Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidup Rukun Antar Sesama, Ini 4 Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan

Kompas.com - 27/02/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Orang-Orang Proyek
Pengarang: Ahmad Tohari
|
Editor Ratih Widiastuty

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang hidup secara berdampingan dan berkelompok dengan sesamanya.

Namun, terdapat banyak perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing orang, seperti karakteristik, ras, agama, hobi, cara berpikir, adat istiadat, penampilan fisik, dan lain-lain.

Oleh karena itu, bisa menerima dan saling menghargai perbedaan-perbedaan ini merupakan hal penting yang harus diterapkan oleh setiap individu agar tercipta kehidupan yang rukun dan tentram antar umat manusia.

Jika tidak memiliki sikap toleransi, maka akan berdampak terhadap munculnya konflik dan juga perpecahan yang bisa berujung pada hilangnya nyawa seseorang.

Tentunya tidak ada satupun orang yang ingin hal ini sampai terjadi bukan?

Berikut adalah empat alasan lain mengapa kita harus saling menghargai perbedaan dan bisa menciptakan kerukunan antar sesama manusia.

Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan

1. Menciptakan Kedamaian dalam Hidup

Siapa yang tidak ingin memiliki kehidupan damai tanpa adanya masalah berarti atau konflik dengan orang lain?

Hal ini bisa saja kamu capai jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, salah satu caranya adalah dengan menghargai dan menghormati mereka meskipun jika kalian memiliki perbedaan.

Hubungan sosial yang baik ini akan berdampak terhadap kesehatan mental kamu, dan dengan kondisi mental yang baik kamu pun bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dan damai.

2. Menjalin Hubungan yang Erat

Tidak hanya sekadar memiliki hubungan yang baik, namun rasa toleransi yang tinggi juga memungkinkan kamu untuk menjalin hubungan yang dalam dan erat dengan orang lain.

Jika kamu bisa menghargai mereka sebagai seorang individu terlepas dari perbedaan yang mungkin kalian miliki, tentunya orang tersebut akan merasa senang dan nyaman untuk dekat dengan kamu.

Sebagai makhluk sosial, bisa menjalin hubungan yang erat dengan orang lain merupakan hal menyenangkan yang bisa membuat hidup kamu menjadi lebih bahagia.

Kamu jadi punya seseorang untuk menjadi tempat berbagi suka dan duka yang kamu rasakan, seseorang yang bisa diajak melakukan aktivitas menyenangkan, seperti jalan-jalan atau menonton bioskop, dan lain-lain.

Hubungan yang mendalam seperti ini tidak mungkin bisa terjadi jika kamu tidak memiliki rasa toleransi dan masih senang mengkritik perbedaan yang dimiliki oleh orang lain.

3. Meminimalisir Terjadinya Perselisihan dan Permusuhan yang Memicu Konflik Sosial

Beberapa perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing orang, seperti agama, suku bangsa, adat istiadat, negara, pilihan kandidat pemilu, dan lain-lain, sering kali memicu perbedaan pendapat yang bisa berujung pada konflik sosial.

Jika saja setiap orang bisa menumbuhkan perasaan toleransi di dalam dirinya, maka konflik-konflik seperti ini bisa diminimalisir atau bahkan dihindari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Meskipun kamu memiliki nilai dalam hidup dan kepercayaan yang kamu anggap benar, namun tidak seharusnya kamu memaksakan kepercayaan yang kamu anut ini kepada orang lain.

Kamu pun pasti tidak akan senang jika orang lain menganggap apa yang kamu percaya selama ini adalah hal yang salah dan memaksa kamu untuk mengikuti pendapat mereka bukan?

Maka dari itu, hargailah kepercayaan yang dimiliki oleh orang lain dan orang lain pun akan melakukan hal yang sama kepada kamu.

4. Menciptakan Rasa Persatuan Bangsa dan Memperkuat Ketahanan Nasional

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai suku bangsa, bahasa, dan juga adat istiadat yang beraneka ragam.

Jika kita memiliki rasa toleransi yang tinggi dan bisa menghargai perbedaan dengan orang lain, maka akan tercipta rasa persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa sesuai dengan yang tercantum di dalam ideologi dasar negara, yaitu Pancasila.

Dengan adanya rasa persatuan dan kesatuan yang dimiliki oleh masyarakat ini juga akan berdampak terhadap ketahanan nasional.

Namun sebaliknya, jika di dalam negara kita sendiri banyak terjadi konflik sosial, perpecahan hingga peperangan, maka Indonesia sebagai sebuah negara akan rawan dengan ancaman yang mungkin dilakukan oleh negara lain.

Nah, itulah beberapa alasan penting yang perlu kamu ketahui mengapa kita harus memiliki rasa toleransi yang tinggi sebagai seorang manusia.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan rasa toleransi ini di dalam diri adalah dengan membaca buku.

Buku Orang-Orang Proyek yang ditulis oleh Ahmad Tohari bisa menjadi pilihan buku yang pas untuk kamu baca.

Novel ini mengisahkan mengenai tokoh bernama Kabul, seorang teknisi sipil yang sedang memimpin sebuah proyek pembangunan jembatan di suatu desa.

Sebagai seorang mantan aktivis di kampus, Kabul merasakan beban psikologi yang berat akibat "permainan" yang tidak jujur di dalam proyek pembangunan ini.

Di tengah kegalauan yang dirasakannya, Kabul kemudian menjalin hubungan persahabatan dan memberikan keberpihakannya kepada warga desa yang menjadi lokasi proyek tersebut.

Banyak nilai moral dan pelajaran yang bisa kamu ambil di dalam buku ini, salah satunya adalah bahwa meskipun seseorang berpendidikan tinggi seperti Kabul, namun bukan berarti hal ini membuatnya tidak bisa bergaul dengan masyarakat pedesaan yang cenderung memiliki pendidikan yang lebih rendah.

Kamu bisa mendapatkan buku Orang-Orang Proyek ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu dapatkan dan gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini dan dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com