golongan orang yang kembali (bertaubat) kepada Allah SWT:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ: لَا يُحَافِظُ عَلَى صَلَاةِ الضُّحَى إِلَّا أَوَّابٌ. قَالَ: وَهِيَ صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ. (رواه الحاكم وقال: هذا حديث صحيح على شرط مسلم)

Artinya “Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anha, bahwa dia berkata: 'Rasulullah bersabda: "Tidak ada yang melindungi shalat Dhuha kecuali mereka yang kembali kepada Allah dalam pertobatan." Nabi berkata: “Sholat Dhuha adalah sholat orang yang kembali kepada Allah dalam keadaan bertaubat.” (HR al-Hakim dan Imam Muslim)

7. Memperoleh Ghanimah

Ghanimah atau keuntungan atau kekayaan lebih cepat tercapai dengan izin Allah SWT dengan rutin melakukan sholat Dhuha. Seperti Sabda Nabi SAW berikut ini:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

“Raih kemenangan (ghanimah) dan cepatlah kembali! Terakhir, mereka berdiskusi di antara mereka sendiri kedekatan tujuan (tempat) perang dan jumlah rampasan (kemenangan), yang harus dimenangkan dan dikembalikan dengan cepat (karena jarak yang dekat).

8. Dilimpahkan Kesehatan

Allah SWT berfirman berikut ini:

وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا

Artinya "Demi matahari dan cahayanya di pagi hari" (QS Asy-Syams:1).

Allah bersumpah demi matahari dan cahayanya pada waktu Dhuha. Banyak ilmuwan dan peneliti percaya bahwa cahaya pagi adalah yang terbaik untuk kesehatan tubuh manusia.

Seperti infrared yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri otot dan ultraviolet yang bermanfaat sebagai photocatalyst yang menyehatkan kulit manusia karena kandungan vitamin D-nya.

9. Dijauhkan Dari Sifat Lalai

Dalam hadis yang diriwayatkan At Thabrani disebutkan:

“Barangsiapa sholat Dhuha dua rakaat maka akan tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang melakukannya bahkan empat rakaat ditulis sebagai ahli ibadah. Siapa yang melakukannya enam rakaat, dia akan diselamatkan pada hari itu. Barangsiapa yang melakukannya selama delapan rakaat, Allah menjadikannya sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa melakukannya selama dua belas rakaat, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga” (HR. At-Thabrani).

10. Sholat Sunnah yang Dianjurkan Rasul

Ketika seseorang menunaikan sholat sunnah Dhuha, otomatis ia juga mengerjakan salah satu sholat sunnah Nabi yang memiliki banyak keistimewaan dan manfaat. Nabi SAW selalu melaksanakan shalat Dhuha sebanyak empat rakaat.

Buku Banjir Rezeki Dengan Shalat Dhuha yang ditulis Huriyah Huwaida bisa kamu jadikan referensi mengetahui banyak hal tentang keutamaan sholat dhuha. Buku ini memberikan banyak pengetahuan baru tentang shalat dhuha dan keajaiban-keajaibannya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.