Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Melaksanakan Sholat Jenazah, Ketahui Syarat dan Rukunnya Terlebih Dahulu

Kompas.com - 28/11/2022, 14:30 WIB
Syarat dan rukun sholat jenazah Sumber: Al-azhar memorial garden Syarat dan rukun sholat jenazah
Rujukan artikel ini:
Panduan Lengkap Mengurus Jenazah
Pengarang: Ahmad Mufid A.R.
|
Editor Rahmad

Sholat jenazah merupakan ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW beserta para sahabatnya. Oleh sebab itu, sholat jenazah merupakan salah satu ciri dari umat nabi Muhammad SAW.

Melaksanakan sholat jenazah sesuai dengan tata cara sholat jenazah menjadi salah satu kewajiban umat Islam atas saudaranya yang telah meninggal dunia. Kewajiban untuk menyolati jenazah merujuk kepada sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan ke dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah berkata, yang artinya:

"Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam pernah didatangkan kepada beliau jenazah seorang lelaki. Lelaki tersebut masih memiliki hutang. Maka beliau bertanya: 'Apakah ia memiliki harta peninggalan untuk melunasi hutangnya?'. Jika ada yang menyampaikan bahwa orang tersebut memiliki harta peninggalan untuk melunasi hutangnya, maka Nabi pun menyolatkannya. Jika tidak ada, maka beliau bersabda: 'Sholatkanlah saudara kalian'."

Dalam riwayat lainnya, Rasulullah SAW juga bersabda, yang artinya:

"Tidaklah seorang muslim meninggal, lalu disholatkan oleh empat puluh orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit pun, kecuali Allah akan memberikan syafaat kepada jenazah tersebut dengan sebab mereka." (HR. Muslim)

Hukum menyolati jenazah sesuai dengan tata cara sholat jenazah adalah fardhu kifayah, sebagaimana hukum dari memandikan dan juga mengkafani jenazah.

Fardhu kifayah dalam melakukan tata cara sholat jenazah artinya jika sudah ada satu orang saja dari penduduk di suatu wilayah tersebut yang menyolati jenazah, maka gugurlah kewajiban bagi yang lainnya. Akan tetapi, jika tidak ada yang menjalankannya, maka semua orang yang ada di wilayah tersebut ikut berdosa.

Lantas, apa saja syarat sholat jenazah beserta dengan rukunnya? Berikut ulasannya.

Syarat-Syarat Sholat Jenazah

Dalam melakukan sholat jenazah tentunya harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

  1. Syarat-syarat sholat jenazah seperti sholat wajib, yaitu harus menutup aurat, suci dari hadats serta najis, suci badan, suci pakaian dan juga tempatnya, serta dimandikan dan dikafani.
  2. Jenazah sudah dimandikan dan dikafani.
  3. Letak atau posisi jenazah berada di sebelah kiblat orang yang akan menyolatinya kecuali sholat ghaib.

Rukun Sholat Jenazah

Syarat dan rukun sholat jenazah Syarat dan rukun sholat jenazah

Setelah kamu mengetahui serta memahami syarat-syarat dalam melakukan tata cara sholat jenazah, maka kamu juga perlu untuk mengetahui rukun sholat jenazah. Rukun sholat jenazah terdiri dari 7 hal yang diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam.

1. Niat

Rukun sholat jenazah yang pertama yaitu niat. Dalam melakukan sholat jenazah sesuai dengan tata cara sholat jenazah, harus membaca niat terlebih dahulu. Niat sholat jenazah untuk jenazah laki-laki dan perempuan berbeda.

2. Berdiri bagi yang mampu

Tata cara sholat jenazah wajib dilakukan dengan cara berdiri. Dalam hal ini, posisi imam berdiri sejajar dengan kepala mayit untuk jenazah laki-laki. Sedangkan untuk jenazah perempuan, posisi imam berada di bagian tengah. Sementara untuk makmum, berada di posisi belakang imam.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Takbir empat kali

Tata cara sholat jenazah dilaksanakan dengan empat kali takbir tanpa rukuk dan sujud.

4. Membaca Al-Fatihah setelah takbir pertama

Setelah melakukan takbir pertama, rukun sholat jenazah yang selanjutnya adalah membaca surat Al-Fatihah.

5. Membaca sholawat Nabi SAW setelah takbir kedua

Setelah mengucapkan takbir yang kedua, maka imam dan makmum bisa membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW.

6. Berdoa untuk jenazah

Rukun sholat jenazah yang selanjutnya adalah mendoakan jenazah yang sedang disholatkan.

7. Mengucap salam

Rukun sholat jenazah yang terakhir adalah mengucapkan salam.

Itulah syarat dan rukun sholat jenazah yang wajib untuk kamu ketahui dan kamu ingat sebelum kamu mulai ingin melakukan tata cara sholat jenazah.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa mengurus jenazah sesama muslim sudah menjadi anjuran bagi seluruh umat muslim. Prosesi dalam mengurus jenazah setiap muslim sudah diatur sedemikian rupa, rapi, dan juga lengkap. Mulai dari proses pemandian, penguburan, tata cara sholat jenazah, sampai prosesi penguburan.

Perbedaan dalam cara mengurus jenazah untuk laki-laki dan perempuan juga sudah dijelaskan dengan terperinci, termasuk dalam mengurus jenazah yang tidak lengkap anggota tubuhnya.

Buku Panduan Lengkap Mengurus Jenazah memuat hal-hal tersebut. Buku ini memang dihadirkan untuk menepis anggapan bahwa mengurus jenazah itu sulit dan repot, sehingga hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja.

Buku ini membahas dengan lengkap tata cara mengurus jenazah serta tata cara sholat jenazah sesuai dengan syariat Islam secara lengkap. Mulai dari memandikan jenazah hingga menguburkannya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com