Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Keutamaan Sholat Dhuha, Dari Urusan Dunia hingga Akhirat

Kompas.com - 04/11/2022, 12:30 WIB
Keutamaan Shalat Dhuha Photo by ashiqrazz on Pixabay Keutamaan Shalat Dhuha
Rujukan artikel ini:
Mirojul Mukminin Mukjizat Shalat Dhuha
Pengarang: M Khalilurrahman Al Mahfani
|
Editor Rahmad

Bagi umat muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan sholat dhuha. Namun, tidak semua orang sadar keutamaan sholat dhuha yang sangat luar biasa bagi umat muslim. Dari setiap doa sholat dhuha memberi mukjizat bagi mereka yang melaksanakannya.

Sholat dhuha bukanlah sholat wajib, namun Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan kita untuk melakukannya. Padahal, ada beberapa alasan penting mengapa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan orang untuk shalat dhuha.

Keutamaan Sholat Dhuha

Pertama, sholat dhuha memiliki pahala yang tinggi. Kedua, shalat dhuha juga memiliki beberapa manfaat. Berikut ini keutamaan sholat dhuha bagi mereka yang rutin melakukannya:

1. Mengganti Sedekah Bagi Seluruh Tubuh

Manusia memiliki 360 sendi, dan semua sendi ini harus mengeluarkan sedekah setiap hari. Bahkan, sedekah ini dapat diberikan dengan mengucapkan beberapa kalimat tasbih. Namun, jika sedang mencari cara yang paling mudah dan praktis, maka shalat dhuha adalah jawabannya.

Tidak perlu shalat puluhan rakaat, sholat dhuha saja dua rakaat akan berubah jadi sedekah untuk semua tubuh. Sebagai bonus lainnya, mengamalkan shalat sunnah akan memberi pahala yang besar.

2. Dosa-dosanya Sudah Diampuni oleh Allah SWT

Allah SWT memang Maha Pengampun, namun kita sendiri harus bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT agar dosa-dosa kita tidak diampuni. Kabar baiknya adalah Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita jika kita melaksanakan Sholat Dhuha.

Tidak hanya satu atau dua dosa kita yang akan diampuni, tetapi semua dosa masa lalu kita akan diampuni. Sekalipun dosa kita sebanyak buih di lautan, Allah SWT tidak peduli dan akan mengampuni dosa-dosa kita.

Tentu saja, untuk mendapatkan ampunan ini, seseorang tidak boleh sembarangan shalat dhuha. Harus dilakukan dengan ikhlas, membaca dengan benar, bertaubat dengan tulus dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama seperti sebelumnya.

3. Kecukupan Rezeki

Semua orang di dunia ini ingin kenyang, bukan? Dengan makanan yang banyak, kita tidak hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih lagi, dengan makanan yang kita miliki, kita dapat membantu lebih banyak orang yang membutuhkan.

Banyak orang bahkan bekerja keras dari pagi hingga malam untuk mendapatkan makanan yang cukup, tapi itu tidak cukup. Karena semua usaha tersebut harus dibarengi dengan doa. Di dalam ajaran Islam sendiri ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan untuk memperbanyak rezeki.

Shalat dhuha salah satunya bisa mencapai keutamaannya. Allah SWT meminta kita untuk tidak meninggalkan shalat Dhuha, tetapi ibadah yang satu ini tidak diwajibkan. Jika kita melaksanakan shalat dhuha ini, maka kebutuhan kita akan tercukupi dan mendapatkan ridha Allah.

4. Membangun Istana di Surga

Jika bertanya tempat terbaik untuk hidup, maka surga adalah tempat terbaik untuk kembali. Di surga tidak akan menghadapi kesulitan yang sama seperti ketika hidup di bumi. Kita akan menemukan kebahagiaan, kedamaian dan kenyamanan untuk selamanya.

Kini, menunaikan shalat dhuha bukan hanya membuka peluang masuk surga. Lebih dari itu, Allah SWT akan membangun istana megah di surga untuk kamu tinggali. Namun, keutamaan yang satu ini adalah melakukan shalat dhuha secara rutin hingga 12 rakaat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Masuk dalam Kelompok Awwabin

Tidak dapat disangkal bahwa iman kita sebagai manusia tidak sesempurna rekan-rekan kita, terutama jika dibandingkan dengan para nabi dan rasul. Tidak jarang iman kita tenggelam bahkan sampai pada yang terburuk.

Saat iman kita tumbuh, ibadah kita akan lancar dan semuanya akan selesai. Sunnah itu baik, apalagi wajib. Namun, ketika iman kita menurun, kita mengabaikan bahkan dengan sengaja mengabaikan perintah Allah SWT.

6. Mendapatkan Pahala Haji dan Umrah

Tidak semua umat Islam beruntung diundang mengunjungi Mekkah atau Madinah untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. Jika kamu salah satu yang tidak berkesempatan mengunjungi dua kota suci tersebut, jangan sedih.

Pasalnya, pahala haji dan umrah sangat cocok bagi mereka yang setelah shalat subuh duduk di masjid dan menunggu matahari terbit dan melakukan shalat dhuha dua rakaat. Bahkan, jika kamu tidak menerima panggilan untuk mengunjungi Baitullah Ka'bah atau Masjid Nabawi, kamu akan menerima setidaknya hadiah yang sama dengan mereka yang telah melakukan haji dan umrah dengan sempurna.

7. Jadilah Orang yang Lebih Bahagia

Keutamaan Sholat Dhuha yang tidak kalah menakjubkan adalah menjadi lebih cepat beruntung dari yang lain dengan izin Allah SWT. Keutamaan sholat dhuha ini pernah dilakukan pada masa Rasulullah. Semoga keselamatan dan berkah Allah atasnya.

Pada saat itu, saudara-saudara ingin berperang, maka Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) meminta para mujahidin untuk segera kembali ke Madinah dengan banyak rampasan perang dan rampasan perang.

Mujahidin kemudian kembali dengan cepat dari perang dan menghasilkan banyak keuntungan dalam bentuk barang rampasan.

Sholat dhuha memang merupakan ibadah sunnah, namun mengingat keutamaannya yang istimewa, akan rugi jika kita melewatkannya. Selain itu, doa sholat dhuha ini tidak memakan banyak waktu karena jumlah rakaatnya tidak terlalu banyak.

Buku Mi'rajul Mukminin Mukjizat Shalat Dhuha yang ditulis M Khalilurrahman Al Mahfani bisa kamu jadikan referensi belajar tentang sholat dhuha. Buku ini menjelaskan mukjizat dan keutamaan sholat dhuha sebagai shalat sunnah yang dianjurkan.

Banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari salah satunya adalah shalat dhuha merupakan sedekah bagi seluruh ruas tulang tubuh kita. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang akan didapat dari shalat dhuha.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com